Bukan Semata-mata Cari yang Gemes, ini Alasan Kenapa Cowok Cari Pasangan yang Umurnya Lebih Muda

Cowok cari pasangan lebih muda

Mitos sesat mengatakan bahwa kebiasaan sebagian cowok untuk mencari pasangan yang umurnya lebih muda dibandingkan dengan dirinya ini karena semata-mata alasan yang sepele dan nggak masuk akal. Kayak misalnya cuma sekedar cari yang lebih gemes, gampang buat dikibulin, dan sederet stigma negatif lainnya. Padahal, ada alasan-alasan ilmiah yang masuk akal kenapa cowok sering melakukan hal tersebut.

Advertisement

Memang benar, bagi orang-orang yang lagi jatuh cinta satu sama lain, perbedaan usia ini diartikan nggak lebih dari sekedar angka. Namun, banyak orang di luar sana yang juga nggak begitu memahami akan persoalan yang satu ini. Sekalinya ada cowok yang cari pasangan hidup lebih muda pasti anggapannya udah aneh-aneh banget. Biar kamu paham dengan alasan ilmiah di balik hal ini, coba baca beberapa poin yang ada di bawah ini deh.

Ada perbedaan kecerdasan emosional antara cewek dan cowok saat sedang masuk fase life crisis. Biasanya sih lebih pinteran cewek meski masih seumuran

Ilustrasi pasangan / Credit: Kosmo via www.kosmo.com.my

Alasan yang pertama ini sering banget jadi alasan utama kenapa cowok-cowok di luar sana memilih opsi tersebut. Meski nggak pernah diungkapkan dengan kata-kata, namun secara psikis ada perbedaan kecerdasan emosi antara cewek dan cowok. Apalagi jika cowok dan cewek ini sedang menginjak pada usia yang setara atau sama, pasti kecerdasan emosi cewek lebih tinggi dibandingkan dengan si cowok. Nah, ini bakalan merepotkan jika keduanya sama-sama sedang memasuki fase life crisis. Pasalnya, dengan kecerdasan emosi yang timpang, nantinya si cowok bakal kelihatan nggak ada powernya.

Cowok pasti punya keinginan untuk kelihatan lebih dewasa

Cowok yang memiliki pasangan lebih muda / Credit: pinterest via id.pinterest.com

Nggak dimungkiri lagi bahwa alasan yang satu ini juga nggak bisa dihindarkan dari persoalan tersebut. Profesor Gerry Karantzas, direktur Science of Adult Relationships (SoAR) Laboratory, Deakin’s School of Psychology Dalam penelitiannya yang dimuat di laman Deakin University mengatakan bahwa ada pertimbangan kualitas saat seseorang mencari pasangan. Begitu pula dengan cowok, dalam hal ini yang dimaksud adalah ketika cowok tentu ingin terlihat lebih produktif dan tentunya juga lebih dewasa. Secara nggak langsung, dua hal tadi adalah investasi yang berharga banget dalam sebuah hubungan. Selain itu, hal ini juga disebabkan karena adanya tekanan sosial yang mengharuskan kalau cowok wajib terlihat lebih mapan dan dewasa.

Advertisement

Faktor keberuntungan, katanya kalau umurnya muda sih kemungkinan rentang hidup bakalan lebih lama. Apalagi kalau bercita-cita pengin punya anak

Keinginan memiliki anak / credit: Psypost via www.psypost.org

Ada yang berpasangan untuk memiliki keturunan, tapi ada juga orang-orang yang berpasangan tapi nggak pengin punya keturunan. Nah, bagi cowok yang ingin memiliki buah hati, pertimbangan yang satu ini pasti dipikirkan matang-matang. Sara Skentelbery dan Darren Fowler, psikolog dari St. mary’s University, Halifax, Kanada menuturkan bahwa perbedaan umur membawa keuntungan bagi manusia untuk bertahan hidup. Pasalnya, pada batasan umur tertentu nantinya kaum perempuan akan kehilangan kemampuan untuk memiliki anak, beda dengan mereka yang masih berusia muda.

Dapetnya pasangan dan yang mau cuma itu, gimana lagi~

Ilustrasi pasangan beda umur / credit: Windeln via www.windeln.de

Meski ada beberapa alasan ilmiah seperti yang ada di atas tadi, jangan lupakan juga faktor yang satu ini. Namanya jodoh juga pasti nggak ada yang tahu nantinya kita bakal hidup sama siapa. Orang udah berkorban banyak hal, mendedikasikan segala hal, dan melakukan semuanya aja terkadang masih susah banget dapat pasangan hidup. Makanya, ada juga alasan dan faktor nasib kayak yang satu ini. Kalau dapatnya cuma itu mau gimana lagi, kan? 😀

Advertisement

Jadi, intinya sih ada alasan ilmiah yang melatarbelakangi kenapa kaum cowok suka mencari pasangan hidup yang umurnya berada di bawahnya. Bukan semata-mata karena cari yang gemes-gemes aja, apalagi cari yang sekiranya gampang buat dikibulin. Nggak semua cowok kayak gitu juga kali~

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE