Mengungkapkan perasaan ke sosok terkasih memang tidak bisa terburu-buru karena membutuhkan waktu yang tepat dan tentunya nyali yang besar. Seorang pujangga dari barat pernah berkata, cinta yang tak terbalas sangat menyedihkan, tapi cinta yang tak terungkap justru akan lebih menyiksa.

Mungkin salah satu di antara kamu pernah merasakannya pengalaman itu? Nah, lewat cerita-cerita dalam film di bawah ini, Hipwee mau mengajak kamu semua untuk membuka mata dan bergegas mengungkapkan perasaanmu ke sosok yang selama ini kamu kagumi. Yuk, disimak!

Perasaan jangan dipendam terlalu lama. Ungkapkanlah, sebelum perjuanganmu berakhir sia-sia seperti kisah Rachel di film Heart (2006).

Jangan sampai perjuanganmu sia-sia

Jangan sampai perjuanganmu berakhir sia-sia via mubi.com

Advertisement

Film Heart jadi salah satu film yang paling banyak ditonton di tahun 2006. Film yang mengangkat kisah percintaan dua remaja itu disutradarai oleh Hanny Saputra. Film itu booming salah satunya karena dibintangi oleh nama beken seperti Irwansyah (Farel), Nirina Zubir (Rachel), dan Acha Septriasa (Luna).

Setelah bersahabat sejak kecil, Rachel ternyata menyimpan rasa terhadap Farel. Sayangnya, Rachel tak pernah mengungkapkan perasaannya, meski sudah berjuang mati-matian untuk menarik perhatian Farel. Perjalanan cinta Rahel sia-sia karena Farel lebih memilih Luna sebagai pendamping hidupnya.

Siapa bilang film Ada Apa Dengan Cinta (2002) ber-ending bahagia? Perasaan memang terungkap, tapi Cinta ditinggal Rangga pergi ke Amerika.

Cinta dan Rangga kan terpisah ribuan kilometer

Cinta dan Rangga harus terpisah ribuan kilometer via www.tabloidbintang.com

Siapa sih yang nggak kenal film Ada Apa Dengan Cinta? Film itu melegenda karena menjadi salah satu pemicu kebangkitan dunia perfilman Indonesia. Film bertema persahabatan dan cinta karya sutradara Rudi Soedjarwo itu dibintangi Dian Sastro Wardoyo (Cinta), Nicolas Saputra (Rangga), dan beberapa artis pendukung lainnya.

Advertisement

Meski sudah lama jatuh hati kepada Rangga, Cinta memilih memendam perasaannya. Di akhir cerita, Cinta memang mengukapkan perasaanya. Tapi sayang, perasaan itu baru terungkap saat Rangga akan melanjutkan studi ke Amerika. Satu pelajaran penting, jangan menunda-nunda mengungkapkan perasaan ke seseorang yang kita cinta.

Cinta jangan cuma disimpan di hati, nanti malah diambil sahabat sendiri. Kisah Olip di film Jomblo (2005) jadi pelajaran berharga buat kita semua.

Jomblo

Pacar direbut teman sendiri itu rasanya, duh via isayaicha.blogspot.co.id

Film Jomblo yang tayang di bioskop pada tahun 2005 berkisah tentang persahabatan empat mahasiswa di Bandung. Persahabatan antara Christian Sugiono (Doni), Ringgo Agus Rahman (Agus), Dennis Adhiswara (Bimo), dan Rizki Hanggono (Olip) sangat erat, hampir semua kegiatan di kampus mereka lakukan bersama-sama.

Selama kuliah, Olip mengagumi perempuan bernama Asri (Rianti Cartwright). Tapi dia tak punya nyali untuk mengungkapkan perasaannya. Di akhir cerita, persahabatan itu berantakan karena Doni merebut Asri dari Olip. Pelajaran penting buat kita; cinta jangan dipendam terlalu lama. Nanti keburu direbut sahabat sendiri!

Perasaan harus diungkapkan secepatnya karena kematian bisa datang setiap saat. Ryan mengalaminya di film Love Is Cinta (2007).

Love is cinta

Sesungguhnya, kematian itu sangat dekat via www.indonesianfilmcenter.com

Setelah sukses dengan film Heart, Acha Septriasa (Cinta) dan Irwansyah (Ryan) kembali berduet dalam film Love Is Cinta. Selain Acha dan Irwansyah, film yang kembali disutradarai Hanny Saputra ini juga menampilkan Raffi Ahmad (Doni) dan Andhika Pratama (Ivan) sebagai bintang utamanya.

Film ini berkisah tentang kedekatan Ryan dan Cinta. Tapi sampai memutuskan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, Ryan tidak pernah memberikan kepastian ke Cinta. Ironisnya, Ryan meninggal dalam kecelakaan saat akan pergi ke bandara. Ryan akhirnya baru bisa mengungkapkan perasaan ke Cinta dengan meminjam raga Doni.

Karena tidak pernah berani mengungkapkan cintanya, Alya ditinggal menikah Sunny sang pujaan hati di film Cinta Pertama (2006).

Cinta pertama

Cinta pertama via evinosa.blogspot.co.id

Film Cinta Pertama adalah film drama yang disutradarai oleh Nayato Fio Nuola dan dibintangi sejumlah artis top seperti Bunga Citra Lestari (Alya), Ben Joshua (Sunny), dan Richard Kevin (Abi). Alya dan Abi baru saja melangsungkan pertunangan, tapi Alya justu pingsan dan dilarikan ke rumah sakit.

Ketika Alya koma di rumah sakit, Abi menemukan buku diary Alya yang banyak bercerita tentang perasaan cintanya kepada Sunny, teman SMA Alya. Sayangnya, sampai mereka tamat SMA dan Sunny menikah, Alya tak kunjung mengungkapkan cintanya. Alya pun meninggal dunia setelah Sunny datang dan menyatakan cintanya.

Memendam cinta terlalu lama hanya akan membuatmu tersiksa. Itulah yang dirasakan Jaya di film Surat Dari Praha (2016).

Surat dari praha

Surat dari praha via www.genmuda.com

Meskipun sempat menuai kontroversi hak cipta, film Surat dari Praha tetap menyita perhatian penonton. Film yang disutradari oleh Angga Dwimas Sasongko ini dibintangi Julie Estelle (Laras), Tyo Pakusadewo (Jaya), dan Widyawati (Sulastri). Berbeda dari biasanya, film drama percintaan ini berbalut nuansa sejarah dan politis.

Jaya menyimpan rasa terhadap Sulastri, tapi mereka harus berpisah karena Jaya melanjutkan studi ke Praha. Setelah lama hilang kontak, Jaya baru bisa menyatakan perasaannya ke Sulastri. Sayangnya, saat itu Sulastri sudah menikah. Jaya pun merelakan semuanya dan memilih membujang sepanjang hidupnya.

Kumpulan cerita dalam film Rectoverso (2013) menegaskan, cinta itu harus segera diungkapkan sebelum semua terlambat!

Rectoverso

Rectoverso

Rectoverso merupakan film omnibus yang diangkat dari novel dan album musik karya Dewi Lestari. Film ini berisi lima film dengan judul berbeda, yaitu Malaikat Juga Tahu (disutradarai Marcella Zaliyanti), Firasat (Rachel Maryam), Cicak di Dinding (Cathy Sharon), Curhat Buat Sahabat (Olga Lidya), dan Hanya Isyarat (Happy Salma).

Salah satu film yang paling dikenal adalah Malaikat Juga Tahu, yang dibintangi oleh Lukman Sardi (Abang) dan Prisilia Nasution (Leia). Abang jatuh hati pada Leia, tapi Leia tak menyadarinya karena Abang adalah penderita autism. Cinta Abang berakhir sedih karena Leia justru menjalin hubungan dengan adik Abang, Han.

Jadi, cukup jelas kan pesan-pesan dalam film di atas? Memilih waktu yang tepat untuk mengungkapkan perasaan memang langkah tepat, tapi menunda terlalu lama juga tidak baik. Jadi bergegaslah ungkapkan cintamu. Seperti kata penulis Donny Dhirgantoro dalam novelnya yang berjudul 5 CM; sebuah cinta memang harus diungkapkan karena tidak pernah ada cinta yang disembunyikan, kecuali oleh seseorang yang terlalu mencintai dirinya sendiri. Selamat berjuang!

Kamu juga bisa curhat langsung ke pakar cinta, penulis buku Kekasih Terbaik, Dwitasari di akun migme-nya, hihi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya