11 Percakapan Orang Seputar Mengatur Keuangan yang Ternyata Penuh Dilema

Mengatur keuangan tampaknya udah jadi urusan sebagian besar kalangan. Apalagi ketika umur menginjak 20-an dan mulai dapat pekerjaan. Masalah baru muncul ketika kamu harus memenuhi kebutuhan hidup tapi di sisi lain tetap ingin menikmati hidup dengan membeli barang atau jasa yang sebenarnya nggak penting-penting amat.

Seperti yang dialami oleh kebanyakan orang di bawah ini. Obrolan mereka seputar keuangan nggak jauh-jauh dari susahnya menentukan prioritas finansial dan nominal gaji yang dirasa terlalu kecil. Gimana ya, obrolan mereka? Yuk, langsung simak di bawah ini!

1. Apapun masalahnya, nggak akan jadi masalah kalau dari awal punya uang banyak

Solusinya punya uang banyak

Solusinya punya uang banyak | Credit: Instagram @overheardkeuangan

2. Tapi, gimana mau punya uang banyak kalau setiap gajian bawaannya selalu pengin ngehabisin

Bawaannya pengen ngabisin uang

Bawaannya pengen ngabisin uang | Credit: Instagram @overheardkeuangan

3. Ada yang bilang kalau gajinya naik, gaya hidup jangan ikut naik. Hmm, sebuah saran yang agak susah dilakukan ya tampaknya~

Kalau gaji naik, gaya hidup jangan ikut naik

Kalau gaji naik, gaya hidup jangan ikut naik | Credit: Instagram @overheardkeuangan

4. Ya kalau melakukan sesuatu hanya disadari gengsi, jelas aja susah. Contohnya seperti pemilihan tempat kerja ini

Dilema memilih tempat kerja

Dilema memilih tempat kerja | Credit: Instagram @overheardkeuangan

5. Kalau udah kerja, mau ngeluarin uang sedikit aja mikirnya lama banget. Soalnya udah tahu gimana capeknya mencari uang

Irit banget

Irit banget | Credit: Instagram @overheardkeuangan

6. Sebuah solusi buat yang pengen cepat punya rumah. Cuman, siap-siap bayar cicilan 3 kali reinkarnasi

Solusi biar cepet punya rumah

Solusi biar cepet punya rumah | Credit: Instagram @overheardkeuangan

7. Sebenarnya lebih penting kebutuhan keluarga atau validasi warganet sih?

Harus tahu nentuin prioritas

Harus tahu nentuin prioritas | Credit: Instagram @overheardkeuangan

8. Sebelum gajian kamu pada mikirin apa nih? Godaannya terlalu banyak untuk sekadar nabung doang

Susahnya nahan godaan pas gajian

Susahnya nahan godaan pas gajian | Credit: Instagram @overheardkeuangan

9. Hati-hati sama yang ditagih, pasalnya bisa bakal lebih galak. Jangan lupa pakai ‘hehe canda’ biar nggak menyakitkan hati

Susahnya ngobrol sama yang punya utang

Susahnya ngobrol sama yang punya utang | Credit: Instagram @overheardkeuangan

10. Selain pengen jadi PNS (Pegawai Nagita Slavina), banyak orang juga mendambakan penghasilan UMR (Upah Minimum Raffi Ahmad)

Besaran gaji impian

Besaran gaji impian | Credit: Instagram @overheardkeuangan

11. Kalau masih dililit cicilan, agak susah kalau diajak berpikir visioner. Urusan terdekat aja belum beres, eh udah mikirin yang jauh-jauh aja

Udah mikirin beli tanah di metaverse

Udah mikirin beli tanah di metaverse | Credit: Instagram @overheardkeuangan

Percakapan tentang keuangan ini sering dialami sama anak-anak muda zaman sekarang. Mulai dari bingung menentukan prioritas sampai bela-belain ngambil cicilan demi bisa punya barang impian. Kalau kamu, udah pernah mengalami yang mana aja nih?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE