Seiring berjalannya perkembagan teknologi yang semakin pesat, media cetak pun semakin tergeser kedudukannya. Rasanya keberadaan media cetak tersebut menjadi sesuatu hal yang nggak lagi umum untuk dicari, terutama di kalangan anak muda.

Yap! Kini kamu pasti lebih suka mencari berbagai informasi di dalam gadget-mu. Selain lebih praktis, hal apapun bisa kamu cari dalam waktu yang bersamaan. Tapi, karena hal itu mungkin sebenarnya kamu sudah kehilangan sebuah esensi dari media cetak yang sebenarnya. Buat kamu para anak 90-an, pasti akan paham banget sama esensi yang sekarang kemungkinan udah kamu tinggalkan.

Advertisement

Kira-kira apa ya sebenarnya yang dicari pada media cetak di masa lalu? Yuk, coba kita bernostalgia sama-sama. 🙂

Dulu, tujuan kamu beli tabloid atau majalah bukan membaca isinya, tapi hanya sekadar untuk mengumpulkan poster yang ada di dalamnya 😀

poster kayak gini pasti pernah hiasi kamarmu :)

poster kayak gini pasti pernah hiasi kamarmu 🙂 via ntarie.blogspot.com

Buat angkatan 90-an rasanya bokis kalau kamu nggak pernah memburu tabloid atau majalah hanya untuk mendapatkan sebuah poster yang menjadi hadiah di dalamnya. Mungkin malah seringkali kamu membelinya hanya karena ada poster yang kamu tunggu-tunggu. Saat itu, pasti kamu akan merasa senang banget karena berhasil menambah pajangan baru di kamarmu. Hihi. Kira-kira sekarang masih ada nggak ya yang majang posternya di dalam kamar? :p

Buat kamu yang dari dulu udah punya cita-cita jadi koki, hal yang pasti kamu cari adalah resep makanan, ya ‘kan? :3

halaman resep kayak gini jadi favoritmu sama Mama :)

halaman resep kayak gini jadi favoritmu sama Mama 🙂 via cobacoba-isna.blogspot.com

Nggak hanya poster, buat kamu yang sedari kecil pengen banget jadi koki atau pengen bisa kayak Ibumu yang jago masak, hal yang kamu cari dari tabloid atau majalah pasti nggak jauh dari resep makanan. Padahal, mungkin pada akhirnya resep-resep itu nggak semuanya kamu coba, kamu hanya senang mengumpulkan resep itu untuk ditempel dalam kertas kosong untuk kemudian dikliping jadi satu bundel. Sekarang, cita-citamu jadi koki sudah kesampaian belum? Atau… Udah bisa masak makanan yang enak belum? :3

Zodiak juga pasti pernah jadi salah satu incaran saat kamu penasaran dengan hubunganmu sama si gebetan >.<

zodiak jadi favoritmu, dulu~~~

zodiak jadi favoritmu, dulu~~~ via www.peramaltarot.com

Advertisement

Saat masih jadi ABG dulu, kamu mungkin sering mencari-cari zodiak di dalam media cetak untuk mengetahui bagaimana kira-kira ramalan hubunganmu dengan si gebetan. Kalau sekiranya apa yang tertulis benar sesuai dengan apa yang kamu rasakan, kamu pasti akan jadi langganan tabloid atau majalah tersebut hanya untuk terus memantau zodiak. Tapi, jika tiba-tiba ramalan itu nggak sesuai dengan apa yang kamu rasakan, kamu mesti akan menggerutu dan bertanya-tanya, “Apa iya, ya? Gimana dong?” :p

Kamu juga pasti pernah jadi seorang pemburu TTS di koran, ‘kan? Rasanya bisa mengisi TTS sampai semuanya penuh itu kebanggaan buatmu.

TTS selalu jadi temanmu menghabiskan waktu :)

TTS selalu jadi temanmu menghabiskan waktu 🙂 via crosswordpuzzlemedia.blogspot.com

Di antara kamu juga pasti ada yang pernah menjadi pemburu TTS di koran-koran. Ketika mendapatkannya, kamu akan nggak mau diganggu oleh siapapun. Saat itu, pernah ada masa di mana saat TTS bisa terisi penuh semuanya, kamu akan merasakan sebuah kebanggaan yang nggak ternilai oleh apapun. Hehehe. Sekarang, kamu masih suka berburu TTS nggak nih?

