Jadi figur publik memang serba salah dan selalu menjadi sorotan dari apapun yang mereka lakukan dan apapun yang mereka gunakan. Mereka dituntut untuk memiliki penampilan yang menarik di tengah gaya hidup yang cenderung glamor. Dari ujung kaki sampai ujung rambut, mereka harus terlihat stylish dan fashionable saat tersorot kamera. Dua hal ini bisa diwujudkan jika ditunjang dengan barang-barang branded. Rasanya mungkin malu jika ada pertemuan sesama artis ataupun jika menghadiri acara yang tertangkap kamera, tapi mereka tidak sedang menggunakan barang branded.

Demi gengsi terkadang mereka harus menjatuhkan pilihan pada barang-barang KW alias palsu. Risikonya tentu lebih besar ketika tertangkap kamera dan disebar ke khalayak, Tidak cuma malu, harga diri si artis pun bisa hancur berantakan. Tapi bagaimana lagi kalau memang tidak mampu membeli. Apalagi jadi figur publik memang serba salah. Mereka yang selalu menggunakan barang branded asli saja masih tetap digosipkan, dari mulai dituduh tersangkut kasus korupsi sampai diduga terlibat hal-hal tidak baik seperti prostitusi. Benar-benar serba salah!

Ini dia deretan artis yang pernah tertangkap menggunakan barang KW, dari mulai artis kelas teri sampai kelas kakap ternyata nggak ada bedanya

Sepatu palsu awkarin via selebupdate.com

Awkarin yang tergolong artis baru sudah tersandung kasus menggunakan barang palsu. Sepatu yang dia endorse ternyata berasal dari akun scammer atau akun palsu.

Cyntiara Alona dengan tas palsu via instagram.com

Advertisement

Cyhntiara Alona juga pernah tertangkap kamera menggunakan tas Channel palsu.

Sepatu palsu Glenn via selebupdate.com

Bahkan Glenn yang selalu membangun citra mewah dalam gaya hidupnya juga sempat dibuat malu habis oleh netizen yang berhasil mengidentifikasi sepatu palsunya.

Tas KW Mulan via forum.detik.com

Istri calon Bupati Bekasi, Mulan Jameela pun tak lepas dari dugaan penggunaan tas palsu yang ia bawa dalam suatu acara. Waduh, istrinya Ahmad Dhani lho ini!

Rihana pun pakai KW via bossip.com

Tapi ternyata penggunaan barang KW di kalangan artis memang sudah sangat biasa, bahkan penyanyi kelas dunia seperti Rihanna pun melakukannya.

Jangan salah, nggak semua barang KW itu murahan karena jenisnya macam-macam. Kalau KW super premium harganya masih mahal juga lho!

Macam-macam barang KW via theepochtimes.com

Di luar negeri, barang KW dikenal dengan istilah fake, knock off, atau bootleg. Sementara di dalam negeri, barang-barang KW dibagi menjadi beberapa tingkatan dari mulai yang super premium sampai KW 2. Berikut ini adalah tingkatannya:

  1. KW super premium: merupakan barang reject yang tidak lolos quality control atau tiruan yang sangat bagus, kadang sampai ada sertifikat keasliannya juga.
  2. KW super AAA: mirip KW super premium, tapi bahan yang digunakan lebih murah.
  3. KW super B: hanya meniru bagian luar produk, bagian dalamnya berbeda.
  4. KW super : seperti KW super B, tapi bahannya jauh lebih murah.
  5. KW semi super: hanya bagian-bagian tertentu yang dibuat mirip, misal gagang tasnya saja.
  6. KW 1: cepat rusak atau tidak nyaman dipakai, tapi tidak terlalu kelihatan palsu
  7. KW 2: kelihatan banget palsunya.

Barang KW biasanya kita dapatkan dari Cina dan kamu harus tahu kalau kualitas KW Cina jauh lebih bagus dari produk aslinya

Buruh industri di Cina via qz.com

Menurut Jack Ma, pendiri Alibaba, produk KW buatan Cina punya kualitas yang sama bagusnya atau bahkan lebih bagus dari produk aslinya dan tentu harganya jauh lebih murah. Hal ini bisa terjadi karena produk itu dibuat oleh perusahaan yang sama dengan material yang sama, hanya namanya saja yang dibuat beda. Penjelasan ini masuk akal karena sudah bertahun-tahun merek-merek top dunia telah memproduksi barang-barangnya di Cina. Tentu saja industri beserta buruh-buruhnya yang ada di Cina sudah paham betul dengan seluk-beluk produk tersebut.

Lagi pula kalau terus-terusan pakai barang branded, kamu sudah tahu belum siapa yang akan diuntungkan?

Pemilik brand tas terkenal via engineeringfurkey.com

Pendapat Jack Ma tadi mendapat kritikan besar dari negara-negara Barat yang sering menjadi korban pemalsuan produk. Alibaba memang sering dianggap sebagai pusat lalu lintas barang-barang palsu dari Cina yang akan diedarkan ke seluruh dunia. Dan pada akhirnya Alibaba pun diboikot oleh banyak perusahaan barat.

Artinya apa? Kalau kamu membeli barang-barang branded, yang akan mendapatkan keuntungan besar adalah negara-negara barat yang cenderung kapitalis dan banyak menekan serta merugikan kita di bidang yang lain. Sementara kalau kita terlalu menikmati barang-barang KW pun, kita sama-sama sedang menguntungkan negara lain yang sudah kita bahas sebelumnya. Kalau kita tarik isu ini ke dalam perekonomian makro mungkin bahasannya akan terlihat berat, tapi ada satu hal mudah yang bisa kita lakukan, yaitu menggunakan produk-produk lokal.

Sekadar informasi saja, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) kita adalah salah satu faktor yang menyelamatkan negeri kita dari kemelut  krisis akibat nilai dolar yang tidak stabil lho! Dan UMKM kita punya banyak sekali produk berkualitas yang harganya jauh lebih terjangkau dari barang-barang branded yang kamu agung-agungkan. Para artis seharusnya bisa turut mengambil peran untuk menggunakan produk dalam negeri dengan bangga, setuju nggak?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya