Dari Lathi hingga Blackpink, Resso Ungkap Tren Musik Indonesia Sepanjang 2020 Lewat ‘Resso 2020 Anthem Awards’

Platform streaming musik Resso

Bagi sebagian orang mendengar musik mungkin hanya sekadar aktivitas hiburan belaka. Tapi bagi sebagian lainnya, mendengar musik bisa jadi aktivitas yang begitu bermakna. Misalnya dalam konteks tahun 2020 yang berat karena pandemi, musik telah melampui fungsi hiburan karena ia juga berperan memicu optimisme akan kondisi yang segera membaik.

Advertisement

Di balik fenomena tersebut, nggak boleh dilupakan kalau ada musisi-musisi yang berjuang agar tetap produktif dengan segala tantangan. Syukurnya, keterbukaan akses informasi dengan dukungan teknologi telah sangat membantu. Karenanya konser virtual mungkin digelar, dan platform streaming musik memudahkan musisi melakukan distribusi karya.

Nah, untuk mengapresiasi peran musisi yang terus berkarya menemani pendengar di segala suasana, platform social music streaming Resso mengungkap deretan artis dan lagu yang agaknya mewakili tren musik sepanjang tahun 2020 ini.

Sebagai platform yang menggabungkan aplikasi musik dan media sosial, Resso ingin pengalaman pengguna lebih dari sekadar mendengar musik

Head of Music and Content Resso Indonesia, Christo Putra dalam virtual media gathering Celebrating 2020 Anthem with Resso via Zoom, Kamis (17/12/2020) (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Country Manager Resso Indonesia, Tricia Dizon mengatakan bahwa para pelaku industri musik di tahun 2020 ini telah mengalami banyak hambatan dan tantangan. Meski begitu, mereka tetap menghasilkan karya dan bisa terus terhubung dengan pendengar. Semua itu nggak mungkin terjadi tanpa intervensi teknologi media sosial, atau sebaliknya. Oleh karena itu, Tricia mengatakan Resso ingin memberikan apresiasi kepada musisi beserta lagu yang telah menjadi teman setia para pengguna Resso.

Advertisement

“Kami telah melihat kehadiran berbagai artis pendatang baru maupun lagu-lagu trending yang menggambarkan tahun 2020 melalui platform kami, dan kami ingin memberikan apresiasi kami terhadap berbagai lagu dan musisi yang telah menerima banyak cinta dari pengguna kami,” kata Tricia.

Sementara itu, Head of Music and Content Resso Indonesia, Christo Putra menjelaskan bahwa Resso sebagai platform social music streaming memang didesain untuk pengalaman yang lebih dari sekadar mendengarkan musik. Platform yang merupakan sister company dari TikTok ini mengusung penggabungan aplikasi musik dengan media sosial, sehingga interaksi yang terjadi di dalam platform bisa lebih inklusif.

Advertisement

“Dengan ini, ke depannya musisi bukan cuma merilis musik secara audio saja, tapi juga bisa lebih kreatif dengan memanfaatkan lintas platform dalam mempromosikan karyanya,” kata Christo dalam virtual media gathering Celebrating 2020 Anthem with Resso via Zoom, Kamis (17/12/2020).

Resso kemas apresiasi untuk musisi dalam balutan nominasi yang nyentrik

Nah, adapun apresiasi diberikan Resso kepada musisi lokal dan internasional. Nggak seperti kebanyakan penghargaan yang sangat terkesan teknis, Resso mengemas nominasi-nominasinya dengan cara yang nyentrik. Penasaran? Ini dia.

Lokal:

(dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

1. Artist Yang Lagi Trending/Artis Menuju Puncak 2020 Lokal – Rizky Febian

Christo menjelaskan kalau Rizky Febian merupakan salah satu musisi lokal yang punya performa terbaik di Resso, dan lagu-lagunya selalu masuk top chart.

2. Artist TikTok Lokal 2020 – Weird Genius

Weird Jenius didaulat sebagai Artist TikTok Lokal 2020 nggak lepas dari peran lagu Lathi yang populer. Selain itu, grup musik ini juga terbilang ciamik dalam memanfaatkan berbagai platform dalam mempromosikan karya, termasuk di TikTok.

3. Lagu Ternyanyi Bareng 2020 – Maafkan Aku #TerlanjurMencinta – Tiara Andini

Maksud dari Lagu Ternyanyi Bareng 2020 adalah lagu yang paling banyak di share oleh pengguna Resso.

4. Artis Pemberi ‘Kode’ Terbaik – Woro Widowati

Sebagaimana legacy dari alm. Didi Kempot, lagu-lagu Woro Widowati juga kerap digunakan sebagai kode gitu oleh para pendengar. Kamu juga, nggak?

5. Artist Pematah Hati Nasional – Mahen

Untuk urusan lagu galau, pengguna Resso ternyata mengandalkan lagu-lagu dari Mahen. Khusus untuk kumpulan lagu galau, karya-karya Mahen punya total stream tertinggi.

Internasional:

(dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

1. Artist Yang Lagi Trending/Artis Menuju Puncak 2020 International – BLACKPINK

Untuk musisi internasional, BLACKPINK menduduki klasemen sebagai artist dengan performa paling baik, dinilai dari total stream dan share.

2. Artist Favorit Netizen – BTS

Sedang untuk musisi internasional terfavorit netizen, BTS yang punya komentar terbanyak di Resso jadi pemenangnya.

3. Lagu Yuk Bisa Yuk 2020 – Savage – Megan Thee Stallion

Nah, nominasi Lagu Yuk Bisa Yuk 2020 ini semacam lagu yang jadi mood booster untuk stay positive meski kondisi masih belum pasti, gitu~

Pengamat musik prediksi musik kekinian dengan sentuhan unsur lokal akan jadi tren di tahun 2021

Pengamat musik Adib Hidayat (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Pengamat musik Adib Hidayat mengatakan bahwa lewat daftar Resso Indonesia 2020 Anthem Awards, terlihat kalau tren musik Indonesia dalam setahun belakangan didominasi oleh genre pop. Menurutnya, lagu yang fun, catchy serta memiliki signature memang akan selalu menarik banyak pendengar, seperti contoh lagu Lathi dari Weird Genius, atau lagu-lagu Woro Widowati yang berbahasa Jawa. Adib memprediksi kalau di tahun 2021 akan banyak musisi yang muncul dengan karya kombinasi kekinian dan unsur lokal seperti Weird Genius, Woro Widowati dengan legacy dari alm. Didi Kempot, dan Gabber Modus Operandi.

“Weird Genius menurut saya cukup mewakili karakter musik Indonesia di tahun 2020. Ia jadi role mode bagaimana mengemas musik kekinian dengan sentuhan lokal. Selain itu ada juga Gabber Modus Operandi yang juga mengemas musik elektronik dengan unsur lokal, dan berhasil dapat perhatian bahkan dari luar negeri. Ini menurut saya akan jadi salah satu yang banyak diikuti orang (di tahun depan),” jelas Adib.

Lebih lanjut mengenai apresiasi yang diberikan oleh Resso kepada pelaku industri musik Tanah Air, Adib berharap platform ini bisa lebih banyak membantu teman-teman industri musik lewat berbagai inisiatif. Entah itu pagelaran konser virtual maupun kerja sama lainnya secara berkelanjutan. Karena menurutnya konser virtual akan jadi salah satu menu baru penikmat musik, bukan saja di masa pandemi melainkan hingga nanti ke depannya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE