Untuk membuat penampilan lebih menarik dan gahar, kadang cowok menghias tubuhnya dengan beraneka ragam gambar dengan tato. Nggak salah emang, kalau tattoo artist yang melukis tubuhmu jago, bukan nggak mungkin penampilanmu akan menjadi lebih keren. Dan sebaliknya, kalau tukang tatonya masih magang, ya hasilnya bisa kamu bayangkan.

Nah, terlepas dari tattoo artist dan penampilan, sebaiknya kamu harus tahu dulu masalah yang bisa mengancam kesehatanmu di kemudian hari. Bukankah setiap orang butuh yang namanya proteksi diri, sebelum hal yang nggak kita inginkan bisa terjadi? Ya, seperti inilah dampak buruk tato bagi kesehatanmu, dikutip dari berbagai sumber.

Bisa tumbuh bakteri Mycrobacterium chelonae pada kulit. Menyebabkan Gatal-gatal atau bahkan bisa lebih!

Keren sih. via uapixmix.info

Ternyata jarum dan tinta tato bisa mengakibatkan infeksi kulit yang cukup serius. Menurut Helen Suh MacIntosh, pakar kesehatan lingkungan di Departement of Health Sciences Northeastern mengatakan bahwa tinta tato biasanya terbuat dari partikel-partikel yang larut dalam air seperti merkuri, kadmium, timah, dan besi yang disuntikkan pada kulit untuk mendapatkan suatu gambar tertentu. Kandungan tinta inilah yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit. Semisal infeksi mycrobacterium chelonae, yang menyebabkan ruam pada kulit. Dan sialnya lagi, ruam ini akan melebar seiring berjalannya waktu. Kamu nggak akan tahu sampai mana ‘invasi’ bakteri ini di tubuhmu.

Ternyata, pewarna pada tinta tato juga berpengaruh pada kesehatan loh. Bukan cuma jarum aja yang berbahaya!

Tintanya… via tacatattoo.com

Advertisement

Studi terbaru dari European Chemicals Agency (ECHA) mengemukakan bahwa pewarna dalam tinta tato juga dapat menyebabkan kanker. Terlepas dari kanker, zat atau senyawa dalam pewarna ini yang tertimbun dalam kulit juga menimbulkan rasa gatal berkepanjangan yang cukup menyakitkan.

ECHA mengatakan bahwa tinta warna merahlah yang dianggap paling berbahaya. Sementara tinta hijau, hitam, dan biru, memiliki kadar bahaya yang cukup signifikan. Hal ini nggak terpengaruh dari jarum ataupun alat yang digunakan oleh tattoo artist, melainkan cuma efek dari pewarna yang digunakan.

Bahkan untuk menghilangkan tato pun, kamu juga bisa terjangkit kanker. Laser pemecah tinta juga berkontribusi besar dalam kasus ini

Ingat efeknya aja~ via www.agelessarttattoos.com

The NCTR (National Center for Taxicological Research) menemukan fakta bahwa prosedur pengangkatan tato pada tubuh juga bisa merugikan si pemilik tato. Untuk menghapus tato, kamu harus menggunakan laser sebagai medianya. Dari laser ini, besar kemungkinan akan menyuplai pigmen ke kelenjar getah bening tubuh, dan membuka jalan bagi sel-sel kanker untuk masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak. Hal ini pun diamini oleh Truth About Cancer, yang menyatakan bahwa sekitar 10 persen orang yang memiliki tato menderita reaksi yang sangat merugikan bagi tubuhnya. Tinta ini berhasil menjadikan kulitnya gatal-gatal dan terjangkit infeksi yang entah sampai kapan bisa sembuh.

Di Amerika, Hepatitis C menyerang begitu pesat setelah mereka menato dirinya. Makanya, jangan bikin tato di tempat sembarangan!

Bagus sih, tapi dampaknya? via glodealer.com

Berdasarkan jurnal tahun 2012, Infeksi Penyakit Medis Klinis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, tinta tato yang buruk bisa mengakibatkan dampak yang buruk juga bagi para konsumennya. Penelitian yang udah dimulai dari tahun 1994 ini mendapatkan hasil bahwa tinta dan jarum tato berpengaruh pada kesehatan. Adalah Hepatitis C yang kerap mengganggu kesehatan bagi orang-orang yang suka melukis tubuhnya. Ini masalah yang cukup serius mengingat orang-orang kadang nggak peduli dengan tempat di mana dia menato dirinya. Carilah tattoo artist yang benar-benar bagus dan steril!

Jangankan berbagai penyakit mengerikan di atas, ternyata tato juga bisa mengakibatkan gangguan paling sepele untuk penampilan. Kutil!

Yakin mau bikin tato? via www.thetattoohut.com

Mungkin memang terkesan sepele dan remeh. Tapi, gangguan pada kulit ini ternyata nggak bisa dipandang sebelah mata! Kutil ini bisa menyerang kulitmu ketika kamu mengalami alergi dengan tinta yang mengendap di bawah kulitmu akibat tato. Makanya, jangan asal pilih tattoo artist, demi kesehatan!

Nah, itulah beberapa dampak buruk yang akan kamu alami ketika memutuskan untuk menato kulit tubuhmu. Satu hal yang perlu kamu percaya adalah, jangan pernah membiarkan tattoo artist amatir untuk melukis tubuhmu. Jangankan yang amatir, yang profesional pun kadang masih bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. So, that’s your choice, Boys!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!