5 Skill Dasar Otomotif yang Harus Diketahui oleh para Cowok. Mulai dari Ganti Ban hingga Periksa Busi

Skill dasar otomotif

Sebagai seorang cowok, ada baiknya kamu memiliki sedikit pengetahuan dasar yang berkaitan dengan otomotif atau kendaraan yang kamu gunakan. Meskipun terdengar sepele, dengan memiliki skill dasar otomotif, setidaknya kamu bisa mengatasi sebuah kerusakan ringan pada kendaraan kamu sambal menunggu pertolongan, atau paling nggak kamu bisa bikin kendaraan kamu jalan sampai bengkel terdekat!

Belum lagi skill ini sebenarnya juga bisa dipakai sebagai cara untuk PDKT kepada cewek-cewek yang suka otomotif, atau kalau kamu mau mulia sedikit, kamu bisa membantu pengendara lain yang mogok di jalan. Kamu nggak harus bisa bongkar pasang mesin kok, cukup kuasai 7 hal yang ada di daftar ini, siapa tahu bisa menolong kamu satu hari nanti!

1. Tahu lokasi busi dan sebaiknya mengetahui cara memeriksa kondisi busi kendaraan

Ini lho yang namanya busi/spark plug, yang sebelah kiri itu kondisinya masih bagus, sedangkan yang kanan sudah usang | Credit: Aidan Wojtas via commons.wikimedia.org

Anak Vespa klasik biasanya paling paham nih masalah per-busi-an! Busi atau spark plug adalah salah satu komponen yang membuat mesin kamu bisa nyala, percikan api di busi akan menyulut bensin di dalam mesin sehingga membuat mobil/motor kamu bisa hidup mesinnya. Busi ini adalah salah satu tersangka utama yang perlu kamu curigai kalau motor atau mobil kamu nggak mau nyala.

Untuk kamu cowok-cowok yang bawa mobil modern sepertinya kamu nggak akan ketemu sama permasalahan dengan busi. Tapi buat kamu yang bawa kendaraan klasik atau motor, pastikan kamu tahu letak busi ada di sebelah mana. Jika mesin mati, cobalah copot busi, kemudian pasangkan kabelnya dan tempelkan busi tersebut pada permukaan besi sambil kamu starter motor/mobil kamu, kalau terlihat percikan api berarti busi kamu aman, tapi kalau nggak ada, itulah tanda-tanda kamu harus ganti busi.

2. Mungkin sepele, tapi setidaknya sebagai cowok kamu harus bisa mengganti ban mobil atau motor kamu sendiri

Bisa mengganti ban adalah salah satu skill yang perlu kamu miliki jika kamu punya mobil | Credit: Benjamin Brunner via unsplash.com

Mengganti ban apalagi ban mobil, membutuhkan keahlian dan pengetahuan tersendiri lo! Mendongkrak mobil nggak bisa dilakukan secara asal, biasanya tiap mobil punya spot-spot khusus untuk meletakkan dongkrak di bagian bawah untuk mengangkat mobil, cobalah cari spot-spot yang biasanya ditandai dengan bentuk yang melengkung seperti mangkuk ini.

Selain itu perhatikan juga kunci ban yang ada di mobil kamu, apakah ukurannya cocok dengan baut yang ada di ban dan ban cadangan kamu? Baiknya sih mempersiapkan kunci ban dengan ukuran lebih dari satu untuk berjaga-jaga. Ilmu ini adalah salah satu ilmu otomotif dasar yang sebaiknya diketahui oleh para cowok, walaupun kamu nggak bawa mobil sekalipun! Setidaknya kamu bisa bantuin cewek yang kesusahan di jalan karena bannya pecah.

3. Selain bisa ganti ban, ada baiknya kamu tahu letak ban cadangan

Nah kalau model yang dibelakang gini, paling gampang nih copotin dan masang ban cadangannya | Credit: Markus Spiske via unsplash.com

Nah, ini adalah kelanjutan dari poin sebelumnya. Ada baiknya kalau kamu punya mobil, kamu tahu di mana letak ban cadangan yang ada di mobilmu. Dengan begitu, jika banmu pecah, kamu masih bisa mengganti ban yang bermasalah dengan ban cadangan dan membawa mobilmu ke tempat aman, minimal kalau kamu pecah ban di jalan tol, kamu masih bisa pulang dulu deh.

Pada mobil sedan, ban cadangan biasanya terletak di bagian bagasi, tersembunyi di bawah karpet bagasi. Untuk mobil MPV, SUV, atau city car modern, ban cadangan biasanya ada di bawah bangku barisan belakang. Beberapa mobil juga menempatkan ban cadangannya di bagian bawah, tapi metode ini sudah mulai jarang ditemukan pada mobil modern karena repot dalam memasang dan mencopot ban cadangannya.

4. Selanjutnya, ada baiknya kamu bisa memeriksa kondisi aki dan tahu bagaimana cara mengecek kondisi aki

Bagian yang dilingkari merah adalah indikator untuk memeriksa kondisi aki | Credit: Catherine via www.flickr.com

Selain busi, salah satu penyebab mobil atau motor nggak mau hidup adalah aki atau baterai mobil yang sudah lemah. Baterai ini dipakai sebagai sarana untuk menyalakan starter mesin mobil atau motor. Jadi kalau mobil atau motor kamu mati dengan keadaan kunci kontak terputar tetapi tidak ada suara mesin berbunyi, bisa dipastikan penyebabnya adalah aki yang habis.

Selain itu cara sederhana untuk memeriksa aki yang habis adalah dengan memerhatikan dashboard yang ada di mobil. Biasanya dashboard digital pada sebuah motor atau mobil nggak akan menyala jika aki mobil/motor habis karena nggak ada sumber tenaga. Jadi pastikan cek kondisi aki mobil atau motor kamu secara berkala. Caranya mudah kok! Biasanya pada setiap aki mobil/motor ada lubang indikator yang bisa kamu intip beserta diagram keterangannya untuk mengetahui kondisi aki yang kamu miliki!

5. Mobil atau motor itu kaya pacar, coba pahami kode-kode, bunyi-bunyi, dan getaran gaib yang menunjukkan kondisinya, apakah dia butuh perhatian dan harus ke bengkel atau nggak

salah satu tanda mobil atau motor bermasalah adalah keluarnya asap pekat yang berbau menyengat dari knalpot | Credit: Ruben de Rijcke via commons.wikimedia.org

Yang terakhir, kamu harus paham bunyi-bunyian aneh yang dikeluarkan oleh tunggangan kamu. Kalau kamu merasa ada bunyi yang nggak seharusnya sebaiknya cepat periksakan kendaraan kamu ke bengkel. Buntu-bunyi ini bisa beraneka macam, mulai dari benturan besi yang berulang, decitan seperti tikus, hingga plastik yang bergesekan satu sama lain.

Selain itu perhatikan juga tanda-tanda lain seperti getaran saat mengemudikan sebuahĀ  mobil atau knalpot yang mengeluarkan asap berlebih dan berbau menyengat. Hal-hal tersebut bisa menandakan bahwa mobil kamu sedang mengalami masalah dan butuh kunjungan ke bengkel secepatnya biar kerusakannya nggak semakin parah dan merembet ke komponen lain.

Semoga tips dan pengetahuan di atas bisa berguna buat kamu, ya. Selalu cek kendaraan kamu secara berkala dan periksalah kelengkapan serta kesiapan kendaraan kamu jika ingin pergi jauh. Semoga bisa membantu, ya!

Ikuti InstagramĀ @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?