Salah satu kebiasaan orangtua jaman sekarang adalah memanfaatkan teknologi untuk meringkas tanggung jawab mereka mengurus buah hatinya. Kalau anak udah mulai rewel, tinggal kasih tontonan kartun di Youtube, anaknya bakal anteng deh.

Makanya, zaman sekarang balita aja udah pintar mainin gadget. Mereka udah bisa buka Youtube sendiri dan menonton kartun kesukaan mereka. Tapi, akhir-akhir ini, orangtua yang mengizinkan anak mereka mengakses Youtube secara bebas harus waspada. Kini, video-video untuk anak seperti Spiderman, Frozen, dan lainnya udah mulai disusupi konten dewasa. Kamu sebagai orangtua jangan sampai kecolongan ya.

Di Youtube mulai beredar video-video kartun namun muatannya ternyata konten-konten dewasa seperti Elsa dan Spiderman yang berciuman

Konten dewasa di film anak-anak

Konten dewasa di film anak-anak via www.youtube.com

Akhir-akhir ini publik diresahkan dengan munculnya berbagai video yang seharusnya diperuntukkan bagi anak-anak, tapi berisi konten dewasa. Tokok-tokoh animasi selama ini yang sangat disukai anak-anak di bawah umur seperti Frozen, Spiderman, Jackfrost, dan lain sebagainya mulai ditampilkan dengan adegan-adegan dewasa. Misalnya, seperti berciuman, tidur, dan lain-lain. Jika dilihat dari jumlah penonton, video-video ini termasuk laris. Takutnya, yang menonton video-video dewasa tersebut malah anak di bawah umur yang lepas dari pengawasan orangtuanya.

Gawatnya, orangtua banyak yang terkecoh karena video ini berkedok animasi apalagi dengan judul bahasa inggris

Jangan sampai kecolongan

Jangan sampai kecolongan via www.youtube.com

Kehadiran video anak-anak yang bermuatan konten dewasa tersebut sayangnya jarang disadari oleh orangtua. Biasanya, kalau anak udah nonton Youtube dan yang ditonton adalah animasi seperti Elsa ataupun Spiderman, orang tua cenderung membiarkan anak-anaknya nonton sendiri tanpa pengawasan. Karena di awal melihat bahwa itu adalah video animasi, orangtua kebanyakan berpikir bahwa itu benar-benar video hiburan untuk anak-anak mereka. Apalagi dengan judul video yang jarang diperhatikan karena menggunakan bahasa inggris, orangtua sering terkecoh. Mereka nggak sadar bahwa video animasi yang ada di Youtube nggak semuanya murni hiburan anak-anak.

Nggak cuma kalangan orangtua biasa yang resah, artis lokal seperti Ussy pun turut meluapkan kekhawatirannya dan mengingatkan para orangtua lainnya

Ussy turut memperingatkan orang tua lewat Instagramnya

Ussy turut memperingatkan orang tua lewat Instagramnya via www.instagram.com

Selebriti yang juga mempunyai anak di bawah umur seperti Ussy Sulistiawaty juga turut memberikan perhatian terhadap video-video konten dewasa berkedok animasi tersebut. Melalui akun Instagramnya, Ussy menghimbau kepada para orangtua agar selalu waspada dan mengawasi anak-anak saat menonton video-video yang beredar di dunia maya.

Fenomena ini tentu bikin orangtua di manapun resah. Apalagi kalau anak-anaknya udah ketergantungan dengan gawai digital untuk menonton video seperti itu. Banyak orangtua yang mempertanyakan kenapa video-video tersebut bisa lolos di Youtube tapi diperuntukkan bagi anak-anak di bawah umur. Padahal ya justru di situlah peran orangtua dibutuhkan. Mereka harus turun tangan sendiri menyaring tontonan anak-anak yang ada di Youtube.

Buat kamu yang sekarang udah jadi orangtua, atau mungkin punya saudara di bawah umur yang hobi nonton animasi di Youtube, mulai diawasi ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya