Sebagai figur publik, selebritas, selebgram, maupun influencer tentu punya pengalaman tersendiri ketika berhubungan dengan publik. Mulai dari dielu-elukan oleh penggemarnya, hingga dihujat oleh haters mereka. Itu adalah sebuah risiko yang harus ditanggung oleh semua publik figur. Karena kita nggak bisa menyenangkan semua pihak.

Tapi di luar hal-hal yang biasa itu, ada pengalaman nggak biasa yang juga kerap dialami oleh para figur publik ini. Salah satunya seperti yang diceritakan oleh Rachel Vennya melalui akun Instagram-nya baru-baru ini.

Beberapa waktu lalu, Rachel curhat tentang dirinya yang sering mendapat DM dari warganet yang pengen meminjam uang padanya

curhatan Rachel

Advertisement

Melalui Insta Stories di akun Instagram-nya, Rachel Vennya sedikit curhat tentang kelakuan warganet yang bikin heran. Pasalnya, banyak sekali warganet yang mengirimkan direct message (DM) padanya yang pengen meminjam uang. Hal ini tentu saja sangat mengejutkan. Karena orang-orang nggak dikenal ini berani meminjam uang kepada orang yang jelas-jelas nggak mengenal mereka. Bahkan bukan hanya Rachel yang mengalami kejadian ini, tapi juga influencer lain seperti dirinya. Berikut isi curhatannya:

Aku sering bgt2 dpt dm dari banyak bgt hampir tiap hari aku dpt dm untuk minjem uang ke aku. Aku gak tau ya kenapa kalian bisa punya keberanian untuk minjem uang sama orang yg km gak kenal, gak pernah ketemu..
Karena sahabat2 aku, keluargaku aja gak pernah berani minjem uang sama aku (aku pun gak pernah berani minjem uang) kalaupun ada ya sedikit sekali, palingan minta dikasih kerjaan bukan minjem/minta uang.
Aku berharap kalian stip nge dm aku kayak gitu krn aku gak mungkin meminjamkan uang ke org yg aku gak kenal, bahkan aku selalu menghindari minjemin uang krn aku gak bisa nagihnya.
Dan ternyata yg suka dm minjem uang gini bkn cm ke aku, tp ke beberapa ‘influencer’ lainnya… menurutku itu semua percuma, krn bbrp tmnku bukannya iba tp malah kesel..bukannya sombong, tp siapa yg gak kesel kalo org gak kenal tbtb dm minjem uang dan dmnya berkali2 (bahkan aku sudah minta maaf kalau aku gak bisa minjemin to ttp maksa)
Dan kalau aku lagi butuh orang untuk kerja atau loker (lowongan kerja) pasti aku update, jadi kalau aku gak update berarti aku emang gak punya loker untuk kalian. Maaf kalau kata2nya ada yg kasar dan menyinggung, semoga pesan aku bisa sampai dgn baik tanpa suudzon. 🙂

Salah seorang warganet membalas curhatan Rachel dengan doa yang sedikit sarkastis

salah satu jawaban warganet via www.instagram.com

Curhatan Rachel ini tentu saja mendapatkan respons beragam dari warganet sendiri. Ada yang memahami posisi Rachel, tapi juga ada yang merasa bahwa curhatan Rachel ini membuatnya terlihat sombong. Salah seorang warganet pun membalas Insta Stories Rachel dengan doa yang sedikit bernada sarkastis. Ia berdoa agar Allah memberikan rezeki yang lancar ke orang-orang miskin kayak dia sehingga nggak perlu meminjam uang pada orang-orang kaya seperti Rachel.

Advertisement

Seperti yang dijelaskan Rachel, sebenarnya bukan masalah duit yang ia tekankan di sini. Tetapi tentang orang asing yang berani meminjam uang pada seseorang yang nggak dikenal. Bagaimana mungkin warganet yang hanya kenal Rachel lewat media sosial dan bahkan Rachel sendiri nggak mengenal siapa mereka, meminjam uang berkali-kali dan memaksa walaupun sudah ditolak olehnya. Masuk akal nggak sih?

Meski mungkin ada yang salah tangkap atau merasa tersinggung, tapi apa yang dikatakan Rachel ada benarnya sih

ada benarnya juga sih via www.instagram.com

Orang-orang yang merasa tersinggung dengan curhatan Rachel mungkin disebabkan beberapa pernyataan dirinya. Pertama, tentang pernyataannya yang “bahkan sahabat-sahabatnya dan keluarganya nggak ada yang berani meminjam uang padanya”. Atau yang kedua, tentang influencer yang bukan iba pada peminjam uang ini, melainkan malah kesal.

Tapi sebenarnya, curhatan Rachel ini ada benarnya. Pertama, bagaimana mungkin kita bisa meminjam uang pada orang yang nggak kita kenal dan mereka nggak kenal kita. Kecuali Rachel ini adalah rentenir. Bahkan lintah darat saja harus ketemu dulu sama calon peminjam dan memenuhi persyaratan baru pinjamannya bisa dicairkan. Kedua, jika memang Rachel mau meminjam uang kepada orang-orang ini, apa bentuk jaminan kalau mereka akan membayar uang yang dipinjamnya itu? Yakin nggak menghilang begitu saja setelah dipinjamkan?

Ingat, teman sendiri saja susahnya minta ampun lho nagihin utang. Apalagi sama orang yang nggak dikenal. Atau apakah meminjam uang ini hanyalah kedok agar Rachel atau influencer lainnya memberikan uang secara cuma-cuma bagi mereka?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya