Cerita di Balik Girl from Nowhere Diangkat dari Kisah Nyata. Dunia Pendidikan Serem juga, ya?

Cerita di balik Girl from Nowhere

Sebagai penikmat sajian hiburan di platform layanan streaming film Netflix, tentunya kamu udah nggak asing lagi dengan serial asal Thailand berjudul “Girl from Nowhere”. Serial televisi bergenre misteri-fantasi yang kini sudah menginjak season keduanya di Netflix tersebut bercerita tentang seorang tokoh utama bernama Nano sebagai gadis penuh misteri yang kerap berpindah-pindah sekolah dan membongkar berbagai macam kebobrokan di sekolah tempatnya menuntut ilmu. Aksi Nanno dalam serial ini mendapat begitu banyak sorotan dan apresiasi dari publik lantaran kepiawaiannya dalam bermain peran.

Advertisement

Nggak hanya itu, kisah-kisah yang diangkat dalam “Girl from Nowhere” ini pun memiliki alur yang berbeda-beda, sehingga para penonton tak akan dibuat bosan dengan rangkaian ceritanya. Meski begitu, memang nggak dapat dimungkiri jika beberapa bagian ada yang sempat membuat kita bingung jika hanya menontonnya satu kali aja. Rupanya, sebagian besar cerita yang dimunculkan dalam serial ini ternyata diangkat dari kisah nyata lo!

“Girl From Nowhere” disebut sebagai film pertama di Thailand yang mengusung tema pemberdayaan perempuan

Sosok Nanno / Credit: Voi

Jika kamu perhatikan, dari episode pertama hingga terakhir serial ini berkutat pada kisah-kisah penindasan kaum perempuan, khususnya anak sekolahan. Isu-isu yang diangkat pun cukup sensitif, mulai dari perundungan, kekerasan fisik maupun psikis, dan berbagai macam permasalahan-permasalahan yang kerap dialami oleh kaum perempuan. Kesuksesan “Girl from Nowhere” ini akhirnya membuat sosok Nano begitu ikonik dan wajahnya kerap muncul di berbagai macam media sosial. Selain itu, serial yang satu ini juga disebut sebagai film pertama di Thailand yang mengusung tema tentang pemberdayaan perempuan lo. Tapi, kalau dipikir-pikir sosok Nanno ini selain misterius juga badass banget sih.

Namun, ada sedikit perbedaan antara cerita asli dengan filmnya, di mana korban pada film ini dijadikan sebagai pemenang

Cuplikan Girl from Nowhere / Credit: Filmedinether

Salah satu hal yang paling menarik dari serial ini selain mencoloknya sosok Nanno adalah kisah-kisahnya yang ternyata diangkat dari cerita nyata. Melansir dari Spikes Asia, cerita dalam serial ini terinspirasi dari 13 kisah nyata, di mana korbannya adalah para siswi dari 13 sekolah yang berbeda. Cerita itu kemudian dikembangkan sebagai kisah tentang 1 gadis dengan 13 pengalaman di 13 sekolah, dan dirangkum lewat 13 episode yang berbeda pula. Namun, ada sedikit perbedaan antara cerita asli dengan yang digambarkan pada film, di mana para korban di film ini dijadikan sebagai sosok yang akhirnya menang. Tim produksi film ini ingin membalikkan nasib para perempuan yang menjadi korban dalam insiden tersebut dan menunjukkan bagaimana jika para korban tersebut kini menjadi pemenangnya. Ini menarik banget sih, apalagi kenyataan yang ada di sekitar kita memang relate banget dengan kejadian-kejadian di serial tersebut.

Advertisement

Serial ini juga memberikan pesan kuat bahwa sekolah bukan melulu jadi tempat aman untuk mengenyam pendidikan

Girl from Nowhere / Credit: Imdb via www.imdb.com

Dari segala serba-serbi yang dihadirkan pada “Girl from Nowhere” ini, sebenarnya ada salah satu  pesan penting yang ingin disampaikan oleh tim dari film tersebut kepada publik. Bahwasannya, sekolah yang seharusnya jadi tempat penting untuk menuntut ilmu bagi siapapun ternyata nggak melulu bisa jadi area yang aman untuk mengenyam pendidikan.

Nggak hanya di Thailand sendiri, bahkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sendiri ada banyak banget kasus-kasus serupa yang terjadi di lingkungan sekolah. Mulai dari tingkatan pendidikan yang paling dasar hingga tinggi, nyaris memiliki kasus-kasus yang sama. Ini juga secara nggak langsung jadi peringatan bagi orang tua serta tenaga pengajar untuk tidak menghindar dari kenyataan bahwa di dunia pendidikan memang sering terjadi hal-hal seperti itu. Namun, terlepas dari apa pun, “Girl from Nowhere” adalah salah satu serial yang layak banget buat diikuti.

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE