Menjadi seorang laki – laki itu memang lebih banyak tanggungannya. Selain menjadi calon suami, kamu nantinya juga akan menjadi seorang ayah. Untuk menjadi calon suami atau calon ayah yang berkualitas, kamu perlu mengejar masa depan yang cerah. Masa depan yang cerah itu sebenernya bisa dipupuk sedini mungkin asal kamu rajin melatih skill – skill yang berguna dalam hidup ini. Sebagai laki – laki, ada beberapa skill atau kemampuan yang wajib kamu miliki agar masa depanmu cerah. Mau tau apa aja skill tersebut? Ini nih 5 skill yang harus kamu asah lagi demi masa depan yang cerah.

1. Pintar – pintarlah mengatur keuangan, agar kamu semakin mapan secara finansial.

money management via www.thinglink.com

Mengatur uang adalah salah satu kemampuan yang paling penting dalam hidup. Memang sih, kemampuan ini nggak cuma sebatas untuk pria, tapi sebagai calon kepala keluarga, tau menahu mengenai pengaturan uang itu perlu. Salah satu bagian dari skill pengaturan uang yang harus kamu tahu adalah cara melacak pemasukan dan pengeluaran kamu. Kamu harus tau berapa uang yang bisa kamu buat hura – hura dan harus masuk ke tabungan.

2. Masa muda jangan cuma foya-foya. Investasi sedini mungkin biar aman di masa tua!

Selain itu, kamu juga perlu mengasah kemampuanmu dalam berinvestasi karena kamu nggak cuma hidup dimasa ini. Kamu juga perlu memikirkan tentang keamanan finansialmu dimasa depan. Punya tabungan dibank saja tidak akan cukup karena bunganya yang cenderung kecil. Investasi dapat mempersiapkan kamu dari situasi – situasi yang tidak terduga yang mungkin akan membutuhkan banyak uang kamu. Salah satu investasi yang bisa kamu coba sebagai anak muda adalah investasi reksa dana. Selain jangka waktunya yang pendek, reksa dana juga tidak membutuhkan modal yang banyak.

3. Pengaturan waktu dan prioritas itu perlu, karena mustahil bisa memutar ulang kembali waktumu.

time management via www.wisegeek.org

Advertisement

Salah satu pelajaran yang bisa kamu ambil dari orang – orang sukses seperti Mark Zuckerberg atau Bill Gates adalah pintarnya mereka dalam mennggunakan waktu yang mereka punya seefektif mungkin. Memiliki schedule atau jadwal yang jelas dapat membantu kamu dalam memprioritaskan apa yang penting, dan apa yang kurang penting. Memang menggunakan waktu sebanyak mungkin untuk menjadi produktif itu penting, tapi perlu diingat bahwa kamu juga perlu menjadwal waktu untuk istirahat karena hal tersebut juga berperan penting dalam kesuksesan kamu.

4. Relaksasi itu penting, terutama ditengah – tengah kesibukan supaya hidup kamu lebih berimbang.

meditasi via www.howtobeast.com

Kenapa cowok perlu kemampuan khusus untuk menangani stres? Karena menurut penelitian, stres cenderung lebih mudah menyerang pria daripada wanita. Hal tersebut dikarenakan hormon yang dikeluarkan tubuh pria disaat untuk menangani stres jauh lebih sedikit dibandingkan dengan wanita. Oleh karena itu biar kamu nggak cepet gila, kamu perlu tahu cara yang efektif untuk menangani stres. Tentunya tiap orang memiliki caranya masing – masing untuk menghilangkan stres. Salah satu cara yang paling direkomendasikan untuk pria agar tidak cepat stress adalah dengan memiliki sebuah hobi, berolahraga, atau meditasi.

5. Kuasai kemampuan bahasa asing seperti Bahasa Inggris biar kualitasmu sebagai cowok semakin tinggi.

bahasa asing via www.huffingtonpost.com

Kompetisi kerja maupun perkuliahan di zaman sekarang sangatlah ketat, apalagi dengan era teknologi yang menghapuskan batasan – batasan negara. Kalau kamu nggak mau masa depanmu dikacaukan oleh keahlian komunikasi kamu yang kurang, kamu perlu mengasah kemampuan bahasa asing kamu. Minimal, kamu harus bisa berbahasa inggris karena bahasa yang satu ini sering digunakan di banyak aspek kehidupan. Tentunya akan lebih baik lagi kalau kamu punya kemampuan bahasa asing lain selain Inggris. Coba cek deh tips belajar bahasa asing dari Hipwee yang satu ini.

6. Kemampuan dalam pengambilan keputusan itu penting, karena bagaimana pun pria adalah calon pemimpin!

Salah satu skill yang diperlukan oleh seorang pemimpin adalah keahlian dalam pengambilan keputusan. Terutama untuk laki – laki, kemampuan ini memiliki peran besar di masa depan. Salah satu alasan mengapa banyak pria yang tidak memiliki keahlian dalam pengambilan keputusan adalah ketakutan akan resiko. Kunci agar skill pengambilan keputusan kamu berkualitas adalah mengetahui bahwa setiap kesalahan yang mungkin diakibatkan oleh pengambilan keputusan selalu dapat diperbaiki.

Nah, buat kamu cowok – cowok yang selalu ingin mengembangkan potensi diri kamu, sudahkah kamu mengasah skill – skill diatas? Kalau belum, mending kamu asah dari sekarang agar kamu nggak menyesal di masa depan. Asal kamu punya enam kemampuan diatas, maka kamu nggak perlu khawatir tentang masa depan kamu.