Bagi sebagian orang, hari ulang tahun tentunya menjadi momen paling penting setiap tahunnya, dalam hidupnya. Apalagi dirayakan bersama orang-orang tersayang, pertambahan usia kali ini sudah pasti menjadi semakin berharga dan nggak terlupakan. Oleh karena itulah, nggak sedikit dari mereka yang sengaja mengundang orang-orang terdekat untuk merayakan ulang tahunnya. Apakah itu dirayakan secara mewah di hotel atau restoran ternama, atau sekadar diberikan kue ulang tahun, perayaan tersebut tetap menghadirkan kebahagiaan tersendiri bagi ia yang berulang tahun.

Namun perayaan tersebut nggak selamanya berakhir bahagia. Beberapa justru berakhir tragis dan menyedihkan. Seperti yang terjadi pada gadis ini. Dilansir dari laman thesun.uk, tragedi ini harus dialami oleh si yang berulang tahun karena properti ulang tahunnya meledak.

Sebuah video beredar di media sosial yang memperlihatkan perayaan ulang tahun seorang gadis

Advertisement

Sebuah video yang beredar di media sosial akhir-akhir ini menjadi perhatian publik. Pasalnya, video tersebut memperlihatkan kejadian yang menyedihkan. Sebuah perayaan ulang tahun harus berakhir dengan sebuah tragedi. Dalam video yang berdurasi kurang dari 20 detik itu, terlihat seorang gadis yang berulang tahun pengen menyalakan lilin yang ada di kue ulang tahunnya. Lilin tersebut berjenis kembang api atau mercon. Sehingga ketika dinyalakan, lilin tersebut bisa menyebabkan api yang cukup tinggi. Api yang berasal dari lilin tersebutlah yang akhirnya mengenai salah satu balon yang dijadikan sebagai properti atau hiasan. Setelahnya, balon tersebut meledak dan memicu kobaran api yang cukup besar.

Akibat ledakan tersebut, ia pun mengalami luka bakar di bagian tangannya

luka bakar via www.thesun.co.uk

Hal memilukan itu tentu saja nggak disangka oleh si gadis, termasuk teman-teman yang mengelilinginya. Balon dengan cepat meledak dan menyambar balon lain sehingga menimbulkan ledakan besar. Sang gadis nggak sempat menyelamatkan diri sehingga ia terkena kobaran api. Ia pun berlarian agar tubuhnya nggak terbakar. Namun, tetap saja ia mengalami luka bakar di bagian tangannya akibat ledakan balon yang berisi gas hidrogen.

Padahal kejadian ini bukan sekali terjadi. Sebelumnya, balon hiasan untuk ulang tahun juga pernah meledak karena nggak sengaja terkena api lilin

Kejadian ini bukan hanya sekali saja. Rasanya hampir setiap tahun ada tragedi serupa. Momen yang seharusnya membahagiakan harus berakhir tragis hanya karena hal-hal yang dianggap sepele. Saat merayakan ulang tahun, kita nggak terlalu memikirkan bahaya api lilin yang akan ditiup oleh orang yang berulang tahun. Biar semakin semarak, balon-balon lucu ditambahkan biar hasil jepretan fotonya semakin bagus. Biar balon-balon ini melayang tentu harus diisi oleh gas Helium. Gas ini terbilang aman karena nggak mudah terbakar. Namun sayang, karena harganya yang cukup mahal, banyak orang yang lebih memilih gas Hidrogen bahkan gas Karbit untuk mengisi balon tersebut. Padahal kedua gas ini sangat berbahaya karena lebih ringan dari udara. Sehingga ketika terkena panas seperti api atau lilin, maka balon akan lebih mudah meledak dan menimbulkan kobaran api.

Advertisement

Hal ini penting buat kamu yang pengen memberikan kejutan bagi orang-orang disayang atau kamu yang terlibat dalam persiapan perayaan ulang tahun. Pastikan kalau balon udara yang kamu beli berisi gas Helium, bukan Hidrogen atau gas Karbit. Meski lebih mahal, yang penting keamanannya lebih terjaga. Saat meniup lilin ulang tahun, kita kadang terbawa suasana bahagia sehingga lupa kalau balon-balon tersebut bisa terkena api lilin dan menimbulkan ledakan. So, jangan sampai tragedi ini menimpamu juga, ya. Coba lebih hati-hati dalam segala hal, Guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya