Ramadan tanpa buka bersama rasanya kurang lengkap. Nggak seru aja gitu, buka sendiri terus di rumah atau di indekos. Sesekali emang perlu ngumpul bareng temen-temen biar nggak kayak musuhan. Buka bersama menyatukan umat dari kesibukan-kesibukan yang nggak ada habisnya jika diturutin terus.

Toh, kamu juga kangen sama teman-teman lamamu, bukan? Tapi semakin mendekati lebaran, semakin banyak bukber. Ini bisa jadi baik, tapi bisa buruk juga. Buruknya, kebanyakan bukber bisa bikin orang males dateng. Nah, supaya kamu nggak kecewa sudah menantikan kumpul lagi namun ternyata bukbernya gagal, pelajari tanda-tanda berikut ini.

1. Ketika dari awal cuma sedikit yang nimbrung masalah tanggal dan pesen tempat segala macam, jangan terlalu berharap nanti kamu kecewa

Bisa dilihat dari responnya ketika milih waktu dan tempat via www.popmama.com

Advertisement

Antusiasme teman-temanmu buat ngumpul sambil bukber sebenarnya bisa dilihat dari jauh-jauh hari. Lihat saja bagaimana respon mereka di grup, terutama ketika menentukan tanggal dan tempat. Kalau di momen itu saja pada nggak responsif, maka jangan terlalu berharap, Sheyeeeng.

2. Jangan terlalu senang dengan jawaban “gue ngikut aja” atau “terserah”. Seringkali yang bilang begitu justru nggak dateng

Jawaban template. via www.pexels.com

Berminat atau nggaknya temanmu nggak selamanya bisa dilihat dari keaktifannya di grup WA. Seringkali yang jarang ngrespon malah dateng dan yang sering jawab justru melewatkan momen buker. Jangan terlalu percaya dengan  “gue ngikut aja” atau “terserah”.

3. Ada juga tipe yang ketika disuruh ngirim duit buat  DP tempat dan makanan pada nunda-nunda. Nah yang begini biasanya yang nggak niat ikutan

Bikin bete. via www.pexels.com

Menjelang lebaran rumah makan nggak pernah sepi, bahkan banyak yang pesan tempat untuk buka bersama. Nah ketika ada temanmu yang pas ditagih duit buka bersama susah, kemungkinan besar ia nggak tertarik. Kalau hampir semua kayak gitu, ya pasrah aja jangan berharap.

4. Suka ada orang-orang yang mentalnya kayak sultan, apa-apa minta dijemput. Nah, yang begini nih yang bikin males

Mental anak sultan. via www.tribunnews.com

Advertisement

Orang yang mentalnya sultan ini banyak banget. Bikin KZL karena maunya terima beres doang. Udah diurusin semua, malah nagih minta jemput. Jangan diturutin. Nggak usah diajak lagi!

5. Ketika bukber diadakan H-1 lebaran, fix bakal banyak yang nggak dateng karena mau pada takbiran 😀 Jangan mepet, Guys!

Jalannya juga macet bikin males keluar via pacitankab.go.id

Khusus yang ini wajib banget diperhatiin. Jangan bikin bukber di H-1 lebaran. Selain teman-temanmu bakal pada sibuk bayar zakat, juga pasti mereka pada temu kangen keluarga menikmati hangatnya malam takbiran. Jangan ngaco bikin bukber mepet-mepet 😀 wkwk

Menyatukan teman lama memang susah. Sebelum kamu kecewa sudah ribet ngurus bukber namun gagal. Kamu mesti perhatikan hal-hal di atas dulu. Kalau udah ada tanda-tanda yang menjurus, baiknya pasrah aja, nggak usah terlalu berekspektasi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya