Daftar 8 Perempuan Hebat yang Merubah Kehidupan Masyarakat Dunia

Pemikiran dan perjuangan para perempuan ini diakui membawa banyak perubahan

Ada banyak perempuan berpengaruh sepanjang sejarah dunia. Sosok perempuan tidak akan pernah lepas dari terbentuknya peradaban dunia. Namun, masih saja yang menganggap bahwa perempuan adalah kasta terendah dalam kehidupan sosial.

Advertisement

Banyak perempuan di dunia ini yang membuat dampak besar pada kehidupan masyarakat melalui aktivisme, seni, politik dan kepemimpinan. Pada 8 Maret lalu menjadi hari spesial bagi perempuan, Hari Perempuan Internasional. Hal itu menjadi titik sebuah perjuangan yang tidak akan pernah berhenti bagi setiap perempuan di dunia.

Sederet nama perempuan di bawah ini adalah sedikit dari sekian banyak tokoh perempuan yang harus kamu tahu. Pemikiran dan perjuangan mereka diakui telah membawa banyak perubahan besar di dunia.

1. Sarah Gilbert

Prof. Dame Sarah Gilbert

Prof. Dame Sarah Gilbert dan timnnya telah menyelamatkan jutaan manusai dengan penemuan vaksin AstraZeneca-Oxford| via wikipedia

Siapa yang tidak mengenal vaksin AstraZeneca-Oxford? Sarah Gilbert merupakan ilmuan di balik terciptannya vaksin Covid-19 AstraZeneca-Oxford. Sarah merupakan Professor Vaksinologi di Universitas Oxford. Ia juga merupakan Pemimpin Proyek Oxford untuk proyek vaksin Covid-19 AstraZeneca-Oxfoard.

Advertisement

Sarah Gilbert terkenal sebagai salah satu ahli vaksin terkemuka di dunia. Ia telah menghabiskan lebih dari dua dekade di labolatorium untuk melakukan penelitian dan memproduksi vaksin.

Ia pun meraih gelar bangsawan “Damehood” oleh kerajaan Inggris. Ia dinilai layak mendapat gelar tersebut karena berjasa dalam membantu menyelamatakan jutaan nyawa mansia dari Covid-19.

2. Tsai Ing-wen

Tsai Ing-win

Tsai Ing-win merupakan simbor perlawanan rakyat Taiwan terhadap China | via wikipedia

Advertisement

Menurut laman Forbes, Tsai Ing-wen merupakan presiden perempuan pertama di Taiwan yang belum menikah ketika terpilihnya pada tahun 2016. Tsai Ing-wen pun menempati posisi ke-9 sebagai perempuan berpengaruh di dunia menurut Forbes.

Tsai memenang kembali pada 2020 dengan mendapatkan lebih dari 57% suara. Terpilihnnya Tsai Ing-wen pun menjadi simbol perlawanan rakyat Taiwan terhadap upaya China untuk mengendalikan pulau tersebut.

Presiden Tsai Ing-wen merupakan simbol dari perlawanan rakyat Taiwan dalam kedaulatan Taiwan terhadap China. Sebelum menjadi presiden, selama 15 tahun Tsai Ing-wen adalah  negosiator yang ulung.

3. Saparinah Sadli

Saparinah Sadli

Saparinah Sadli, dosen, Guru Besar dan aktivis perempuan Indonesia | via jurnalperempuan via www.jurnalperempuan.org

Saparinah Sadli adalah salah satu perempuan yang mencetus terbentuknya KOMNAS Perempuan pada 1998. Pada kerusuhan Mei 1998, Saparinah Sadli bersama 22 perempuan perkasa lainnya menggugat peristiwa pemerkosaan yang terjadi pada perempuan Tionghoa. Peristiwa kelam ini pun mejadi titik cerah pergerakan perempuan di Indonesia.

Saparinah Sadli menjadi simbol pembela korban pemerkosaan perempuan peristiwa Mei 1998. Beliau pula yang menjadi pelopor terbentuknya KOMNAS Perempuan dengan bantuan oleh Andi Yetriyani.

Pembentukan KOMNAS Perempuan merupakan tongkak bersejarah bagi Indonesia karena pertama kalinya negara mengakui kekerasan terhadap perempuan.

4. Rosa Park

Rosa Park dan Sheriff D.H Lackey

Rosa Park ketika di tangngkap pada 1955 | via wikipedia

Pada tahun 1950-an, isu rasisme sangat kental di Amerika Serikat. Bahkan adanya pemisahan antara kulit pun tempat-tempat umum, salah satunya di tranportasi. Pada, 1 Desember 1955, ia menolak menyerahkan kursinya kepada penumpang kulit putih di bus, Alabama. Akibat aksinya tersebut, ia pun ditangkap.

Rosa Park pun memobilisasi NAACP (Asosiasi Nasional Kemajuan Orang Kulit Berwarna) untuk memboikot bus sebagai tangkapannya terhadap intimidasi hak kulit berwarna. Ia pun perhatian nasional dengan menantang undang-undang segresi yang tidak manusiawi di negara bagian Selatan.

Undang-undang tersebut dinyatakan tidak konstitusional oleh pengadilan. Rosa Park merupakan salah satu aktivis dan simbol keberanian dalam pergerakan hak-hak sipil di Amerika.

5. Cho Nam-joo

Cho Nam-joo

Cho Nam-joo menggambarkan dengan tepat bagaimana kisah perempuan dalam kehidupan sehari-hari | via BBC via www.bbc.co.uk

Novel Kim Ji-yeong : Born in 1982, merupakan gambaran kisah perempuan Korea Selatan saat ini. Cho Nam-joo dengan gamblang mengisahkan problematik tekanan hidup seorang perempuan pada diri Kim Ji-yeong.

Kisah Ji-yeong pun menjadi pembuka mata bagaimana kisah kehidupan wanita yang hanya bisa memilih dan menjadi kasta kedua.

Bahkan dengan kekuatan novel Kim Ji-yeong: Born in 1982, buku tersebut menjadi salah satu buku feminis terbaik di dunia. Saking kuatnya novel tersebut pun, para pergerak patriaki Korea Selatan memboikot buku tersebut.

6. Frida Kahlo

Frida Kahlo

Frida Kahlo merupakan seniman terbaik di abad ke-20 | via wikipedia

Frida adalah salah satu seniman paling terkenal di abad ke-20. Karya-karya lukisannya dengan gaya yang unik pun terkenal di seluruh dunia. Kahlo menggunakan dirinya sebagai potret lukisannya. Ia menjelaskan penggunakan dirinya sebagai potret diri karena ia lebih mengenal dirinya sendiri dan ia sering kesepian.

“Saya melukis potret diri karena saya sering kesepian, karena sayalah yang lebih mengenali diri saya sendiri,” kata seniman Meksiko, Frida Kahlo yang dikutip dari BBC.

Frida Kahlo adala seorang penyandang polio dan terlibat kecelakan bus ketika berumur 18 tahun. Hal ini pun yang membuatnya haru menggunakan kaki palsu. Keterbatasan yang dimiliki Frida Kahlo pun tidak menyurutkannya cintanya terhadap seni.

7. Jane Goodall

Kala itu pada tahun 60-an, dunia menyaksikan perempuan berumur 26 tahun, pindah ke Tanzania untuk mempelajari kehidupan simpanse liar. Perempuan itu bernama Jane Goodall. Jane merupakan salah satu primatolog terkenal dan dipuji sepanjang sejarah Ethologi modern.

Sosok Jane Goodal mengabdikan hidupnya sebagai peneliti kehidupan simpanse selama hampir 50 tahun. Jane memberi dunia banyak pengetahuan mengenai dunia simpanse.

Perempuan pada zamannya bukanlah hal yang lumrah mengelilingi Afrika. Jaen Goodall dengan sabar, keyakinan dan determinasinya mampu menembus ketidakmungkinan dan skeptisan masyarakat kepada dirinnya. Jane pun memberikan perubahan nyata pada ilmu primatologi dunia.

8. Fatima Al-Fihri

Fatima al Fihri

Fatima al-Fihri merupakan sosok di balik berdirinya universitas pertama di dunia | via mujeresenlasombra via mujeresenlasombra.com

Banyak sejarah yang tidak menguak bagaimana kehebatan perempuan muslim di dunia. Kisah-kisah perempuan Muslim seakan-akan ditutupi oleh kesalahpahaman mengenai agama Islam. Sebelum adannya kata feminis atau pergerakan feminis, perempuan muslim sudah berjalan ke depan dengan kehebatannya.

Sebut saja, Siji Khadizah R.A perempuan hebat, pebisnis ulung yang membantu Nabi Muhammad S.A.W berdakwah. Siti Aisya R.A, merupakan ahli hukum Islam terkemuka dan ia juga merupakan sumber awal banyaknya hadis karena kecerdasan dan ingatannya yang luar biasa.

Pendiri univeristas pertama di dunia didirikan oleh seorang perempuan muslim, Fatima Al-fihri. Berdirinya Univeristas al-Qarawiyyin pada 859 adalah simbol kuat aspirasi perempuan muslim dalam sejarah umat manusia.

Selama berabad-abad, Universitas al-Qarawiyyin menjadi pusat spiritual dan pendidikan utama di dunia muslim. UNESCO dan Guinness of World Record pun mengakui bahwa Universitas al-Qarawiyyinmerupakan lembaga pendidikan pemberi gelar pertama di dunia dan sebagai universitas paling kuno di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

Kekuatan dan daya pikir perempuan sangat dibutuhkan dalam terbentuknya peradaban. Dunia akan tetap membutuhkan perempuan sebagai tonggak perjuangan dalam berbagai macam persoalan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE