Biasanya cowok masa kini ngacir duluan dan nggak berani ngajak kenalan kalau liat cewek bening . Kebanyakan malu, lah dibilang kurang kerjaan lah, nggak PD, dan alasan-alasan retoris lainnya. Padahal tahukah kamu boys, sebagian dari para cewek cantik itu juga berharap ada cowok yang cukup berani buat mengajak kenalan. Makanya, kalau kira-kira nemu yang klik, jangan ragu ajak kenalan, siapa tau berjodoh. Kalau nggak jodoh kan masih bisa temenan, siapa tau bisa kasih utangan. Eh kalau yang itu jangan.

Seni mengajak kenalan cewek memang rumit dan penuh lika-liku. Untuk itu kamu harus memahami dulu bahwa nggak semua cewek tipenya sama. Ada diantara mereka yang komunikatif banget, ada juga yang pasif dan ngomongnya dicicil, sekata-sekata doang. Selain memahami karakter cewek, kamu juga harus tau saat-saat dimana kamu bisa melanjutkan kenalanmu atau cukup berhenti sampai disitu sebelum dia panggil security buat ngusir kamu. Tenang saja, berdasarkan isi hati dan perasaan cewek, Hipwee boys bakal menyampaikan apa aja sih yang harus kamu lakukan dan kamu harus hindari ketika ngajak cewek kenalan. Ini bakalan seru banget buat kamu yang suka tantangan dan hal baru.

1. Kuasai Medan Perang. Pahami betul tempat kamu ngajak kenalan itu tepat atau nggak.

Cus sepik-sepik via www.tripriau.com

Advertisement

Kata orang, cari tempat kenalan yang paling bagus adalah di tempat kondangan. Selain semua orang berpakaian rapi, banyak hal yang bisa kamu kulik untuk dijadikan topik pembicaraan. Apalagi kalau calon kenalan kamu datang beserta orang tua, wah sepik aja sekalian orang tuanya. Selain di tempat kondangan, cafe dan tempat nongkrong bisa kok karena semua orang pasti sedang santai. Atau yang paling mainstream, di angkutan umum seperti bus dan kereta. Tapi ini harus dilakukan secara tepat ya, salah-salah bukannya dapat kenalan, kamu malah disangka mau hipnotis kan. Fatal.

Jangan sampai ngetem di lampu merah kamu jadikan ajang buat cari kenalan. Nggak tepat banget, yang ada juga kamu dikira jambret. Jangan juga di acara layatan orang meninggal, sumpah memanfaatkan saat-saat sedih buat mencari kebahagiaan itu jahat deh.

2. Cara memulainya gimana sih? Nggak semua cewek langsung mau diajak kenalan.

Perhatikan tanggapan awalnya via images.askmen.com

3-5 detik pertama sangat menentukan apakah kira-kira cewek yang kamu incar welcome untuk kamu ajak kenalan atau nggak. Detik pertama dia pasti akan mikir kamu nih siapa, kenal atau nggak. Detik kedua dia akan ‘menilai’mu, apakah kamu kira-kira orang baik atau bukan. Selanjutnya jika dia menyapamu dengan senyum, lanjutkan boys… Kalau belum senyum juga, coba senyumin duluan. Kalau dibalas senyum kecut, lanjutkan saja, artinya dia masih ragu tapi masih memberimu kesempatan kan?

Advertisement

Kalau sikap sopanmu malah ditanggapi nggak enak sama cewek, please jangan dilanjutin. Mungkin si cewek sedang PMS atau nggak mood buat ngobrol. Apalagi kalau sudah disenyumin dia malah buang muka, wah bahaya sih. Kecuali kalau kamu punya tingkat kepercayaan diri macam Reza Rahardian, maka lanjutkan bosque!

3. Enaknya ngobrolin apa ya sebelum nanya-nanya lebih  jauh lagi?

Pilih-pilih kuenya via s3.amazonaws.com

Cobalah memancing pembicaraan yang lebih kreatif. Basa-basi konvensional seperti, “sendirian aja mbak?,” atau “lagi nunggu orang ya mbak?” sebenarnya sangat tidak diperlukan, lho. Kebanyakan cewek jadi tahu banget kalau kamu niat ngajakin dia kenalan, dan tipe cewek defensif bakalan irit ngomongnya karena nggak suka ketemu orang asing yang sok akrab. Mendingan kamu memulainya dengan pertanyaan terbuka yang tidak membuat lawan bicaramu menjawab ya/tidak. Misalnya kalau kamu ngajak kenalan di toko kue, bisa kan ceritanya kamu bingung pilih kue “Mbak, sory banget nih, saya mau kasih kejutan kue buat adek saya yang cewek, kue tart yang kira-kira lucu yang mana ya?”

Jangan buru-buru ngegombal. Ini bikin cewek langsung nganggep obrolanmu receh banget. Misal kamu langsung bilang, “Waduh masa ada sih bidadari mampir ke toko kue begini?”. Cewek mungkin senyum tapi dalam hati mereka akan berkata, “Paan sih ni orang!”. Selain itu, basa-basi busuk sudah nggak perlu lagi. Maksudnya basa-basi disini yang terlalu mengada-ada. Misalnya tiba-tiba kamu cerita tentang jenis-jenis kue yang banyak pengawetnya, kue tart yang lagi ngehits, sungguh nggak perlu.

4. Waktu yang tepat buat minta kontak. Ini yang paling fatal kalau sampai salah langkah.

Minta kontak cewek via www.youtube.com

Boys, ini adalah fase terpenting dari orang berkenalan. Sebagian besar cewek susah banget kalau diminta kontaknya. Mereka bukannya jual mahal, tapi mereka nggak nyaman dan menganggap kontak itu privasi. Makanya, kalau kira-kira obrolan kalian nyambung banget dan si cewek menanggapi dengan antusias, maka coba cari cara selain meminta nomor handphone. Misal minta kontak medsos dia. Atau boleh juga kamu mengutarakan jujur, “Mbak saya follow instagramnya ya? Gapapa kok kalau nggak suka bisa block.” Dengan begitu dia akan memberikan kontaknya dan tetap merasa aman. Tapi kalau si cewek tetep kekeuh nggak mau kasih kontak, yaudah jangan dipaksa. Kamu punya hak buat naksir, dia juga punya hak buat nolak kan?

Jangan minta nomor hape ya. Saat ini nomor hape sifatnya personal banget. Apalagi kalau misalnya kamu minta kontak bbm atau medsosnya tapi nggak dikasih, kemudian kamu minta nomor hapenya. Duh kamu gak peka. Ketika dia menolak memberikan salah satu kontak (nomor/medsos) dengan alasan ini itu, sebenarnya cewek berusaha bilang kalau dia nggak ingin kamu menghubunginya, tapi pakai cara alus. Mengertilah wahai lelaki. Jadi intinya kalau nggak dikasih kontak, dia nggak tertarik sama kamu.

Sekarang sudah ada gambaran kan gimana cara yang enak buat ngajak cewek kenalan. Paling penting, ingat aja kamu mau kenalan boys, bukan mau ngajak nikah. Jadi terlalu agresif itu sangat nggak perlu. Satu lagi, percaya diri adalah modal utama yang harus kamu punya sih. Kalau merasa nggak pede mah yaudah diam aja di pojokan sambil melihatnya berlalu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya