Percaya nggak percaya, cewek sebenarnya bisa dibilang sangat jelas dalam urusan ngode dengan bahasa tubuh, lho. Dari gerak-geriknya, dari sikapnya, sebenarnya enggak susah buat memahami apa yang sebenarnya seorang cewek katakan kepadamu, biarpun tanpa lewat kata-kata.

Tapi, kuncinya sih satu ya: Kamu paham apa artinya.

Advertisement

Nah, ini nih yang sering bikin komunikasi di antara cowok dan cewek sering enggak lancar. Ketika si dia ngerasa kalau dia udah jelas banget mengungkapkan isi pikiran dan perasaannya, kamu masih aja gagal paham. Habisnya, cowok lebih seringnya cuman fokus pada apa yang seorang cewek katakan, tapi enggak sadar dengan apa yang seorang cewek tunjukkan.

Biar enggak gagal paham lagi, berikut ini beberapa arti dari bahasa tubuh dasar seorang cewek yang bisa kamu baca dan pahami, meskipun mulutnya terkunci rapat.

Dia sering bikin kontak mata dan deket-deket pas ngobrol santai. Terus, dia kok ketawa pas kamu nge-joke super garing, sih? Tandanya apa ya?

Ciye yang disenyumin mulu

Ciye yang disenyumin mulu via image.mp3.zdn.vn

Beruntunglah wahai kalian para cowok jika seorang cewek menunjukkan bahasa tubuh seperti ini. Soalnya, ini menunjukkan kalau dia memiliki ketertarikan sama kamu. Cewek yang pengen menarik perhatian cowok yang dia suka biasanya akan mencondongkan tubuhnya kea rah cowok tersebut (alias kamu), dan sering membuat kontak mata. Cewek juga biasanya akan lebih sering senyum dan ketawa, meskipun cowok yang dia taksir punya joke yang super jayus.

Diajak ngomong malah buang muka, sih? Terus, mukanya kok cemberut gitu, padahal sudah dipuji?

Daun yang berterbangan keliatan lebih menarik gitu buat dia...

Daun yang berterbangan keliatan lebih menarik gitu buat dia… via static3.therichestimages.com

Advertisement

Nah, kalau cewek yang kamu taksir menunjukkan gejala-gejala muka masam plus pelit senyum kayak lagi sakit gigi dan tiba-tiba lebih tertarik memandangi cicak di dinding daripada kamu, padahal kamu lagi ngajak dia ngobrol, maka waspadalah wahai kamu. Kebalikan dari makna bahasa tubuh yang sebelumnya, yang ini menunjukkan kalau si dia enggak tertarik sama kamu. Sinyal lainnya adalah jika dia memilih menjaga jarak darimu, bahkan meskipun kursi yang kalian duduki berseberangan. Menyilangkan tangan di depan juga pertanda kalau dia enggak berminat sama kamu.

Kalau dia kayak enggak jelas, gimana? Kadang murah senyum, kadang pelit banget. Itu apa tandanya?

Keliatannya bete, tapi kok ya nempel terus...

Keliatannya bete, tapi kok ya nempel terus… via thehautemess.com

Sama halnya dengan gerak-gerik yang kamu baca, perasaan gebetanmu soal kamu juga sama-sama ngebingungin buat dia. Kalau dia menunjukkan bahasa tubuh yang campur aduk dari pertanda kalau dia tertarik dan enggak tertarik, artinya si dia sedang ragu dengan perasaannya sendiri. Misalnya, nih, barusan aja dia memandangi kamu waktu kamu ajak ngobrol, plus pakai senyum maniiiiiis banget. Eh, sedetik kemudian, dia buang muka gitu aja. Bingung ya? Kasian…

Setelah pacaran, kok si pacar kayaknya makin enggak jelas ya? Katanya nggak apa-apa pas ditanya, tapi kok mukanya cemberut parah?

"Kamu kenapa?" "Nggak papa. Menurut eloh?"

“Kamu kenapa?” “Nggak papa. Menurut eloh?” via floridasinglesrelationshipexperts.com

Kebiasaan kebanyakan cewek, nih: Kalau kesel atau marah, bilangnya enggak kenapa-kenapa. Tapi, kalau kamu paham bahasa tubuhnya, kamu bakalan tahu banget kalau enggak kenapa-kenapa tadi sebuah dusta besar.

Cewek kalau marah bener-bener marah alias serius marahnya, cenderung enggak teriak keras-keras. Kebalikannya, si cewek malah akan bersikap super dingin. Saking dinginnya, ngalahin kulkas pokoknya. Bahasa tubuh seperti ini kemungkinan besar baru muncul ketika kalian sudah pacaran, dan jarang banget nongol waktu kamu masih PDKT sama dia.

Pertanda lain kalau dia lagi marah adalah matanya yang memicing atau menyipit, mulut yang tertutup rapat, dan kadang dibarengi dengan kepala yang agak memiring dan telapak tangan yang tertutup rapat seolah dia mau meninju orang. Menyilangkan tangan di depan juga salah satu tanda kalau dia lagi marah. Dan kalau tangannya udah sampai di pinggang, artinya dia super marah pakai banget.

Salah satu alasan lain kenapa cowok masih aja gagal paham meskipun dia udah berusaha memahami isi hati dan pikiran seorang cewek dari bahasa tubuhnya adalah karena cewek sering banget menunjukkan sinyal yang maknanya bisa bercampur. Misalnya nih, gebetanmu sering banget menanggapi omonganmu dengan nada sarkas, tapi dia menunjukkan bahasa tubuh kalau dia tertarik sama kamu. Karena cewek seringnya jauh lebih jujur dalam urusan bahasa tubuh, kamu jauh lebih bisa mengandalkan itu dibandingkan apa yang keluar dari mulutnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya