Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Ada yang harus dengan mendengarkan musik, ada pula yang harus dalam keadaan tenang untuk memfokuskan pikirannya. Apalagi kalau pekerjaan itu harus berurusan dengan tenggat waktu. Mau nggak mau, dia harus benar-benar konsentrasi.

Beberapa pekerjaan membutuhkan kerjasama tim, tapi ada juga beberapa juga yang butuh kesendirian. Tapi sayangnya, pekerjaan yang membutuhkan kesendirian ini kadang bisa berakibat buruk bagi cowok. Kali ini Hipwee Boys akan mengulas mengenai bahayanya pekerjaan yang menuntut kesendirian. Yuk, langsung disimak!

Sebelum membahas lebih jauh, Ada beberapa pekerjaan yang memang hanya bisa dilakukan seorang diri. Sedih….

Nggak bisa diganggu.

Nggak bisa diganggu. via www.sajhamanch.com

Advertisement

Ada banyak pekerjaan yang membutuhkan kesendirian untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti pelukis, penulis, atau apapun yang benar-benar menuntut seseorang untuk menghilangkan kebisingan yang bisa membuatnya susah berkonsentrasi. Lalu pekerjaan seperti akuntan, yang selalu berkutat dengan angka, juga nggak bisa dikerjakan secara tim. Programmer, editor video, pun demikian. Ada kalanya mereka harus mengasingkan diri dari hiruk pikuk. Meski sesekali mereka harus berdiskusi dengan orang lain untuk mendapatkan inspirasi.

Kalau kamu keseringan mengasingkan diri dengan sepi, nggak menutup kemungkinan kamu akan bersikap antipati terhadap lingkunganmu

Terbiasa kerja sendiri.

Terbiasa kerja sendiri. via d.fastcompany.net

Seperti simalakama, suasana sepi yang kamu dambakan untuk bekerja dengan nyaman ini nggak cuma memberimu rasa tenang, tapi juga bisa menjadi malapetaka buat dirimu. Tanpa perlu adanya penelitian lebih lanjut, mitos kesepian yang kamu alami hampir setiap hari ini bisa menjauhkanmu dari jodoh. Mungkin benar, kamu bisa bekerja lebih baik jika dalam keadaan tenang. Bagaimana tidak, ketika kamu lebih sering menghabiskan waktu untuk menyendiri, itu berarti kamu menutup segala aktivitas sosial, seperti interaksi dengan orang lain, yang berakibat pada penyempitan jaringan sosial. Termasuk untuk mengenal cinta yang bisa aja datang kapanpun.

Hal paling buruk yang bisa kamu terima adalah masalah kesehatanmu. Kesepian bisa membuat seseorang mengidap berbagai penyakit

Obesitas!

Obesitas! via www.thesun.co.uk

Penelitian dari University of North Carolina menemukan adanya hubungan antara kesepian dengan kesehatan. Nggak peduli dengan usia, ketika kamu lebih sering menghabiskan waktu untuk menyendiri, kamu bisa mengalami berbagai penyakit. Seperti pada orang berusia lanjut, dia bisa mengidap hipertensi lebih besar daripada yang nggak pernah kesepian. Sementara buat anak muda seperti kamu, akan lebih bahaya. Obesitas abdominal, lingkar pinggang yang melebar, hingga ketika usiamu nggak lagi muda, kanker akan menggerogoti tubuhmu. Sebab terlalu lama menyendiri atau menyepi, apalagi berhadapan dengan pekerjaan, bisa membuatmu kurang bergerak.

Lebih parah lagi, hal ini bisa berujung pada kematian dini. Nggak perlu kerja sekeras itu deh!

Mati muda!

Mati muda! via www.pillowfights.gr

Advertisement

Dokter Yang Claire dari University North Carolina juga mengatakan bahwa orang yang nggak pernah menghabiskan waktunya untuk menyendiri, memiliki harapan hidup yang lebih lama daripada yang kesepian. Selain berbagai penyakit yang bisa mereka alami, kematian dini juga turut mengintai nyawa loh. Sebab, tubuhmu akan mengalami penurunan daya tahan tubuh (imun), kalau kurang bersosialisasi dengan orang-orang. Hal ini mengakibatkan kurangnya hormon endorfin dan dopamin yang diproduksi tubuh.

Nah, begitulah adanya. Pada dasarnya, pekerjaan apapun, bagaimana kamu melakukannya, dan sebanyak apapun waktu yang kamu gunakan, cobalah untuk mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat. Entah kamu seorang pelukis, penulis, programmer, editor video, dan pekerjaan lain yang membutuhkan kesendirian, jangan pernah benar-benar menghabiskan waktu sendiri, ya! Bahaya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya