Perasaan orang memang bukan perkara mudah untuk ditebak. Apalagi kalau cuma dari chatting-nya doang, tanpa bertatap muka secara langsung. Bahkan mereka yang udah deket banget aja bisa salah sangka pas ngobrol lewat chatting. Apalagi kamu yang baru PDKT sama dia?

Mungkin karena alasan itu emoji tercipta. Dulu, sebelum eranya chatting messenger, kita harus ribet bikin kombinasi tanda baca titik dua, koma, hingga buka-tutup kurung demi sekadar mendapat emoji yang kita inginkan.

Nah sekarang, WhatsApp dan beberapa chat messenger lain sudah kreatif dengan menyediakan stok emoji. Tinggal kamu harus mulai belajar memahami maknanya aja. Percuma juga jika udah ada emoji tapi kamu nggak paham maknanya. Boro-boro memahami isi hati si dia, kamu malah bakal dibikin bingung karenanya ~

Emoji senyum dengan pipi merona itu maknanya dalam. Bisa jadi penanda awal perasaan sukanya ke kamu. Yuhuuu ~

Senyuum… via www.stylist.co.uk

“Rul, thanks ya udah mau nemenin”
“Iya, Ji. Aku juga sneng kok nemenin kamu *emot senyum*”

Advertisement

Meski responsnya sederhana, namun emoji senyum ini bisa jadi penanda awal rasa sukanya sama kamu. Senyum dengan pipi merah merona ini bisa kamu jadikan starting point buat semakin deketin dia. Jangan ragu lagi buat melancarkan PDKT-mu, toh dia udah ngasi sinyal awal suka ke kamu.

Kamu yang dikasi emoji ketawa sampai nangis harus merasa lega. Itu pertanda dia mulai nyaman sama cara PDKT-mu

Emoji tertawa sampai nangis biasanya jadi bukti bahwa kamu sudah bisa membuatnya nyaman. Caramu bercanda sangat dia apresiasi sehingga dia nggak ragu untuk tertawa lepas saat kalian tengah ngobrol berdua. Keep up the good work, lad!

Dia udah ngasi emoji ngedipin mata belum? Kalau udah, itu adalah sinyal PDKT-mu diterima

“Jiii… Thanks ya udah mau nemenin aku *Emot ngedipin mata*”

Saat calon gebetanmu menggunakan emoji ngedipin mata yang genit itu, artinya PDKT-mu diapresiasi olehnya. Dia sudah mulai mau membuka hati untuk menyambut kedatanganmu dalam kehidupannya. Yuk, jangan ragu buat mulai lebih gencar lagi deketin dia.

Kalau responsnya menggunakan emoji ketawa sambil melet, dia sebenernya udah nyaman, tapi bingung antara menganggapmu gebetan atau cuma teman

“Rul, besok jalan, yuk?”
“Hmm… Mau gak, ya… *emot ketawa sambil melet*”

Nah, kalau calon gebetanmu sudah berani memberi emoji ketawa melet pada cara PDKT-mu, dalam hati sebenarnya dia sudah memiliki rasa cinta. Namun ia masih bingung memilih antara menjadikanmu gebetan atau memilih kamu sebagai pacar. Nah, di sini kamu ditantang untuk lebih meyakinkannya. Yuk bekerja lebih keras lagi!

Saat dia membalas chat-mu pakai emoji senyum ngeselin ini, artinya dia ingin melihat kamu usaha lebih lagi!

Ngeselin! via mic.com

Dari emoji ini, sebenarnya sudah terlihat bahwa dia menaruh harapan sama kamu. Dia berharap kamu bisa mendapat hatinya. Masalahnya, usahamu belum maksimal dan dia menantangmu untuk berusaha lebih lagi. Kalau kamu menyerah karena merasa dia cuma memberi respons segini, ya udah kamu gagal. Tapi jika kamu makin giat berusaha deketin dia, dijamin pada akhirnya dia akan jatuh ke pelukanmu. :p

Emoji sedih yang dia gunakan itu tandanya dia sudah percaya sama kamu. Dia mulai berani minta dihibur sama kamu. Kesempatan tuh!

Sediiih… via www.shortlist.com

“Jii… Aku lagi sedih… *emoji sedih*”

Ya, kalimat sederhana seperti itu sebenarnya punya banyak makna. Kala inceranmu sudah berani nggak lagi ragu untuk menunjukkan wajah sedihnya melalui emoji ini, itu tandanya dia sudah mulai mempercayaimu. Dia tak ragu untuk menunjukkan wajah sedihnya di depanmu dengan memintamu mendengar kisahnya. Manfaatkan kesempatan baik ini untuk mengenalnya lebih jauh dan menunjukkan bahwa kamu sosok yang pantas buatnya. Semangat!

Pun dengan emoji marahnya yang sambil menghembuskan nafas itu. Meski kelihatan nggak suka, tapi sebenarnya dia nyaman sama kamu

Angry! via emojiisland.com

“Rul, kamu gendutan pake baju kemarin itu Hehe”
“Jii… Awas kamu, ya! *emoji marah*”

Meski sekilas dari emoji yang dia gunakan sepertinya dia marah, namun itu cuma di chatting doang. Sebenarnya dia nggak marah kok. Meski nggak suka, namun dia nyaman sama kamu. Kalau marah beneran, dia nggak mungkin pake emoji dan bahkan sangat mungkin malah nggak balas chat-mu. Percaya, deh.

Saat kalian udah sampai emoji kiss, kamu wajib bangga. Dia udah mau menerimamu. Tuh, tembak dah ~

“Selamat tidur, Nurul…”
“Selamat tidur juga, Ji *emoji kiss*”
*dan si Oji malah jadi nggak bisa tidur saking girangnya*

Yah, ini sih udah tanda final bahwa dia juga suka kamu. Tinggal kamunya aja berani apa nggak. :p

Tapi jika emoji yang ia pakai cuma emoji senyum biasa, dia cuma berpura baik aja. Mau ngusir kamu tapi nggak tega

Senyum… via emojiisland.com

“Rul, besok jalan, yuk?”
“Maaf, Ji. Besok nggak bisa. 🙂 “

Hanya saja, kamu harus berhati-hati saat dia memakai emoji senyum biasa seperti ini. Mungkin dia memang sosok baik yang nggak pngin begitu saja membuka hati untuk orang baru. Tapi besar juga kemungkinan bahwa dia cuma pura-pura baik aja karena nggak tega mau mengusir kamu aja. Nah, tinggal pinter-pinternya kamu aja mau gimana melangkahnya. Yang jelas, kamu yang sabar, ya… :’)

Pun demikian dengan emoji pup yang ia berikan padamu. Dia nggak termakan rayuan gombalmu

Kalau emoji pup yang dia berikan kepadamu, itu tandanya dia sosok yang nggak mudah goyah termakan bujuk rayumu. Emoji pup ini bisa kamu maknai sebagai tanda bahwa kamu harus mundur. Mencoba mendekatinya dengan cara yang sama pun bakal percuma. Mending kamu ganti cara pendekatan atau mundur aja ~

Apalagi jika emojinya udah emoji Zzz itu. Daripada sakit hati dan malu, mending mundur teratur aja deh kamu

“Rul, besok kencan, yuk…”
” *emot Zzz* “

Nah, kalau emoji ini sampai muncul saat kamu melancarkan PDKT-mu sama dia, itu tanda tak terelakkan lagi bahwa dia nggak mungkin tertarik sama kamu. Udah mending mundur aja daripada sakit hati karena cara PDKT-mu gagal total!
Tuh, semoga kamu makin paham makna emoji yang dipakai inceranmu, ya. Jangan sampai salah memaknai emojinya! :p