Tampaknya semua orang sepakat bahwa kehidupan setelah pernikahan akan lebih berat daripada kehidupan semasa jomblo atau melajang. Banyak masalah yang kemudian menjadi batu sandungan dalam bahtera rumah tangga. Tapi untungnya, semua akan menjadi lebih ringan sebab kamu nggak sendirian dalam menghadapinya. Ada pasanganmu yang turut membantu dan saling menguatkan.

Nah, masalah momongan ini, ada beberapa pasangan suami-istri yang sudah menikah sekian tahun, tapi tak kunjung diberi momongan. Kadang cowok yang memiliki masalah, kadang cewek yang memiliki masalah hingga susah punya anak. Saat masalah ini datang, sebagai cowok, apa saja sih alternatif pilihan yang kamu punya? Kali ini Hipwee Boys ingin membahas soal hal ini. Pilihannya semuanya sulit. So, kamu harus sangat bijak ya guys!

Mengadopsi anak menjadi pilihan paling wajar bagi setiap pasutri yang tak kunjung diberi momongan. Kamu bisa memilih jalan ini loh

Mengadopsi anak

Mengadopsi anak via cdn.ributrukun.com

Advertisement

Saat ini, adopsi anak menjadi pilihan yang cukup populer di kalangan pasutri muda. Entah mereka enggan memiliki anak sendiri untuk saat ini atau karena beberapa alasan lainnya. Yang jelas, mengadopsi anak dari panti asuhan atau pihak lain, bisa menjadi solusi baik ketika kamu dan istrimu dihadapkan pada persoalan kesulitan untuk memiliki keturunan. Hal ini dipercaya bisa merangsang istrimu untuk memiliki anak sendiri secara psikologis.

Buat istrimu yang tetap pengen mengandung layaknya anak sendiri, tapi terkendala suatu hal, bayi tabung bisa menjadi solusi paling aman

Orang mana yang nggak bahagia ketika istrinya hamil?

Orang mana yang nggak bahagia ketika istrinya hamil? via www.instagram.com

Bayi tabung bisa menjadi solusi paling tepat ketika istrimu tetap pada pendiriannya, untuk bisa mengandung anak. Secara medis, bayi tabung merupakan pembuahan atas sel telur dalam sebuah tabung. Bukan bayi yang lahir dari sebuah tabung! Tapi, pilihan ini memiliki banyak persyaratan, secara administrasi dan kesehatan. Yang pasti, cek kesehatan dulu sebelum istrimu memutuskan untuk memiliki keturunan dengan cara ini.

Menikah lagi atau berpoligami juga kadang datang menjadi solusi. Ini bukan saran ya!

Nikah terus. :(

Nikah terus. 🙁 via caak.mn

Menikah lagi sering juga menjadi pilihan cowok untuk memecahkan masalah dalam keluarganya. ini bukanlah pilihan yang bijak. Meski dalam agama ada yang memperbolehkan memiliki istri lebih dari satu, tapi menikah lagi dengan alasan tak kunjung dikarunia anak, bisa membuat hati istrimu hancur berlipat ganda. Terlepas dari sunah agama manapun, dari hati yang paling dalam, istri mana yang nggak hancur hatinya ketika suaminya memilih untuk menikah lagi dengan alasan seperti itu? Ini berat. Kalau memang ini jalan yang kamu pilih, pikirkanlah matang-matang dan diskusikan sebaik-baiknya bersama istri dan keluarga besar kalian.

Pilihan tersulit, cerai dengan istri. Lalu, berbagai alasan bermunculan untuk mengambil keputusan berat ini

Diskusikan baik-baik.

Diskusikan baik-baik. via nbcnews.com

Advertisement

Meski nggak ini bukan pilihan—dan jarang ada cowok yang melakukan ini—tapi, bukan berarti nggak ada sama sekali cowok yang tega meninggalkan istrinya gara-gara masalah ini. Berat memang ketika sepasang suami-istri dihadapkan pada persoalan semacam ini. Pada kenyataannya, nggak sedikit cowok yang memilih untuk berhubungan dengan cewek lain tanpa sepengetahuan istrinya. Dengan kata lain, dia melakukan perselingkuhan di belakang istrinya. Alasannya beragam, dari alasan berharap bisa memiliki keturunan dengan cewek lain, hingga alasan melampiaskan kekecewaan atas dirinya dan keluarganya. Dan akhirnya, pertikaian batin pun tak terbantahkan. Bahkan, bisa-bisa sang istri minta untuk berpisah. Berat memang.

Meski telah bertahun-tahun menikah dan belum juga memiliki buah hati, bukan berarti kamu bisa mengambil keputusan yang nggak menguntungkan bagi pihak lain, apalagi istrimu sendiri. Banyak pilihan ketika kamu dihadapkan pada persoalan ini. Intinya, jangan sampai kamu mengorbankan istrimu sendiri, sebab ini bukan hanya masalahmu atau juga istrimu sendiri. Ini masalah keluarga yang harus kalian selesaikan bersama. Kelak, bijaklah menjadi suami, Boys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya