Sebagai manusia pastilah ada masa di mana ia melakukan sebuah kesalahan yang mungkin ada hubungannya pula denganmu atau orang lain. Nggak jarang kesalahan yang dilakukannya membuatmu ingin memberikan sebuah kritik agar suatu saat dia nggak lagi mengulangi kesalahannya.

Namun, seringkali niat baik untuk memberikan kritik itu menjadi sesuatu yang justru nggak berkenan lataran kamu yang meyampaikannya dengan cara yang salah. Terlebih untuk menyampaikan kritik pada cowok, memang mesti lebih hati-hati. Jangan sampai niat memberikan kritik malah berubah menjadi sebuah sesuatu yang nyelekit. Untuk itu, coba deh simak hal-hal di bawah ini agar niat baikmu nggak disalahartikan. Yuk!

Waktu yang tepat adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak memberikannya kritikan.

jadi....

jadi…. via www.pinterest.com

Advertisement

Momen atau waktu yang tepat akan sangat memengaruhi kritikanmu yang akan diterima atau nggak olehnya. Untuk itu, kamu memang perlu mengatur waktu yang tepat untuk membicarakannya. Caranya dengan menunggu dia tenang dulu dari emosinya dan ajaklah dia ke tempat dengan suasana yang nyaman dan nggak tegang. Selain itu, akan jauh lebih baik kalau kamu menyampaikannya pada malam hari, karena malam hari adalah waktu terbaik untuk merenungi semua hal.

Perhatikan juga tempat dimana kamu akan bicara. Jangan pilih tempat yang kelewat ramai.

nyaman itu perlu...

nyaman itu perlu… via nasty-autumn.deviantart.com

Malam hari di tempat yang nyaman untuk berbincang akan semakin tepat rasanya jika hanya ada kamu dan dia untuk membicarakan hal-hal yang ingin kamu sampaikan padanya. Yap! Akan menjadi sebuah momen yang salah jika kamu mengkritiknya di depan banyak orang, sekalipun teman-temannya. Hal itu dikarenakan sisi cowok yang selalu berusaha untuk menjaga harga dirinya di depan banyak orang. Jadi, ajaklah dia untuk ngobrol berdua aja sama kamu agar dia merasa nyaman dan apa yang kamu sampaikan pun bisa diterima dengan baik tanpa rasa sakit hati yang perlu dirasakannya.

Kritikan bisa jadi hal yang menyejukkan untuk diterima kalau kamu bisa menjaga intonasi suara dan memilih kata yang tepat untuk diucapkan.

santai aja~

santai aja~ via www.huffingtonpost.com

Sebuah kritikan jelas menjadi hal yang sensitif untuk dikatakan, untuk itu kamu perlu hati-hati dalam menyampaikannya agar suasana hatinya nggak semakin kacau. Kamu perlu banget memilih kata-kata yang tepat dan halus agar dia nggak tersinggung. Selain itu, kamu juga perlu menjaga intonasi suaramu, ajaklah dia berbicara dengan nada suaramu yang nggak terkesan menyudutkannya. Kamu nggak perlu membentak atau berteriak padanya, dengan tutur bahasamu yang lembut dan pilihan katamu yang menenangkan, dia akan mudah menerima apa yang kamu sampaikan.

Yakinkan dulu kalau kmu sudah benar. Jangan asal kritik dan memberikan pendapat yang gak beralasan.

baik-baik ya.

baik-baik ya. via www.huffingtonpost.co.uk

Advertisement

Sebelum membicarakan apa yang hendak kamu sampaikan padanya, cobalah untuk mencari tau di mana akar masalah yang sebenarnya, kamu perlu mencari fakta sesungguhnya. Ya, hal itu perlu kamu lakukan agar kamu nggak terlebih dulu membuat asumsi dan kesimpulan sendiri yang akan membuat suasana jadi nggak menyenangkan untuk kalian berdua. Selain itu, kamu juga perlu melakukan kritik untuk dirimu sendiri untuk mencoba menempatkan posisinya di posisimu, dengan begitu kamu akan bisa membangun suasana yang lebih baik bersama dia.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk memberikan kritik pada para cowok. Jelaslah hal itu perlu diperhatikan agar dia nggak tersinggung dengan apa yang kamu ucapkan dan hubungan di antara kalian pun akan terus terjalin dengan baik. Selamat mencoba ya. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya