Kalau membicarakan film horor biasanya nggak jauh dari ketegangan dan keseruan cerita maupun adegannya. Kamu yang aslinya penakut jadi penasaran dan nggak betah menahan hasrat mau nonton. Kadang kamu pun melakukannya karena teman-teman yang memanasimu untuk ikutan melihatnya. Alih-alih kamu hindari, malah yang ada kamu makin diremehkan. Hal seperti ini bikin kamu jengkel dan memang jadi makin penasaran juga ingin tahu seperti apa cerita horor yang dikisahkan dalam film.

Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan cara agar nggak ketakutan saat nonton film seram dan nggak ketahuan teman-teman. Kamu nggak bakal diremehkan dan dipandang sebelah mata soal keberanian nonton film horor. Supaya kamu tetap terlihat stay cool, bahkan bikin kagum teman-teman, kamu perlu lakukan 9 cara yang telah Hipwee rangkum berikut ini. Silahkan simak untuk lebih jelasnya!

1. Sering pura-pura garuk kepala sambil curi kesempatan menutupi pandangan pakai tangan

hayo garuk-garuk via rotasin.blogspot.co.id

Jangan malu-malu menggaruk kepalamu saat nonton film horor. Kalau kamu udah merasa takut dari awal film, silahkan saja lakukan sambil curi kesempatan menutupi pandangan mata dengan tangan. Cara ini bisa berjalan lancar jika kamu memang nonton di bioskop karena ruangan yang digelapkan. Namun misalnya kamu nonton via laptop atau televisi bareng kerabat, tentu diperlukan keahlian garuk kepala sambil menutupi pandangan pakai tangan. Dan kalau keseringan kamu pun harus siapkan jawaban, lantaran kerabatmu pasti bertanya kenapa melakukan hal itu terus. Hehe.

2. Kalau lagi nonton bioskop jangan merem. Tetap nonton saja, tapi diam-diam arahkan mata ke pojok layar

bakal kayak gini via www.slate.com

Advertisement

Tak hanya bioskop saja, cara ini bisa diterapkan di manapun. Tanpa harus memejamkan mata, kamu udah bisa menikmati film hanya mendengar suaranya saja. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara arahkan matamu diam-diam ke pojok layar. Gambar film pun bakal nggak terlihat jelas karena yang kamu pandangi hanya ruang kosong berwarna gelap saja. Jadi, kalau temanmu menengok nggak bakal kelihatan dirimu ketakutan. Lumayan ‘kan bisa berpura-pura berani di hadapan teman?

3. Biasakan nonton pas siang-siang supaya nggak baper ketakutan

jgn nekat nonton malam via www.digitaltrends.com

Saat ada waktu senggang seperti akhir pekan atau liburan, biasanya kamu menyempatkan waktu bertemu teman-teman untuk bersenda gurau. Hal-hal yang udah lama nggak dibicarakan bakal diungkit lagi untuk bernostalgia sejenak. Tak lupa berbagai kegiatan, salah satunya seperti nonton film horor sejenak kalian lakukan. Supaya nggak ketakutan lagi, kamu akali saja minta mereka nonton bareng film horor pas siang hari. Dengan begitu nuansa horor nggak begitu terasa dan kamu bisa santai saat menontonnya. Hahaha.

4. Ajak pacar biar ada pengalihan. Daripada ketakutan, mendingan pegang-pegang tangan dia ;p

;))) via becuo.com

Memanfaatkan momen kencan sama pacar bisa kamu lakukan saat nonton film horor. Kamu nggak bakal merasa takut karena udah terlalu sibuk memandangi pujaan hati. Apalagi ketika adegan seramnya mulai muncul, kamu pun bisa menengok ke pacar sambil pegang-pegang tangannya. Asal jangan lepas kontrol pegang yang lainnya ya.

5. Popcorn harus ada saat kamu lagi nonton. Tapi makannya pas adegan menegangkan saja biar ada kesempatan mengalihkan pandangan

sediakan popcorn via www.thrillist.com

Kalau kamu memang biasa nonton di bioskop, jangan lupa cemilan khasnya – yang bisa memuaskan perut dan lidahmu. Popcorn selalu sukses memanjakan keinginanmu. Oleh karena itu, saat nonton film seram, kamu manfaatkan saja popcorn sebagai pengalih perhatian pandangan. Karena makan popcorn itu cepat habis, kamu mengunyahnya saat adegan-adegan seram saja biar hemat. Dengan begitu kamu nggak bakal ketakutan banget karena lebih fokus makan popcorn. Hehe.

6. Mendengarkan musik pakai earphone. Jadi kamu nggak dengerin ketawa-ketawa satirnya setan di film dan musik menegangkan

nah kalau lagi adegan begini nggak perlu earphone boleh via allthingsd.com

Salah satu film horor yang sukses bikin kamu makin ketakutan adalah suara ketawa satirnya setan atau backsound-nya yang menegangkan. Ada kalanya setannya biasa saja bagi kamu, namun suara ketawa dan musik yang dimainkan selama film tayang itu adalah inti pembawa nuansa seram. Kalau kamu termasuk penakut versi begini, jangan pernah lupa bawa earphone untuk mendengarkan musik di ponselmu. Namun kamu harus pandai menyembunyikan earphone di sela-sela rambut biar nggak ketahuan teman. Atau kamu juga bisa mengakali dengan jaket yang dipakai agak lebih ke atas supaya tetep tersembunyi dengan baik.

7. ⁠⁠⁠Respons adegan-adegan seram dengan ketawa atau komentar-komentar sok “ooh gitu”. Agar kamu terlihat menikmati

Siapa bilang di dalam bioskop harus diam? Sebenarnya boleh saja, asalkan kamu tahu seberapa besar volume suara akan dikeluarkan. Kamu pun bisa memanfaatkan momen berbicara ketika nonton film horor di bioskop dengan berucap “oh gitu” seakan kamu merasa biasa-biasa aja dengan isi film tersebut. Hal ini untuk menutupi rasa takutmu agar teman sebelah tak menyadarinya. Namun jangan lalu ngelunjak dengan mengeluarkan komentar yang lebay dan songong kayak “Halah, ini film horor apa kuis sih? kocak amat!”, atau “Yaelah setan beginian mah banyak di rumah”.

8. ⁠⁠⁠Sering-sering sok tanya atau ajak teman ngobrol tentang film di tengah adegan, tujuannya biar ada alasan memalingkan muka. Kalau perlu bikin obrolan yang panjang atau debat

kalau nggak gini saja deh via criterioncollection.tumblr.com

Hampir sama dengan memberikan ucapan “ooh gitu” atau pura-pura ketawa saat adegan menyeramkan, kamu pun bisa sok-sokan layaknya kritikus film. Hal ini berguna ketika adegan menyeramkan muncul. Kamu jadi punya alasan untuk memalingkan muka. Tapi kamu harus punya modal obrolan yang luas, karena kalau sampai kehabisan materi ya udah, bye.

9. Kalau udah nggak kuat banget ya merem. Tapi aktingnya harus bagus biar kelihatan merem karena ngantuk

atau pakai kacamata gini saja walau filmnya nggak 3D via lionelfaucher.tumblr.com

Sebetulnya merem adalah kegiatan yang harus dihindari saat nonton film bareng. Teman-temanmu saat ajak nonton seringkali serius banget, benar-benar fokus pada tayangan film. Momen yang seperti ini langsung kamu gunakan untuk merem biar dianggap kamu ketiduran. Sayangnya untuk metode satu ini kamu perlu atur srategi biar teman-teman yakin kalau kamu merem karena ngantuk, bukan takut. Akting saat menguap itu penting!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!