Hantu, mendengar kata yang satu ini pasti terbesit dalam pikiran sesosok mahluk menyeramkan dan menakutkan, tidak ada seorang pun yang berharap bertemu dengan sosok astral tersebut, bahkan membicarakannya pun ogah. Pocong, tuyul, kuntilanak adalah beberapa karakter hantu terkenal yang sering muncul dalam film-film horor Indonesia. Walaupun menakutkan ternyata ada beberapa sifat dari hantu tersebut yang dapat kita ambil sebagai pelajaran hidup, sayangnya filosofi mereka kurang terekspose di film.

Apa saja pelajaran hidup yang dapat diambil dari hantu Indonesia? Yuk, bareng Hipwee kita lihat satu-persatu.

1. Hidupmu terasa berat? Belajarlah dari sosok Kuntilanak yang selalu tertawa dalam menghadapi rintangan hidup.

Hidup berat? Mungkin kamu kurang tertawa. via oldeuboi.wordpress.com

Lihatlah Si Kunti, sosok perempuan dengan pakaian serba putih dan memiliki tawa melengking yang khas. Gak peduli di manapun, kapanpun, dan dalam keadaan susah atau senang, mbak Kunti selalu menghadapinya dengan tertawa. Penelitian telah menyebutkan banyaknya manfaat yang diberikan oleh tertawa, salah satunya adalah menghilangkan stress. Pasti Kunti gak pernah stres, ketawanya aja maksimal gitu.

2. Hiduplah sederhana seperti Pocong yang bajunya itu-itu aja setiap malam.

Hiduplah sederhana seperti pocong via creategalaxy.blogspot.com

Advertisement

Contohlah Pocong yang gak malu dan merasa minder, meski bajunya itu-itu aja tiap malam. Tapi ingat, yang dicontoh kesederhanaanya ya, bukan selera fashion-nya.

3.Malu dong sama Tuyul, kecil-kecil udah jago ‘nyari’ duit.

Bukan tuyul, cuma kamu dapatlah gambarannya. via www.kaskus.co.id

Mungkin udah saatnya kamu mencari pekerjaan atau berwirausaha, gak malu sama tuyul yang kecil-kecil udah menghasilkan duit? Ubah rasa malu kamu jadi semangat untuk nyari duit lebih banyak daripada tuyul. Tapi cara tuyul mendapatkan uang jangan ditiru ya, cari uang secara halal.

4. Jadilah orang yang mandiri seperti Jelangkung. Datang tak dijemput, pulang tak diantar.

Belajar kemandirian dari sosok jelangkung via thoughtsonfilms.com

Belajarlah dari sosok jelangkung yang populer dengan jargonnya “datang tak dijemput, pulang tak diantar”. Dia adalah sosok yang tak mau berpangku tangan dengan orang lain, dia tidak pernah meminta bantuan mahluk lain selama mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri. Bahkan saking mandirinya, kadang dia datang tanpa diundang hiiiiiii….

5. Biar hemat dan mengurangi efek pemanasan global, malam-malam pakai lilin aja kayak Babi Ngepet.

Sosok yang sederhana via mantrapesugihan.blogspot.jp

Kesulitan menerapkan hidup hemat? Coba cek tagihan listrik kamu, mungkin boros listrik penyebabnya. Kalau emang benar seringin aja pakai lilin di malam hari, tapi jangan ngepet ya. Nge-Path aja.

6. Kesombongan akan menghancurkanmu. Ikuti cara Suster Ngesot yang selalu rendah hati dan menghormati orang lain.

Rendah hati dan dekat dengan bumi via siradel.blogspot.com

Ibarat filosofi padi “semakin berisi, semakin merunduk”, Suster Ngesot gak mau sombong dan angkuh, makin serem Suster-nya, makin ngesot jalannya. Ikutilah filosofi rendah hati dan menghormati orang lain dari Suster Ngesot, tak perlu mengikuti gaya jalannya.

Ternyata banyak pelajaran yang bisa kita peroleh dari sosok seorang hantu, dibalik sosoknya yang menyeramkan dan membuat bulu kuduk berdiri ternyata mereka mampu memberikan pelajaran hidup yang berguna. Dengan melihat hantu melalui perspektif yang lain, maka keberadaan mereka tidak menjadi momok yang menakutkan bagi kita.

Bagaimana menurutmu, adakah filosofi hantu yang patut dilirik?