Banyak cewek yang heran, kenapa ada cowok bisa tergila-gila sama olahraga yang namanya sepakbola. Saking herannya, kadang, para cewek bisa kesel sendiri sama tingkah cowok tersebut. Tapi, memang bukan salah cewek sih kalau mereka sebel. Banyak cewek yang memang belum memiliki pemahaman dalam tentang sepak bola lantaran olahraga tersebut terlalu kental dengan nuansa cowok. Selain itu, cowok juga kurang punya keinginan untuk menjelaskan hal ini kepada cewek.

Sudah saatnya cowok juga memberikan waktu lebih untuk menjelaskan ini pada para cewek. Nah, kali ini Hipwee Boys mau mewakili para cowok nih buat ngejelasin sepak bola ke cewek-cewek yang keheranan: kenapa sih cowok doyan banget sama sepak bola. Langsung simak aja yak~

1. Sepak bola merupakan olahraga paling rasional di mata cowok. Nggak kurang dan nggak lebih!

Satu gol, ya, satu angka via www.whoateallthepies.tv

Buat para cewek, cowok kita kenal sebagai makhluk yang lebih sering memakai logikanya. Maunya yang simple-simple aja tanpa banyak ribet. Hal tersebut berlaku juga pada olahraga favoritnya. Satu gol tercipta berarti punya arti satu gol untuk tim yang berhasil menceploskan bola. Itu merupakan bukti bahwa cowok bisa lebih menerima sepak bola sebagai olahraga favoritnya lantaran lebih masuk akal.

Beda hal dengan basket yang dari sebuah permainan terbuka, lalu bola masuk ke ranjang, dan poinnya bisa terhitung dua sampai tiga poin (tergantung jarak tembak). Bukan pula olahraga tenis yang pakai sistem hitung 15, 30, dan 40 untuk memenangkan satu game. Dalam sepak bola, tak sedikit pertandingan yang bisa berakhir dengan skor 0-0. Sepakbola dianggap bisa lebih menghargai poin.

Advertisement

 

2. Sepak bola adalah bahasa universal. Itu yang membuat cowok tertarik dengan olahraga tersebut

Lintas keberagaman via assets.nydailynews.com

Sebenarnya sepak bola sangat bisa pula dinikmati oleh kaum cewek. Cuma stigma yang beredar sudah terlanjur mengatakan bahwa sepak bola adalah olahraganya cowok. Dalam bukunya, seorang pakar sepakbola, Pangeran Siahaan, pernah mengatakan, sepak bola bukan hanya olahraga lintas ras, agama atau keberagaman lain, tapi juga lintas gender.

Buktinya, klub-klub sepak bola Eropa punya tim cewek juga lantaran kompetisinya memang ada dan terjaga dengan baik di sana. Di sisi lain, FIFA juga punya hajatan empat tahunan antarnegara untuk para cewek. Jadi bukan hanya sekadar cowok saja yang bisa menikmati sepak bola, tapi cewek pun bisa. Itulah kenapa para cowok doyan dengan sepak bola. Olahraga yang universal.

3. Sepak bola adalah bahan paling umum dalam proses sosialisasi. Sebuah tema obrolan penting yang patut dikuasai para kaum cowok

Langsung ramai nih kalau Indonesia main via images.performgroup.com

Pernah nggak sih waktu kamu nongkrong di warung kopi atau angkringan gitu dan melihat kalau para cowok (mau muda, mau tua) bisa saling terkoneksi karena obrolan tentang bola. Pada momen tersebut, kita bisa sadar bahwa ngerumpi nggak hanya identik sama cewek. Rumpiannya bisa lebih heboh, bahkan bisa diikuti dengan gestur-gestur yang masih mereka ingat tentang hal unik apa yang terjadi pada pertandingan malam hari sebelumnya.

Cuma karena pengetahuan sepak bola, cowok bisa dengan mudah dalam “kumpulan” cowok lainnya. Entah itu analisisnya, sejarahnya, bahkan sampai hal remeh-temeh, bisa bikin seorang cowok terlihat seperti sahabat di mata cowok lainnya.

4. Karena sepak bola bukan sekadar olahraga permainan. Lebih dari itu sepak bola adalah pemersatu banyak perbedaan

Hipwee Boys mau tanya deh, kamu pernah nggak nonton film Cahaya Dari Timur, baca novel Jalan Lain ke Tulehu karya Zen RS atau artikel tentang Christmast Truce – kumpulan serdadu Inggris dan Jerman meletakan senjata sejenak untuk main bola bersama? Itu merupakan beberapa cerita yang membuat sepak bola bukan sekadar olahraga permainan.

Sepak bola bisa menyatukan perbedaan. Memang benar kalau olahraga yang satu ini nggak selalu membawa perdamaian, tapi jika dipahami dengan baik, keseruannya bisa membuat orang lupa dengan latar belakang mereka. Itulah alasan lain kenapa sepak bola disebut bahasa universal.

Alasan apalagi sih yang membuat cowok tergila-gila dengan sepak bola? Yuk langsung dibuka aja halaman berikutnya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya