Apakah kamu termasuk salah satu yang ikut emosi saat menyaksikan penampilan Agnez Mo di perayaan ulang tahun salah satu stasiun tv swasta tanah air Senin kemarin? Yup, seputar kostum yang dipakai sama Agnez Mo.

Di perayaan itu Agnes memakai kostum hitam semi transparan yang terdapat tulisan berbahasa Arab di bawahnya. Bukan soal semi transparannya, tapi tulisan berbahasa Arabnya itu loh yang bikin geger banyak orang. Hmm…asyik kali ya kalau kita bahas dari sudut pandang berbeda?

1. Al muttahidah sendiri artinya united, istilah Indonesianya sih persatuan…

Kostum kontroversial itu… via www.bintang.com

Setelah dikonfirmasi langsung ke pihak KTZ, selaku yang memproduksi kostum Agnes itu, al muttahidah berarti persatuan (united). Tenang, itu bukan kata yang vulgar atau yang berbau provokasi kok.

2. Kamu perlu tahu kalau al muttahidah bukanlah petikan ayat Al Quran….

Tidak ada unsur pelecehannya. Itu lumrah saja, nggak ada unsur tersebut. Kecuali kalau di dalamnya ada bacaan Al Quran, baru saya tidak setuju.. – Cholil Nafis (Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat) –

Advertisement

Sementara pihak MUI yang diwakili oleh Cholil Nafis mengatakan bahwa kostum yang dipakai Agnes itu tidak melecehkan Islam, kok. Wajib kamu tahu kalau kata tersebut bukan merupakan petikan ayat Al quran. Melainkan kata dalam bahasa Arab biasa.

3. Dan lagi antara bahasa Arab dalam Al Quran dengan bahasa Arab sehari-hari itu berbeda lho…

Tulisan Arab, layaknya bahasa lain di dunia ini, bisa ditemukan di mana saja… via 15bds.qataracademy.wikispaces.net

Sedikit informasi nih, kalau bahasa Arab itu terbagi menjadi 2, yakni bahasa Arab fusha dan amiyyah. Bahasa Arab fusha ini terbagi lagi menjadi dua tingkatan, yakni klasik seperti dalam Al Quran (tingkatan tertinggi) dan standar modern seperti yang digunakan dalam bahasa ilmiah. Sementara bahasa Arab amiyyah digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Nah, jadi bahasa Arab (amiyyah) pun layaknya bahasa lain di dunia yang tulisannya bisa kamu temukan di mana saja. Termasuk kata al muttahidah yang ada di kostumnya Agnez Mo…

4. Masih bingung? Kamu mungkin jadi lebih paham setelah melihat ini….

Kamu mungkin paham dengan maksud gambar ini.. via www.reddit.com

Iya. Tanda toilet di Arab juga pakainya Bahasa Arab.

5. Gimana? Kamu udah ga resah lagi ‘kan dengan kata al muttahidah pada kostum Agnes Mo?

Sekarang kamu udah ga resah lagi kan soal kostum itu? Syukur deh kalau begitu. via memegenerator.net

6. Sekadar pengingat, di tahun 2005 Agnes Mo juga pernah tersandung isu SARA. Soal tari Saman yang dibawakannya dengan pakaian yang ‘agak’ terbuka… Ada yang masih ingat kah?

Agnes emang terkenal suka masukin unsur budaya Indonesia dalam tariannya. via image-4c71dc2ee3dff-Agnes+Monica+620+Ibnu+Portaltiga4

Sekadar mengingatkan, Agnes juga pernah tersandung isu SARA di tahun 2005 lho. Waktu itu Agnes membawakan tari Saman di sebuah acara di salah satu stasiun TV swasta nasional. Tarian Saman yang Agnes bawakan itu bikin pihak SAJAK (Seniman Aceh Jabodetabek) geram. Dengan alasan kostum yang dikenakan Agnes ‘agak’ terbuka dan ditarikan bersama cowok. Padahal menurut pihak SAJAK, tari Saman seharusnya hanya ditarikan oleh cewek, tidak bisa digabungkan dengan tarian lain, dan merupakan tarian serius yang sarat pesan agama.

7. Tapi balik lagi, kita harus mengapresiasi niatnya Agnes waktu itu untuk mempromosikan tarian tradisional ke anak muda Indonesia…

Seengganya kita apresiasi niat Agnes buat promosiin budaya Indonesia… via www.wowkeren.com

Berkaca dari pengalaman Agnes terkait tari Saman waktu itu, kenapa kita ga berusaha untuk mengambil sisi positifnya? Iya, tujuan Agnes menarikan taman Saman di acara itu ‘kan semata untuk lebih mengenalkan tarian tradisional ke anak muda Indonesia. Kenapa kita nggak mengapresiasi usaha Agnes yang satu ini?

8. Nah, untuk kostum dengan tulisan Al muttahidah kemarin, kenapa kita ga ambil sisi positifnya juga. Terselip makna persatuan kok di dalamnya. Menurutmu gimana?

So, untuk kamu yang masih ga terima denga al muttahidah. Ambil positifnya aja. Ada pesan persatuan kok di dalamnya… via makassar.tribunnews.com

Kamu coba ambil sisi positifnya aja ya. Jangan mudah terprovokasi sama segelintir pihak yang suka komentar ga berdasar. Tapi seenggaknya dengan adanya kehebohan ini kamu jadi tahu kalau bahasa Arab itu ternyata ada dua jenis.

Dan tulisan dalam bahasa Arab (amiyyah) layaknya bahasa lain di dunia…. 😉

Ada jawaban yang adem dari Agnez Mo juga nih soal polemik bajunya ini…..

Kalau dia adem begini kita masih mau berantem buat hal yang sebenarnya (nggak penting-penting) amat guys? 🙂