Kehadiran media sosial nyatanya nggak cuma membawa keuntungan bagi pemilik online shop. Tapi juga hampir semua figur publik, dibanjiri job baru yaitu endorsement alias mempromosikan produk-produk dari online shop ini. Produk yang diiklankan pun beragam. Mulai dari makanan, busana, sepatu, hingga produk kecantikan. Nggak sedikit online shop yang dibanjiri pesanan setelah menggunakan jasa figur publik untuk mempromosikan produk mereka.

Tapi sayang, online shop nakal juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk mereka yang ilegal, seperti produk kecantikan oplosan yang tengah jadi perbincangan warganet baru-baru ini. Menggaet para figur publik, terutama artis yang tengah naik daun, omzet mereka bisa mencapai ratusan juta setiap bulannya.

Industri produk kecantikan bernama DSC Beauty diungkap pihak yang berwajib karena produknya ilegal dan oplosan

DSC Beauty ternyata produk ilegal via www.viva.co.id

Advertisement

Dilansir dari laman viva.co.id, Kepolisian Daerah Jawa Timur berhasil mengungkap perusahaan produk kecantikan ilegal dan oplosan yang ada di Kediri. Produk dengan nama Derma Skin Care (DSC Bauty) ini memiliki omzet ratusan juta setiap bulannya. Padahal produk yang mereka pasarkan nggak mendapatkan izin dari BPOM dan Dinas Kesehatan. Lebih parah lagi, sebagian produk mereka merupakan hasil dari oplosan produk kecantikan yang sudah ada di pasaran, seperti Mustika Ratu, Marcks Beauty Powder, Sabun Papaya, Viva Lotion, Vasseline, dan lain sebagainya. Produk ini ternyata sudah beredar di pasaran selama dua tahun. Bahkan nggak sedikit artis yang digaet untuk meng-endorse produk ilegal ini.

Menurut pelaku, sejumlah artis terkenal pernah diminta untuk meng-endorse produknya. Salah satu artis yang diduga adalah Via Vallen

diendorse artis via www.instagram.com

Paling nggak, terdapat enam artis terkenal yang pernah meng-endorse produk ilegal ini. Mereka berinisial VV, NK, NR, DJ, KB, dan beberapa artis terkenal lainnya. Inisial VV pun disebut-sebut sebagai Via Vallen. Penyanyi dangdut tersebut diduga meng-endorse produk ini melalui akun Instagram-nya. Tapi tentu bukan Via Vallen saja. Hasil penelusuran melalui Instagram, terdapat beberapa artis yang melakukan endorse produk kecantikan DSC Beauty ini, seperti Nella Kharisma, Bella Shofie, hingga Olla Ramlan. Dalam foto-foto tersebut, terlihat mereka tengah mempromosikan produk-produk DSC Beaty yang ternyata ilegal.

Bukan cuma kali ini, beberapa waktu lalu Awkarin juga pernah tersandung kasus yang sama karena meng-endorse injeksi pembesar payudara ilegal

Awkarin juga pernah melakukan hal yang sama via news.detik.com

Endorse produk ilegal seperti ini bukan hanya terjadi sekali. Sebelumnya, Awkarin, selebgram yang sempat kontroversial itu juga pernah mempromosikan produk ilegal. Melalui Instastory-nya, Awkarin mempromosikan injeksi pembesar payudara dan pengencang vagina yang dianggap aman 100%. Bahkan Komisi XI DPR yang membawahi bidang kesehatan turut mengkritisi endorsement yang dilakukan Awkarin ini karena berpotensi bahaya. Apalagi menyangkut obat atau alat kesehatan seperti ini. Karena seharusnya nggak bisa dijual atau beredar sembarangan.

Sebagai figur publik sebaiknya mereka lebih selektif dalam menerima endorsement. Bukan mentang-mentang dibayar mahal, produk yang dipromosikan nggak dipastikan keamanannya terlebih dahulu

jangan sembarangan endorse via www.inews.id

Advertisement

Munculnya kasus ini, harusnya semakin menyadarkan para figur publik untuk menerima endorsement. Jangan sampai mempromosikan barang sembarangan, tanpa terlebih dahulu memastikan keamanan produk itu sendiri. Meski dibayar mahal, alangkah lebih baik jika para figur publik ini mencari tahu terlebih dahulu keaslian dan keamanan produk karena efeknya justru pada followers mereka yang membeli produk ini. Figur publik diharapkan lebih hati-hati dalam memilih produk yang ingin mereka promosikan.

Nggak cuma artis atau selebritas, orang biasa yang memiliki followers cukup banyak pun harusnya lebih berhati-hati dalam mengiklankan sebuah produk.

Bukan cuma itu, ini juga peringatan buat masyarakat terutama warganet. Jangan mudah percaya hanya karena produk tersebut dipromosikan oleh figur publik, terutama idola kita. Jangan langsung mengamini bahwa produk tersebut aman. Karena tugas para figur publik ini hanyalah mempromosikan, belum tentu mereka ikut menggunakan atau membuktikan produk ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya