Dengan kecanggihan teknologi saat ini, apapun tentu bisa kita lakukan hanya dalam genggaman tangan. Ya, ponsel pintar yang semakin merajai pasaran membuat kita lambat laun ketergantungan dengan semua kemudahan yang ditawarkannya. Mulai dari kebutuhan akan komunikasi, informasi, bahkan hiburan bisa kita dapatkan hanya dengan ujung jari.

Namun tentu nggak selamanya kemudahan yang diberikan akan membawa kebaikan. Karena nggak semua orang mengerti dengan batasan-batasan kapan mereka berhenti untuk menikmati kemudahan tersebut. Dan pada akhirnya, justru berbagai mudaratlah yang diterima, salah satunya seperti apa yang terjadi pada gadis ini.

Seorang gadis asal Cina kehilangan penglihatan mata kanannya secara permanen setelah seharian bermain game di ponsel pintar miliknya

Mata kanannya tak terselamatkan! via www.asiaone.com

Advertisement

Gadis berusia 21 tahun asal Dongguang, Cina, Xiao Wu (bukan nama sebenarnya) kini harus menanggung penyesalan dari apa yang telah ia lakukan selama ini. Wu kini kehilangan penglihatannya sebelah kanan setelah bermain game di ponsel pintarnya tanpa henti. Hal ini terjadi pada libur Nasional 1 Oktober lalu, ketika Wu sedang keranjingan bermain game “King of Glory”. Tanpa sadar, ia bermain dari sehabis sarapan hingga pukul 4 sore. Ia lalu istirahat sejenak dan kembali bermain hingga pukul 1 atau 2 malam. Dan ternyata bukan hanya hari itu saja, Wu yang memang terobsesi dengan permainan itu pun memanfaatkan waktu senggangnya untuk bermain game itu tanpa henti.

Setelah merasakan ada yang salah dengan mata sebelah kanannya, Wu langsung memeriksakannya ke rumah sakit

Buta karena main game seharian. via www.dailystar.co.uk

Setelah bermain beberapa lama, Wu pun merasakan ada perubahan penglihatan di mata kanannya. Dan semakin lama penglihatannya semakin kabur, lalu menjadi hitam, ia lantas memeriksakan apa yang ia rasakan ke Donggiang Huaxia Eye Hospital. Dari hasil pemeriksaan dokter, Wu menderita retinal artery occlusion. Kondisi ini biasanya hanya dialami oleh orang tua dan biasanya juga berakhir dengan kehilangan penglihatan secara permanen.

Nggak cuma bermain game saja, beberapa waktu lalu seorang gadis juga nyaris buta karena menonton drama Korea nonstop selama 18 jam

Menatap layar ponsel merusak mata. via www.shutterstock.com

Tentu yang hanya bisa dirasakan oleh Wu saat ini adalah penyesalan. Ia juga nggak akan menyangka kalau hobinya bermain game di ponsel pintarnya itu akan berakhir dengan kehilangan penglihatan mata kanannya. Beruntung, hanya satu penglihatannya yang terganggu. Bagaimana kalau kedua matanya harus kehilangan penglihatan hanya karena bermain game?

Advertisement

Bukan kali ini saja layar ponsel merenggut penglihatan seseorang. Kasus serupa juga pernah terjadi beberapa waktu lalu, di mana seorang gadis hampir saja kehilangan penglihatan kedua matanya hanya karena menonton drama Korea selama 18 jam nonstop. Menatap layar secara terus-terusan seperti inilah yang mengakibatkan kerusakan penglihatan. Apalagi jika menonton atau menatap layar ponsel atau laptop di tempat yang gelap.

Semoga kejadian ini jadi pelajaran buat kita semua ya, terutama buat kamu yang sudah kecanduan sama ponsel sendiri. Meskipun nggak main game, tapi scrolling media sosial terus-terusan apalagi sebelum tidur dan di ruangan gelap, juga bisa berisiko kehilangan penglihatan. Yuk, ah sayangi dirimu sebelum menyesal seperti gadis ini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya