Buku sekolah zaman dulu

Kamu yang memulai pendidikan di tahun 90-an, tentu merasa cukup jauh berbeda dengan anak-anak tahun 2000-an. Berbeda dengan mereka, teknologi penunjang proses belajar mengajar kita dulu masih sangat terbatas. Bahkan proses tersebut masih bergantung pada buku pegangan, papan tulis hitam, dan kapur tulis. Tapi keterbatasan tersebut nggak serta merta membatasi kita untuk menambah pengetahuan dan wawasan kok.

Nah, mungkin kamu sudah lupa, buku apa saja yang pasti pernah kamu punya atau kamu pinjam ke perpustakaan. Nggak cuma untuk di sekolah, buku-buku tersebut juga digunakan untuk menunjang ekstrakulikuler dan agama. Dan Hipwee Hiburan kali ini nggak cuma ngumpulin buku pegangan sekolah, tapi buku yang pernah menemanimu di masa kecil dulu. Apa saja kira-kira? Siap-siap untuk mengingat kembali kenangan indah zaman dulu, yuk~

1. Buku pertama yang kita punya. Belajar membaca dan mengeja dengan buku “ini ibu budi”

2. Anak pramuka mana suaranya?

buku saku pramuka via busy.org

3. Yang paling diingat dari buku ini adalah dongeng tentang kancil atau cerita kerbau dan bangau

dongeng kancil via www.jamandulu.com

4. Zaman dulu sih di sekolah atau di rumah pasti ada susunan kabinet alias pejabat kementerian pemerintah

foto kabinet via www.jamandulu.com

5. Belajar kebersihan dari sini nih~

Masih ingat nggak? via plus.google.com

6. Masih ingat dengan buku dengan sampul berwarna merah-putih ini?

Ternyata masih ada, ya. 😀 via plus.google.com

7. Entah kenapa dibanding buku lain, buku pegangan matematika jarang banget lecek. Karena jarang dibuka kali, ya? Hihihi

buku pegangan dulu nih via plus.google.com

8. Awal belajar geografi. Petanya belum berwarna dan masih sangat sederhana

nggak berwarna via plus.google.com

9. Majalah Bobo emang jadi majalah favorit anak-anak sejak dulu kala. Pantas sampai sekarang masih eksis

masih eksis sampai kini via www.pulsk.com

10. Siapa dulu yang rajin nabung di sekolah? Momen kenaikan kelas adalah yang paling ditunggu-tunggu. Berasa kaya raya sih~

buku tabungan via www.bukalapak.com

11. Pintar Pengetahuan Umum Lengkap (PPUL), Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL), dan Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap (RPAL). Kalau dipikir-pikir, selengkap apa sih bukunya dulu?

RPUL dan RPAL via www.shopback.co.id

12. Salah satu buku wajib buat kesenian. Kalau nggak punya sendiri, ya, pinjam ke perpustakaan~

buat pelajaran kesenian nih via www.shopback.co.id

13. Nah, ini peta versi lebih lengkap dan berwarna nih

edisi berwarna via www.shopback.co.id

14. Nggak ketinggalan, buku wajib waktu bulan puasa. Agenda Ramadan!

buku agenda ramadan via santriwirausaha.blogspot.co.id

15. Buku ini juga nggak absen menemani masa sekolah kita. Belajar soal ibadah

buku untuk ibadah via akuyanet.blogspot.co.id

Advertisement

Beberapa buku mungkin masih ada hingga kini, meski bentuknya sudah lecek. Ya, namanya buku zaman kita sekolah dulu, sudah pasti berbeda dengan kebanyakan buku sekolah zaman sekarang. Agaknya hanya beberapa yang masih dipakai sekarang. Tapi meskipun begitu, buku ini benar-benar memiliki jasa dan sangat berarti bagi kita. Rasanya kurang lengkap kalau tumbuh kembang kita nggak ditemani oleh buku-buku ini. Hihihi.

Foto-foto di atas sudah berhasil bikin kamu rindu masa kecil belum? Ingat buku-buku ini jadi ingat teman-teman sekolah. Apa kabar, ya, mereka sekarang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya