Setiap orang mempunyai caranya masing-masing dalam rangka recovery dari rasa sakit hati yang pernah menghampiri di masa lalu. Tak terkecuali cowok. Kamu mungkin bakal bilang, “Cowok kok cengeng? Cowok apa cewek itu?”. Satu hal yang perlu diketahui: Raganya memang tampak kuat, tapi ingatlah, cowok juga punya sisi lain yang kerap dilupakan lawan jenisnya, yaitu perasaan.

Salah satunya cara mengobati diri cowok dari sakit hati yang didapat pada masa lalunya (red: mantan) adalah mem-black list mantannya di media sosial, entah block, unfollow ataupun unfriend. Kebanyakan cowok, yang memendam rasa sakit hati, akan lebih memilih melakukan hal tersebut. Lho kenapa? Untuk mengetahuinya, Hipwee sempat bertanya kepada beberapa pembaca cowok yang melakukan hal tersebut. Dan inilah alasan-alasan cowok meng-unfollow akun mantannya di berbagai media sosial pasca putus.

1. Cowok berpikir tak ada toleransi atas kesalahan yang dilakukan mantannya. Marahnya benar-benar memuncak gara-gara ini.

Diselingkuhin via i.guim.co.uk

“Aku belum lama ini putus. Gara-garanya, aku nemuin dia lagi sama mantannya jalan berdua tanpa bilang. Sakit hati pasti ‘kan? Akhirnya semua akun media sosialnya aku block. Nggak ada kelonggaran soal selingkuh,”

– Rio, 21 tahun

Cowok takkan segan-segan untuk menghapus mantannya dari kehidupannya ketika mereka berpikir tak ada lagi kata maaf atas kesalahan sang mantan. Hatinya dicabik-cabik karena ketidakloyalan dan pengkhianatan yang dilakukan mantannya. Kalau ditanya kesalahan apakah itu? Jawabannya adalah selingkuh. Tak ada toleransi untuk selingkuh.

Advertisement

Dan cara paling kongkrit untuk mengahapus mantannya dari kehidupannya, cowok akan memulainya dari menghapus status pertemanannya di dunia virtual. Mungkin sebagian dari kamu akan mengatakan kalau cowok tersebut tak dewasa. Tapi, cowok pasti punya alasan kuat dengan menggunakan logikanya.

2. Membiarkan mantannya lalu lalang di linimasa cuma bakal bikin cowok susah move on.

Jadi keinget deh via i.guim.co.uk

“Alasannya, ya, pengen bener-bener pengen move on.”

– Taufik, 24 tahun

Ketika mantanmu update dan muncul di linimasa, maka ketenangan dari jiwamu akan terusik. Setuju atau tidak, kenangan tentang mantanmu akan muncul di pikiran. Apalagi kalau kamu terdiam sejenak sambil menutup mata. Walaupun hanya sekedar bayang-bayang, tapi melihat wajahnya muncul hanya akan jadi siksa pada benakmu. Kamu bisa dibawa ke masa lalu. Mengungkit luka, dan kemudian kamu pun menyakiti diri sendiri.

3. Kemungkinan akan timbul ekspektasi tinggi. Itu malah bikin cowok bisa galau juga.

Nggak sengaja double tap via blog.locbox.com

“Duhhhh, gimana ya? Takut menaruh harapan tinggi yang malah bikin sakit hati.”

– Fandi, 22 tahun

Kamu mungkin akan berharap dia sesekali memposting yang ada kaitannya tentang kamu. Kamu berharap dia galau karenamu. Tapi nyatanya, ketika kamu tak menemukan apa pun tentang kamu di profilnya, malah kamu yang galau. Akhirnya apa yang kamu saksikan, ternyata tak sesuai dengan harapan.

Ketika kamu tak berteman atau mem-block akun berbagai media sosial mantanmu, maka yang akan terjadi adalah: potensi kepomu semakin kecil. Ketika kamu mau kepo kegiatan mantanmu di Path, kamu nggak bakal bisa karena akun mantanmu itu sudah kamu unfriend. Kamu mungkin penasaran, tapi terselamatkan dengan status tak bertemanmu di Path. Kepomu hanya bisa bikin sakit hati, apalagi kalau mantanmu sudah punya pasangan baru. Beuhhh, nyelekit.

4. Menjaga ‘harga diri’ dari insiden-insiden yang tak diinginkan di media sosial.

Ehhh malah balik galau. via c2.staticflickr.com

“Aduh itu juga. Bakal ditaruh dimana muka kita kalau ketauan stalking. Bahaya.”

– Yulian, 21 tahun

Ketika kamu mem-blok akun media sosial mantanmu, kemungkinan kamu untuk stalking pun semakin kecil. Gengsilah kalau kamu ketauan stalking dia. Bakal kegeeran sendiri nanti dia. Tuman! Bayangkan ketika kamu lagi stalking di Instagram, ehh tiba-tiba kamu dengan tak sengaja ‘tap’ dua kali postingannya. Notifikasi tentang hal tersebut otomatis akan masuk ke handphone.

5. Cowok juga bisa risih kalau dikejar-kejar mantannya.

Ilfeel… via blog.tokopedia.com

“Aku mah bukan sombong, tapi kalau nggak aku block tuh suka risih. Dia suka ngejar-ngejar.”

– Idham, 23 tahum

Inilah salah satu alasan lain kenapa cowok nge-block atau unfollow akun mantannya. Dia merasa terganggu dengan teror-teror yang diungkapkan mantannya di media sosial. Demi mendapatkan ketenangan, tanpa merasa dibayang-bayangi, bahkan dikejar-kejar, cowok akan dengan egois memilih untuk menghapus mantannya dari lingkaran pertemanan tak hanya di dunia nyata, tapi juga dunia maya.

6. Sedang dalam proses memantaskan diri dengan keadaan saat ini.

Memantaskan diri yah.. via huffingtonpost.com

“Sebenernya cowok juga cengeng lho. Cuma nggak ada yang tau aja. Dan salah satu cara beradaptasi dengan keadaan saat ini, ya, hapus medsosnya dia.”

– Syarizal, 23 tahun

Sebrengsek apa pun cowok, kalau dia benar-benar menyanyangi kekasihnya, dia bakal merasa kehilangan ketika kekasihnya berubah status menjadi mantannya. Cewek biasanya akan menghabiskan diri dengan sedihnya di awal masa pasca putus. Sedangkan cowok itu biasanya malu untuk mengungkapkan kesedihannya, tapi sebenarnya dia memiliki rasa sedih dalam hatinya. Dan salah satu cara untuk mengobati diri adalah menghapus matannya dari semua media sosialnya. Itu merupakan salah satu cara paling mudah untuk cowok dalam rangka beradaptasi dengan keadaan saat ini.

7.  Terakhir, cowok ‘diinstruksikan’ untuk melakukan hal tersebut lantaran pacara barunya.

Disuruh yang baru. via media.deseretdigital.com

“Kalo gue sih disuruh sama cewek gue yang baru. Takut balikan katanya. Hahaha.”

– Jaka, 22 tahun

Ketika cowok melihat tak ada masa depan dengan ceweknya, mungkin dia bakal mencari ‘Plan B’. Ibarat mobil, cowok butuh ban serep untuk menggantikan ban yang sedang terpakai kala mengalami kebocoran di tengah perjalanan. Nggak semua cowok begitu memang. Kemudian kisah cinta utamanya berakhir, dan namun kemudian dia lanjut dengan ‘ban serep’ yang menurut cowok punya masa depan lebih baik.

Biasanya, ketika cowok melakukan hal tersebut, akan ada perasaan menyesal di kemudian hari. Dan, ketika si ban serep merasakan ada benih-benih balikan, bukan tidak mungkin dia menginginkan cowoknya benar-benar move on dari mantannya. Nah, caranya yaitu dengan menghapus pertemenan di semua media sosialnya. Kemungkinan komunikasi yang terjadi pun hilang. Apalagi potensi hubungan yang sebatas silaturahmi.

Itulah kajian diskusi Hipwee dengan beberapa cowok yang punya pengalaman tersebut dan dipilih secara random. Kamu punya alasan lain kenapa kamu memutuskan silaturahmi dengan mantan di media sosial? Jangan ragu buat mengisinya di kolom komentar yah~