Yang namanya hubungan, pasti selalu ada perselisihan. Jangankan sama pasangan, sama teman pun pasti pernah terjadi kesalahpahaman. Akhirnya, perang urat saraf dan bahkan dalam beberapa kasus antara cowok dan cowok atau cewek dan cewek adu pukul jadi nggak terhindarkan. Tapi kalau pasangan, nggak sampai adu jotos sih biasanya. Paling cuma debat panjang yang nggak berkesudahan.

Nah, dari sinilah Hipwee Boys akan memberikan sedikit tips buat kamu, khususnya para cowok tentang tata krama untuk beradu argumen dengan cewek. Tentu kamu nggak pengen hubunganmu dengan cewekmu berakhir cuma gara-gara debat yang nggak jelas juntrungannya, bukan? Biar berantemnya nggak sampai parah, terapkan hal-hal ini pas lagi debat sama cewekmu, ya!

Meski banyak masalah yang pengen kamu ungkapkan, cobalah untuk tetap fokus pada satu topik percakapan. Biar bisa tuntas dulu

Jangan langsung kamu berondong topik.

Jangan langsung kamu berondong topik. via elitestatic.com

Advertisement

Hal yang sering terjadi ketika cowok berdebat dengan cewek adalah kebiasaan cowok yang kebanyakan topik. Cowok seperti nggak punya batasan untuk melemparkan topik percakapan pada satu sesi. Harusnya, kamu memberikan satu topik aja untuk dibahas. Kalau satu sudah selesai dan mendapatkan konklusi, barulah beranjak ke topik selanjutnya. Mungkin kebiasaan cowok ini memang karena cowok pengen semuanya tuntas dalam satu sesi sekaligus. Tau sendiri, ‘kan cowok nggak suka memendam masalah.  Tapi bagi cewek, ini malah memecah fokus percakapan. Yang ada malah nggak kunjung selesai. Berlarut.

Ini percakapan kalian, jangan bawa orang lain untuk ikut campur. Kecuali memang kalian lagi mediasi

Ini urusan kalian berdua.

Ini urusan kalian berdua. via patrika.com

Sudah seharusnya cowok itu pemberani. Tapi ada beberapa cowok yang begitu takut untuk berdebat dengan cewek. Entah dia takut atau bagaimana, pastinya dia selalu mengajak orang lain untuk menemaninya berdebat dengan ceweknya sendiri. Sebenarnya ini bukanlah cara yang baik untuk berargumen dengan cewek. Kalau memang itu percakapan yang hanya bisa kamu dan cewekmu bahas, kenapa harus ada orang lain? Meskipun posisinya hanya sebagai seorang teman, alangkah baiknya kalau kamu berbicara berdua aja dengan cewekmu. Dengan kamu membawa teman dalam dialog, justru cewekmu malah makin marah. Dia akan menilai, kamu adalah pengecut. Mending sendiri.

Kesalahan yang sering terjadi adalah cowok selalu emosional ketika mendengar argumen cewek. Redam dulu amarah, demi penyelesaian

Jangan cuma pake emosi.

Jangan cuma pake emosi. via nbcnews.com

Entah bagaimana ceritanya, sepertinya memang kebanyakan cowok pasti naik pitam ketika dia harus menyimak cewek berbicara panjang lebar, bahkan nggak jarang mereka keluar dari topik pembicaraan. Alhasil, cowok malah emosi. Tapi, dalam keadaan seperti ini harusnya cowok jangan marah. Sebab itu akan menyulut emosi cewek juga. Yang ada malah kalian berakhir dengan marah-marah.

Advertisement

Cobalah untuk meredam emosimu dulu. Selesaikan percakapanmu dengan logika dan perasaan. Jangan cuma logika atau perasaan aja. Kedua hal ini harus ada dalam perdebatan kalian.

Untuk meyakinkan cewekmu, cobalah untuk memberikan pendapat yang jelas. Kalau bisa kasih contoh kasus, biar makin jelas

Jangan bilang dia nggak bakal paham!

Jangan bilang dia nggak bakal paham! via femmedinfluence.fr

Sepertinya sudah menjadi kebiasaan atau kodrat cowok yang selalu merasa lebih tinggi daripada cewek. Bahkan dalam hal berargumen pun, cowok merasa cewek nggak akan bisa mengerti apa yang cowok katakan. Tapi satu hal yang perlu kamu tahu, jangan pernah mengatakan pada cewekmu, “Ah, kamu nggak bakal paham!” Ini merupakan kalimat yang paling menyakitkan bagi cewek. Dia akan merasa terendahkan dengan perkataanmu itu. Yang ada malah perdebatan kalian berakhir dengan perpisahan.

Pada hakikatnya, yang namanya beradu argumen itu harus berlandaskan fakta dan pembuktian. Jangan berargumen kalau isinya cuma kosong. Cewek juga bakal malas menanggapinya. Kemudian, jangan pernah pakai emosi kalau berbicara dengan cewek. Sederhana, bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya