Menebak Alasan Kenapa SIM Berbentuk Kartu, Sementara KK Malah Berupa Kertas. Kocak, kan?

Bentuk SIM dan KK

Belum lama ini Hipwee Hiburan mengeluarkan artikel tentang alasan kenapa penjual buah menggunakan akuarium, sementara pedagang ikan keliling memakai plastik. Persoalan yang bagi sebagian orang mungkin nggak penting ini nyatanya menarik minat para pembaca. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya orang-orang itu mudah penasaran, bahkan pada persoalan yang receh sekalipun.

Advertisement

Nah, kali ini tim Hipwee Hiburan kembali akan mencoba menjawab pertanyaan yang cukup lama menjadi keresahan warganet. Kenapa sih Surat Izin Mengemudi (SIM) bentuknya kartu, sementara Kartu Keluarga (KK) berbentuk kertas? Kenapa bentuk nggak sesuai dengan namanya? Simak ulasannya!

Wajar jika SIM bentuknya kartu dan materialnya plastik, kan ditaruhnya di dompet, kalau pakai kertas gampang lecek dong

Gampang lecek kalau bentuknya kertas. via www.bukalapak.com

Jika permasalahan ini dilihat dari wujud kebendaannya, sudah jelas SIM nggak sesuai dengan namanya. Tapi jika dilihat dari seberapa sering digunakan dan di mana SIM sering diletakkan, dari sana lah kita kita bisa menemukan jawabannya.

SIM merupakan benda yang dibutuhkan untuk dibawa ke mana-mana, maka dari itu butuh material yang kuat. Plastik mika jelas lebih kuat dibanding kertas. Lalu kenapa bentuknya kartu, barangkali menyesuaikan dengan kebiasaan orang menyimpan kartu-kartu penting yaitu di dompet. Kalau bentuknya kertas bakal ribet nggak sih?

Advertisement

Mungkin dulunya pakai kertas cuma karena kemajuan zaman makanya materialnya diganti jadi kartu. Modernitas, Hyuuung~

Biar bisa dimasukkin chip kali buat database via www.kanal73.com

Barangkali bentuk dan material SIM yang sekarang ini buah dari kemajuan zaman. Dulunya mungkin SIM pakai kertas, cuma karena dirasa ada bentuk atau material yang lebih canggih maka disesuaikanlah bentuknya menjadi kartu. Apalagi sekarang kartu bisa dipasangin chip database seperti halnya kartu ATM. Kalau materialnya kertas gimana cara nyelipin chip-nya coba?

Kabarnya E-KTP juga sudah pakai chip itu, tapi nggak tahu deh dijalankan atau enggak, kan uangnya dikorupsi *Uppss πŸ˜€

Kartu keluarga pakai kertas biar gampang disimpen. Orangtua kan suka lupa sama benda yang berukuran kecil

Advertisement

Biar nggak gampang hilang via www.cermati.com

Kalau kemajuan zaman yang jadi alasan SIM berbentuk kartu, lantas kenapa KK masih pakai kertas? Jawabannya mungkin simpel, biar lebih mudah disimpan. Seperti yang kita tahu, yang paling peduli dengan keberadaan Kartu Keluarga ini adalah orangtua. Kalau orangtua disuruh menyimpan kartu, apa nggak riskan hilang? Mereka kan mudah lupa, baik karena faktor usia dan juga kesibukan.

Jangankan bentuk kartu, bentuk kertas yang sudah dilaminating saja masih suka kehilangan. Bener nggak?

Kartu Keluarga juga bukan barang pribadi yang mesti dibawa-bawa. Makanya nggak perlu material fisik yang tahan sebagaimana SIM

Katu keluarga nggak perlu dibawa-bawa ngapain pakai material kuat? via www.cermati.com

Secara fungsi, kartu keluarga memang penting. Kebutuhan akan KK itu sifatnya untuk kelompok, bendanya satu yang butuh sekeluarga. Namun penggunaan KK bisa diwakilkan dengan fotokopiannya. Maka dari itu barangkali DUKCAPIL nggak memilih bentuk kartu. Mereka tahu kalau KK lebih sering tersimpan rapi di lemari, nggak seperti SIM yang harus dibawa terus-menerus.

Kita nggak pernah benar-benar lepas dari pertanyaan, sereceh apa pun. Sebab penasaran merupakan sifat naluriah manusia. Justru aneh kalau ada manusia yang nggak pernah penasaran, kepo, dan bertanya. Semoga jawaban di atas bisa diterima dan meluruhkan rasa penasaranmu. Jikalau kamu masih tidak yakin dengan jawabannya, sangat disarankan untuk bertanya langsung ke SAMSAT atau DUKCAPIL terdekat. Semoga PNS-PNS di sana bersedia dan bisa menjawab.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE