Serba-Serbi Cobaan Kuliah Online Saat Masa Karantina. Paham juga Nggak, Kesel Iya!

Cobaan kuliah online

Sebagai anak kuliahan, adanya wabah corona ini tentu jadi tantangan dan cobaan tersendiri. Selain bosan karena seluruh kegiatan kampus diliburkan, bakal jarang-jarang ketemu sama temen, minim refreshing, dan tentunya juga harus melakukan perkuliahan online demi mengganti aktivitas belajar di kelas kayak hari-hari biasanya,

Advertisement

Jangan salah, meskipun embel-embelnya belajar di rumah secara online, tapi kegiatan tersebut benar-benar jauh dari yang namanya lancar dan tenang. Bagi yang udah sampai tahap stres, pasti bisa membandingkan jika ternyata kuliah di kelas itu malah banyak enaknya dibandingkan dengan kuliah online. Nah, kira-kira begini nih cobaan yang dirasakan para mahasiswa saat kuliah online. Kamu mungkin salah satunya~

1. Kadang dijelasin langsung di kelas aja nggak paham, ini malah disuruh tatap muka secara virtual, ya, jelas makin pusing

Ilustrasi kuliah online. via www.shopback.co.id

Perlu diingat bahwa nggak semua kemampuan mahasiswa itu sama. Ada yang memang cepat paham, tapi ada juga yang udah dijelasin berkali-kali di kelas tetap aja nggak paham. Kuliah secara virtual ini tentu jadi hal yang bikin pusing jika kamu tipe mahasiswa yang lelet banget kalau nangkap penjelasan dari dosen. Lha wong ketemu langsung aja nggak paham apalagi ketemu cuma lewat video. Sabar, ya. 🙁

2. Paling apes kalau sinyal internet ngadat, tapi yang ikut kelas online banyak banget. Cuma kedengeran suara “hah hah hah?!” Berasa lagi main keong 🙁

Sinyal ngadat adalah cobaan berat. via markey.id

Namanya juga masa karantina di rumah, pasti semua orang kesusahan buat cari hiburan dan ujung-ujungnya lari ke internet. Hal tersebut jelas berdampak pada kecepatan koneksi internet pada daerah-daerah tertentu. Jangankan yang ada di pelosok, yang hidup di kota besar pun kadang juga mengalami hal ini. Makanya, males banget rasanya kalau lagi kuliah online, tapi sinyalnya nggak jelas, berasa jadi kelomang karena cuma denger suara “Hah hah hah!?” aja.

Advertisement

3. Tentu nggak dapat uang jajan juga. Eh, kok kayak anak sekolahan aja, ya 🙁

Jatah uang harian kosong. via news.okezone.com

Sebenarnya nggak cuma anak sekolahan, anak kuliahan yang belum punya pekerjaan sambilan pun juga merasakan salah satu dampak terberatnya. Bayangin deh, kamu bisa tiap hari nabung dari uang saku, tapi gara-gara corona biadab ini, kamu jadi nggak ada pemasukan sama sekali alias nol besar. Boro-boro mau beli macam-macam, buat beli kuota internet aja udah ngos-ngosan.

4. Lagi disuruh menjelaskan materi oleh dosen, tiba-tiba disuruh orang rumah buat bersih-bersih toilet

Orang rumah tidak pengertian. via metro.co.uk

Cobaan yang satu ini nyaris dirasakan oleh hampir semua orang yang sedang kuliah atau bahkan bekerja lewat rumah. Namanya juga orang tua, terkadang  susah banget dikasih pengertian. Adanya masa karantina ini sering kali diartikan libur oleh mereka. Makanya nggak jarang kalau orang rumah malah minta tolong berbagai macam hal saat kamu berada di rumah. Hadeeeh!

5.  Selalu aja ada anak yang penginnya unjuk gigi banget, tiap ada jeda dia nyambung terus, bikin kuliah online nggak kelar-kelar

Advertisement

Selalu ada jenis mahasiswa resek. via www.mensxp.com

Dari zaman sekolah dasar hingga kuliah, pasti ada aja tipe-tipe orang yang selalu pengin kelihatan paling menonjol. Tapi kalau kasusnya saat sedang kuliah online begini, rasanya beda. Tingkat keresekannya makin menjadi-jadi. Saat semua orang udah jenuh dan penat, rupanya masih ada satu orang yang terus-terusan ngajakin diskusi dan nanya ke dosen nggak pakai berhenti. Ampun dah!

Tapi mau bagaimanapun cobaannya, semoga kamu semua tetap kuat dalam melewati ujian ini, ya. Jangan banyak ngeluh, di luar sana ada orang-orang yang mati-matian berjuang biar semua ini segera berakhir.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE