Kadang kala ada waktunya kita bokek dan kehabisan dana untuk menjalani hidup. Bingung rasanya harus bagaimana. Mau pinjam teman kadang nggak enak, minta orang tua lagi juga lebih nggak enak. Maka dari itu, berdasarkan berbagai ide nakal warganet, ada cara-cara unik biar utang bebas rasa bersalah.

Simak uraian Hipwee Hiburan berikut tentang caranya berutang ke teman. Tapi kalau dipraktikkan langsung, berani nggak, ya?

1. Terasa berat dan beban banget pinjem 50ribu ke satu orang. Coba pinjam seribuan pada 50 orang deh. Bisa jadi, sebagian dari mereka pun mengikhlaskan 😀

Pinjam seribu aja kok, gais! via think.ing.com

Advertisement

Coba deh jangan pinjam uang dengan jumlah yang lumayan hanya ke satu orang aja. Mendingan pinjam uang seribu ke lima puluh orang daripada 50ribu ke satu orang karena yang minjemin bakal terasa berat. Keuntungan dari langkah ngawur ini juga bikin sebagian orang merelakan biar kamu nggak usah ngembaliin. Jadi super ringan, kan, ya? 😀

2. Waktu uangmu berhamburan layaknya dedaunan di musim gugur, paksa satu atau dua orang teman buat pinjam uang. Yakinlah suatu saat kamu akan menagih mereka di saat yang tepat sebagai ‘utang balasan’

Saatnya sebar-sebar uang nih. via www.businesstimes.com.sg

Namanya juga manusia, tempat khilaf, kalau lagi banyak uang mau boros dan foya-foya juga nggak terasa. Kalau uang sudah menipis lagi baru mewek. Makanya minta temanmu yang kamu percaya untuk utang saat kamu kaya raya. Suatu saat kalau kamu sudah tipis dan butuh uang, tagihlah kawanmu. Sekalian pinjam dengan nominal lebih banyak boleh dong~

3. Waktu mau pinjem uang, bilanglah ke teman, “Eh, pinjem uang gocap dong, lagi nggak ada cash nih mau bayar abang ojol!” Padahal maksudnya nggak punya cash dan nggak ada uang di tabungan juga sih 😀

Maaf, ya, Beb, lagi nggak ada cash nih. via www.moneycrashers.com

Alasan pinjam uangnya karena nggak punya cash atau uang tunai aja. Temanmu pasti bakal percaya kalau kamu jelas akan bayar utangnya. Tapi nyatanya di tabungan juga nggak ada uang. Hmm, nakal, ya~

4. Kalau beli makan nggak punya uang. Langsung makan aja, pas di kasir barulah pinjam uang. Temanmu akan terpaksa minjamin karena malu. Memang ngaruw banget cara ini! 😀

Nah, pas udah di depan begini nih! via www.straitstimes.com

Advertisement

Nggak bakal ada teman yang setega itu nggak meminjamkan uang bahkan saat lagi bayar di kasir tempat makan. Kalau beneran ada berarti temanmu juga bokek maksimal tuh. Tapi ingat, cara ini bisa meretakkan hubungan pertemanan kalian lo, ya, hati-hati! 😀

5. Yakinkan temanmu dengan memberikan barang berhargamu sebagai jaminan. Misal, boneka pemberian mantan, jam tangan yang nggak seberapa, sama skincare hits ala sista-sista~

Hmmm, simbiosis mutualisme. via tokyodailynews.com

Layaknya sistem pinjam uang di pegadaian gitulah. Tapi ini levelnya mikro. Coba deh teliti lagi apa yang disuka temanmu dari barang-barang yang kamu punya, pinjamkan ke dia. Maka dia akan pinjamkan kamu uang, kalau baginya uang bukan masalah.

Lima cara di atas memang jitu banget, tapi ingat, risikonya juga luar biasa. Bisa merenggangkan hubungan pertemanan sampai bikin kamu malu banget kalau strateginya kebaca. Makanya, aturlah keuanganmu dengan baik. Syukur-syukur kalau nggak usah pinjam-pinjam uang deh. Kalau terpaksanya harus pinjam uang dengan cara ngawur di atas, ya, pokoknya harus dibayar sesuai dengan nominalnya. Semangat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya