Ini Bedanya Watak Orang yang Suka Drama Korea dan yang Hobi Nonton India. Kamu Tim Mana?

Drama buatan Korea dan India sama-sama digandrungi di Indonesia meski memiliki karakter yang jauh berbeda. Drama India yang biasanya hadir di TV memiliki jumlah episode puluhan hingga ratusan. Sedangkan drama Korea biasanya diakses oleh para fansnya melalui website khusus yang berkasnya bisa unduh untuk kemudian ditonton di laptop atau PC-nya masing-masing. Ada juga sih yang cuma streaming. Meski kurang laku jika ditayangkan di TV bukan berarti jumlah pemirsa drama Korea lebih sedikit, mereka malas menontonnya karena jika ditayangkan di TV maka suara pemainnya akan di-dubbing.

Advertisement

Hal tersebut tentu mengurangi kenikmatan mereka menonton drama itu. Begitu pula dengan drama India, meski sudah ditayangkan di TV bukan berarti para penggemarnya tidak se-addict fans Korea, banyak juga kok yang sampai streaming atau bahkan mengunduh berkas videonya karena saking penasarannya dengan episode berikutnya.

Alur cerita dan cara penyajian kedua drama ini sedikit banyak telah mempengaruhi karakter para penontonnya. Jika keduanya memiliki karakter penyajian drama yang berbeda pastinya akan menghasilkan karakter yang berbeda pula pada penontonnya. Kira-kira apa ya, bedanya fans drama India dengan drama Korea?

“Hidup ini seperti di film, akan berakhir bahagia. Jika tidak bahagia, maka itu bukan akhir.” (Om Shanti Om)

Advertisement

Drama Korea / Credit: Review drama asia

Pecinta drama India menunjukkan keromantisnya dengan cara yang sweet sedangkan pecinta drama Korea caranya lebih cool

Baik drama India maupun Korea sama-sama punya genre yang romantis, meskipun begitu gaya keromantisan kedua drama ini cukup berbeda. Adegan romantis di drama India biasanya berupa tarian, hujan-hujanan, atau gestur-gestur mesra yang menunjukkan gairah. Sedangkan drama Korea cenderung lebih cool seperti memeluk dari belakang, mengusap rambut, atau hanya dengan tatapan mata yang dalam. Perbedaan ini secara tidak sadar menumbuhkan mindset dalam diri para penggemar setianya yang kemudian mereka praktikkan di dunia nyata.

Tidak seperti penggila India yang suka mengambil tantangan, penggila Korea lebih memilih untuk mengambil jalan aman

Sebagian besar kisah yang dihadirkan dalam drama India adalah kisah cinta pada pandangan pertama. Cinta jenis ini menunjukkan kalau orang yang jatuh cinta itu benar-benar suka tantangan, dia tidak takut dengan hal-hal yang berisiko. Meskipun dia belum mengenal baik orangnya, dia tetap berani jatuh cinta. Drama Korea berbeda, biasanya di awal para tokohnya justru tidak jatuh cinta dulu. Mereka baru akan jatuh cinta setelah berinteraksi dan kemudian terbiasa. Mungkin inilah penyebabnya kenapa para fans drama Korea banyak yang lebih suka mengambil jalan aman. Bener nggak?

Orang yang suka nonton drama India biasanya suka berpenampilan apa adanya, sedangkan pecinta drama Korea selalu ingin tampil stylish

Dalam drama India kita sering menjumpai para pemainnya yang memakai kain saree kemana-mana. Di sana, baju tradisional bisa digunakan kapan saja, bukan hanya pada waktu-waktu khusus saja. Lain halnya dengan hanbok yang fungsinya hampir sama dengan kebaya, dipakainya hanya di waktu-waktu spesial. Pakaian tradisional ini menunjukkan kesederhanaan, karena itulah pecinta drama India biasanya juga lebih sederhana. Sedangkan pecinta drama Korea lebih suka mengikuti gaya berpakaian para idolanya yang stylish.

Kepribadian yang unik dimiliki oleh mereka yang suka nonton India, sedangkan mereka yang suka nonton Korea cenderung mainstream kepribadiannya

Advertisement

Drama India / Credit: Pinterest

Sebagian besar anak muda negeri ini tampaknya lebih banyak yang suka drama Korea dibandingkan India. Penikmat drama India lebih banyak didominasi mereka yang sudah cukup matang usianya. Karena itulah, anak muda yang suka drama India biasanya punya kepribadian yang unik karena kamu menyukai apa yang jarang disukai oleh orang di lingkunganmu.

Penikmat drama India sangat menyukai kebebasan, berbeda halnya dengan penikmat Korea yang menyukai keteraturan

Menari riang adalah simbol kebebasan dan kita hanya bisa mendapatkannya dari drama India. Biasanya tarian ini akan didukung dengan angin sepoi-sepoi yang menerbangkan saree dan menambah lincah gerak mereka. Penikmat drama India akan memiliki spirit kebebasan yang sama. Sedangkan penikmat drama Korea akan lebih cenderung menyukai keteraturan seperti halnya kehidupan yang digambarkan dalam drama. Rumah yang rapi, jadwal yang teratur, dan kehidupan yang tertata dengan jelas.

Mereka yang setia pada tontonan a la India biasanya orang-orang yang ekspresif, sedangkan yang setia pada tontonan Korea cenderung lebih berhati-hati

Pemain drama India selalu digambarkan dengan cowok-cowok berbadan kekar yang sangat “laki” sedangkan drama Korea lebih suka menggambarkan tokoh lelakinya sebagai sosok yang cute dan manis. Untuk tokoh ceweknya, pemain drama India lebih menyukai dandanan yang totalitas sedangkan cewek Korea lebih suka dandanan natural. Sedikit banyak ini berpengaruh ke karakter penontonnya yang cenderung berhati-hati saat mengekspresikan diri.

Jadi, kalau kamu sendiri termasuk pecinta drama sungai Gangga atau sungai Han nih?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ceritagrammer

CLOSE