Di beberapa koran atau majalah, konten komik juga menjadi salah satu halaman yang laris dikunjungi loh…

si Doyok ini mungkin pernah jadi masa lalumu :p

si Doyok ini mungkin pernah jadi masa lalumu :p via bagusitudoyok.blogspot.com

Kamu masih ingat nggak sama komik yang selalu kamu baca di halaman koran atau majalah? Hihihi. Kalau udah lupa, yuk, ingat-ingat lagi kalau dulu kamu pernah jadi langganan sebuah halaman media cetak yang berisikan komik-komik pendek, yang terkadang juga bersambung. Rasanya semakin ke sini, kamu udah nggak lagi melakukannya ya? Mungkin sekarang kamu lebih suka membaca komik series di website dalam komputer jinjingmu. 🙁

Ketika kamu punya rencana pergi keluar sama gebetan, pasti sebelumnya kamu akan melihat dulu bagaimana ramalan cuaca hari itu di media cetak.

ramalan cuaca~

ramalan cuaca~ via halomalang.com

Sebelum ada aplikasi ramalan cuaca di telpon genggammu, kamu pernah jadi pemantau ramalan cuaca di media cetak. Apalagi kalau di hari itu kamu akan pergi keluar sama si dia, kamu pasti akan buru-buru cari ramalan cuaca di koran yang sudah sedari pagi mengisi meja ruang tamu kamu. Hihihi. Sekarang, masih ada nggak ya yang suka berlangganan media cetak?

Nggak sedikit juga dari kamu yang jadi penikmat kiriman puisi, cerpen, atau cerita bersambung.

cerpen :)

cerpen 🙂 via ntania.wordpress.com

Menikmati cerpen atau cerita pendek dan cerbung alias cerita bersambung dalam sebuah media cetak juga mungkin dilakukan oleh sebagian dari kamu. Untuk bisa menikmatinya, kamu pasti akan menunggu akhir pekan supaya penasaranmu akan lanjutan cerita atau cerita bagus yang baru bisa terpuaskan. Saat ini, kalau kamu mau membaca hal yang serupa kamu dapatkan darimana?

Buat para jobseeker rasanya laman lowongan kerja di koran juga pernah menjadi tempat peruntungan nasib buatmu, ya?

loker di laman koran~

loker di laman koran~ via www.kaskus.co.id

Laman lowongan kerja atau baris iklan pada masa itu pasti pernah jadi tempat favorit yang selalu kamu buka untuk mencari sebuah peruntungan nasib. Bahkan, nggak sering kamu membeli sebuah koran hanya untuk mendapatkan info loker terbaru. Sampai pada akhirnya, laman itu kini tergantikan dengan banyaknya website dan aplikasi loker yang lebih memudahkan jobseeker mencari peruntungan yang baru.

Nah, info ajang lomba emang selalu dinanti di media cetak, kamu akan segera mendaftarkan diri jika ada lomba yang dipampang di sana. Lumayan ‘kan kalau bisa menang! 😀

info ajang lomba :)

info ajang lomba 🙂 via bungkuskoran.blogspot.com

Sadar atau nggak, kamu pernah begitu menunggu-nunggu info dari sebuah ajang perlombaan yang sesuai dengan kegemaranmu. Jika pada sebuah laman kamu menemukannya, maka tanpa pikir panjang kamu akan segera ikut serta dan mendaftarkan diri, apalagi jika tertulis kalau pendaftaran tersebut tanpa dipungut biaya. Wuiiii! Coba ingat-ingat, berkat halaman itu kamu pernah jadi juara berpa kali? Hihihi.

Gimana, Gaes? Apa hal-hal di atas cukup mengembalikan ingatanmu pada masa yang mungkin dirasa begitu menyenangkan pada saat itu? Meski sekarang kamu agak sulit untuk melakukan semua kebiasaan-kebiasaan itu, setidaknya ingatlah kalau kamu pernah melakukannya dan kamu bahagia. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya