4 Alasan Utama Kenapa Para Cowok Selayaknya Tidak Memamerkan Prestasi Kerjanya di Media Sosial

“Ciyee… yang punya mobil baru”
“Ah… Nggak, ini juga bekas kok. Hehe”
“Foto dulu lah. Upload di Instagram”
“Udah, dong~”

Saat browsing di sosial media, kamu sering menemukan postingan-postingan yang berisi tentang pencapaian yang sudah orang-orang dapatkan dalam dunia kerjanya. Mulai dari postingan soal apa yang dia kerjakan hingga postingan soal barang-barang apa saja yang sudah dia dapatkan dari gaji pekerjaannya. Tak cukup hanya posting gambar, caption yang mendukung mulai dari keluhan hingga yang bernada pamer juga turut ia tuliskan.

Advertisement

Soal respon dari postingan tersebut, ada beragam pendapat yang mengomentari. Mulai dari yang biasa aja, ikut bahagia hingga sinis kepada si tukang pamer. Memang sih hal itu adalah hak pribadi setiap orang, namun bukankah lebih baik jika kamu menghabiskan waktumu menikmati pencapaianmu daripada mengunggahnya di akun sosial media yang kamu punya?

Posting pencapaian kerja memang hak setiap orang. Namun perasaan orang lain juga harus diperhatikan sebelum mengunggah postingan

Tak semua orang seberuntung dirimu~

Tak semua orang seberuntung dirimu~ via kleineganz.com

Dalam negara kita yang merupakan negara demokrasi berdasar hukum ini, memang setiap orang punya haknya masing-masing. Mau dia melakukan apapun, asal tak bertentangan dengan hukum dan norma-norma yang ada, setiap orang bebas melakukannya. Pun demikian soal postingan di sosial media. Asal postingan itu tak melanggar hukum, kamu bebas posting apa saja. Hanya saja, kalau urusan postingan pencapaianmu dalam hal pekerjaan, mohon lebih perhatikan lagi orang-orang yang mungkin melihat postinganmu. Bisa jadi mereka tak seberuntung kamu. Tolong hargai perasaan teman-temanmu yang bisa melihat aksimu di sosial media yang mungkin masih ada yang sampai saat ini belum mendapat pekerjaan.

Alih-alih dapat pujian postingan pamer kerjaan, kebanyakan orang akan sinis karena hobimu yang suka pamer itu

Bahkan ada yang malah sinis~

Bahkan ada yang malah sinis~ via haiineola.com

Tak semua orang paham apa maksudmu saat kamu mengunggah postingan soal pencapaianmu dalam bidang pekerjaan. Mungkin niatmu hanya sekadar iseng-iseng dan seneng-seneng saja dengan memosting soal pencapaianmu, namun persepsi orang lain bisa jadi berbeda loh. Orang-orang yang nasibnya tak seberuntung kamu dalam pekerjaan mereka bisa jadi malah berpikir bahwa niatmu semata-mata cuma pamer saja. Mereka malah mungkin jadi sakit hati dan jadi sinis karena postinganmu soal pencapaian dalam dunia kerja. Mungkin kamu memang mendapat pujian dari teman-temanmu yang ada di sosial media, tapi bisa jadi malah kamu jadi bahan gosip dan gunjingan karena hobi pamermu itu.

Bukankah memamerkan soal pekerjaan dan pencapaianmu hanya akan memperlihatkan bahwa kamu sebenarnya kurang perhatian?

Cowok itu sibuknya kerja~

Cowok itu sibuknya kerja~ via howthehelldocomicswork.tumblr.com

Advertisement

Kamu harus tau bahwa terlepas dari sekian banyak pencapaianmu dalam karir yang kamu miliki, orang-orang akan melihatmu sebagai pribadi yang kurang perhatian karena hobimu yang suka pamer di sosial media. Orang-orang yang suka memamerkan sesuatu di akun sosial media mereka itu punya kecenderungan untuk minta diperhatikan. Dari mulai foto saja yang mereka tampilkan hingga caption yang mereka tuliskan, semuanya adalah pilihan. Kenapa demikian? Karena tujuannya adalah menarik perhatian orang lain sehingga orang-orang tersebut akan memberi apresiasi berupa komentar pada postingan mereka. Yang seperti itu mah jelas-jelas kurang perhatian. Meski memang kurang perhatian, tapi ya caranya gak dengan pamer juga~

Daripada posting di sosial media, lebih baik menunjukkan dengan tindakan nyata

Cowok tuh gak pamer!

Cowok tuh gak pamer! via www.ew.com

Kalau boleh jujur, mengunggah soal urusan pekerjaan mereka adalah hal yang sangat tidak perlu untuk dilakukan. Alih-alih mengunggah soal keluhan atau pencapaianmu soal pekerjaan, bukankah lebih baik kamu melakukan tindakan nyata soal itu? Kalau kamu mengeluh, ya itu artinya kamu butuh adaptasi lebih cepat soal kerjaanmu agar tak perlu lagi mengeluh. Kalau kamu mengunggah pencapaian, sebaiknya kamu bekerja lebih giat agar pencapaian itu tak berhenti disitu. Cowok sejati itu makhluk yang membuktikan dirinya lewat tindakan nyata, bukan cuma pamer foto di sosial media. Kalau cuma upload moment sedih atau bahagia sih semua orang juga bisa. Tapi tindakan nyata untuk setiap momen itu yang harusnya lebih kamu perhatikan.
Bukan berarti melarang kamu untuk berbagi ceritamu kepada semua temanmu di akun sosial mediamu. Hanya saja, mohon lebih perhitungkan lagi mana yang lebih penting antara posting soal keluhan dan pencapaianmu dalam bekerja atau melakukan tindakan nyata dengan bekerja lebih giat lagi. Tak semua orang suka dan peduli dengan postinganmu. Alih-alih mendapat respon positif, bisa jadi malah kamu dibenci karena hobi pamer disana-sini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

18 Comments

  1. Kaila Casmira berkata:

    PROMO FREECHIPS Rp.20.000
    Web Master terbaik saat ini : www,kaskuscash,com

    Kaskuscash Agen Bola, Casino Online dan Poker Online Terpercaya di Indonesia

    Komfirmasi terlebih dahulu link Fb kepada CS Kaskuscash,com
    untuk mendaftarkan akun FB bosku untuk ikut promo kami:D

    Syarat dan ketentuan untuk FREECHIPS yaitu :

    1. Memiliki pertemanan minimal 500 orang
    2. Membagikan di TIMELINE Facebook promo kami
    3. Men Tag minimal 50 teman promo kami
    4. Facebook di set PUBLIK agar kami bisa melihatnya
    5. Hanya untuk 100 orang setiap harinya
    6. Promo berlaku untuk permainan Sportbook ( tidak berlaku Untuk permainan Parlay )
    7. Promo hanya berlaku jika nama di FB harus sama dengan Nama rekening bank.

    Setelah semua terpenuhi dalam 1×24 jam anda bisa claim ke livechat kami untuk mendapatkan FREECHIPS

    Info lebih lanjut silahkan menghubungi customer service kami :
    BBM : 5EF96358
    YM : [email protected]
    PHONE : +855-966001291

    Note : Mohon di baca dengan teliti syarat dan ketentuan berlaku kami.
    kami akan membatalkan promo jika kami anggap tidak memenuhi syarat dan ketentuan berlaku kami

    Ayo buktikan sendiri pelayanan terbaik dari kami dan raih kemenangan besar bersama Kaskuscash.

  2. Djoko Santoso berkata:

    Nice post brother, orang Jombang emang top

  3. Muhammad Amin berkata:

    judulnya udah menarik tapi kurang “ngena” isi artikel ini min menurut saya..
    “pamer prestasi kerja” yang dimaksud disini juga saya kurang nangkep, apa itu tentang pencapaian kerja untuk orang2 kantor saja misalnya, saat naik gaji/naik jabatan/beli mobil baru, dll.

    atau berlaku juga bagi pencapaian kerja orang2 yg berprofesi dalam bidang seni seperti desainer, fotografer, game developer, dll. yang menurut saya posting tentang “prestasi kerja” berupa karya mereka di media social itu cukup penting sebagai sarana promosi untuk mengenalkan karya dan bakat mereka ke orang banyak lewat social media.

    just my humble opinion 🙂

  4. Aloysius Dimas W berkata:

    Salah. Yang benar adalah “Seorang pria sejati tidak akan membanggakan segala sesuatu yang bukan berasal dr keringatnya sendiri”.

  5. Prio Danny K berkata:

    Enak – enak moco artikel, eh lha kok onok sing gelut nang komen…

  6. Hayu Noeritasari berkata:

    Cowok suka pamer malah rentan dideketin cewek matre.

CLOSE