Ada tiga alasan kenapa kita mencintai seseorang. Pertama karena nafsu, entah itu nafsu pada kecantikannya, kekayaannya, kepintarannya, kesabarannya, atau apapun yang ada padanya. Kedua, cinta karena ada keinginan untuk hidup bersama, kamu merasa nyaman saat bersamanyya dan kamu percaya akan bisa membangun kehidupan yang baik jika berdua. Ketiga, cinta tanpa alasan yang sering orang anggap sebagai cinta sejati.

Kamu bisa menemukan satu, dua, atau tiga alasan sekaligus dalam diri satu orang. Bisa juga dua alasan pada satu orang atau masing-masing alasan untuk tiga orang yang berbeda.

Tiga alasan ini harus kamu pertimbangkan ketika memutuskan akan memulai hidup bersama seseorang alias menikah. Meski seluruh dunia memuja alasan ketiga karena dianggap cinta yang paling tulus, alasan kedua tetap harus jadi alasan terbesarmu jika tujuannya memang untuk menikah alasan pertama coret!. Lalu bagaimana membedakannya?

1. Dia yang harus diajak hidup bersama adalah dia yang menurutmu bisa jadi “tempat pulang” yang nyaman tiap harinya

Kau yang selalu menjadi tempat pulang via coppamagz.com

Hal yang paling dirindukan banyak orang setiap harinya adalah “pulang”. Kelelahan dan kebosanan pada dunia seolah akan hilang ketika kita pulang. Jika kamu sudah menemukan seseorang yang selalu bisa menjadi tempat kembali yang nyaman maka ia memang pantas diajak hidup bersama di masa depan.

Advertisement

“Kau yang selalu membuatku merasa pulang, maukah kuajak sama-sama berjuang?”

2. Jika kamu mencintainya tanpa alasan, mungkin kamu merasa bahwa itu cinta sejati dan dialah orang yang tepat. Padahal bukan!

Kamulah orangnya via indowarta.com

Tertarik pada lebih dari satu cewek itu wajar, karena hal-hal semacam itu memang sulit dikendalikan. Tidak ada yang menyangkal bahwa cinta sering tidak bisa dijelaskan. Tapi karena hal itu tidak bisa dijelaskan, tahu darimana kita tahu bahwa itu cinta? Bagaimana kalau itu hanya sebatas obsesi belaka?

Menikah tentu bukan keputusan yang mudah, selalu ada komitmen yang kuat serta kesiapan mental dan fisik. Kalau hanya berdasar rasa “klik” saja, apakah nanti semua masalah bisa diselesaikan dengan itu?

“Terkadang cinta harus dibiarkan hanya menjadi rasa.”

3. Cintamu harus disimpan jika dia hanya membuatmu nyaman saat kesepian tanpa memacumu meningkatkan kesiapan

Dia harusnya membuatmu makin siap via filmblog.damaris.org

Saat kamu kesepian dia selalu bisa membuat harimu menjadi lebih indah? Belum tentu dia orang yang tepat untukmu. Kesepian adalah rasa yang paling mudah diobati dengan perhatian. Tapi kesiapan hanya bisa dipicu oleh sebuah komitmen dan rasa tanggung jawab yang besar. Cewek yang harus diajak hidup bersama harusnya adalah mereka yang menunggumu datang dengan segala kesiapan, bukan sekedar rasa kesepian.

4. Pasangan yang hidup bersama bukanlah mereka yang saling bersandar, tapi yang saling berbagi dengan wajar

Bukan hanya saling bersandar via ceritakorea.com

Cinta bukanlah sekedar emosi, cinta juga bukan kata benda, cinta adalah kata kerja yang berarti memberi. Jika sudah menemukan seseorang yang membuatmu merasa ingin saling memberi, bahkan menempatkan kebutuhannya di atas kebutuhanmu sendiri maka kamu sudah menemukan orang yang tepat untuk diajak hidup bersama.

5. Tak sekedar memberikan perhatian, pasangan masa depan juga selalu tahu bagaimana menjaga keharmonisan

Dia tahu cara menjaga keharmonisan via nikitabanerjee.com

Sebuah hubungan dijalin bukan hanya dengan saling memberi perhatian karena tak ada hubungan yang bisa berjalan mulus tanpa pertengkaran. Mereka yang sudah siap hidup bersama adalah yang tahu bagaimana menempatkan diri agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kebosanan. Saat terjadi perselisihan, dia yang sudah dewasa akan paham betul bagaimana mengendalikan emosi.

6. Bukan dia yang selalu rela berkorban, pasangan terbaik adalah dia yang punya ketangguhan berjuang dan bertahan

Dia selalu bertahan via jauhari-.net

Cinta bukan tentang pengorbanan, cinta adalah tentang bagaimana dua orang saling menghargai. Kalian sesekali saling menurunkan ego demi tercapainya jalan tengah, lebih banyak mendengarkan dibandingkan memojokkan, tapi tak pernah menyerah pada keadaan. Selalu ada alasan untuk terus berjuang dan bertahan.

7. Melihat dia secara fisik tidak membuat kamu bangkit nafsunya tapi justru dengan bijak ingin menghormatinya

Meski begini kamu tetap ingin menghormatinya via soompi.com

Cewek ini menarik, tapi tak pernah terlintas di pikiranmu untuk berbuat kurang pantas padanya. Bagimu mencintainya sama artinya dengan menghormatinya, jikapun nafsu itu ada kamu dengan mudah bisa mengendalikannya. Ini adalah tanda-tanda pasti kalau kamu harus mengajaknya untuk segera hidup bersama.

8. Dia tak pernah menuntutmu di luar kemampuan dan selalu mendorongmu meraih impian? Ini wanita idaman!

Dia mendorongmu meraih impian via killerkalyn.com

Baginya hidup susah sementara bersamamu bukanlah sebuah masalah, dia tidak akan menuntut lebih di luar kemampuanmu. Sebaliknya dia justru mendorongmu untuk terus berusaha mencapai impian, dia mendengarkan setiap keluh dan kesah, dia membantu apa yang dia bisa dan yang pasti selalu mendoakanmu tanpa harus menunjukkannya.

Dia yang kini kamu cinta, cukup disimpan di hati atau harus diajak hidup bersama esok hari?

Successfull marriage don’t start with love, they END with it.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!