Percakapan ini Bukti Bahwa Dory dan Marlin Memiliki Persahabatan Terbaik di Disney

Finding Nemo merupakan salah satu film  animasi tebaik yang dimiliki oleh Disney Pixar. Kisah petualangan seorang ayah ikan bernama Marlin yang mencari anaknya bernama Nemo. Petualangan pencarian Nemo berlanjut dengan Marlin yang bertemu Dory yang mengetahui arah kemana Nemo berada.

Advertisement

Kisah petualangan Dory dan Marlin pun membentuk sebuah pertemanan yang sangat unik. Dory yang memiliki ingatan pendek dengan santai berenang berkeliling lautan dan Marlin yang memiliki sifat sedikit parno, pasif yang berusaha untuk mencari anaknya.

Sifat yang bertolak belakang ini menjadikan mereka saling mengandalikan satu sama lainya. Perjalanan mereka pun membentuk persahabatan yang unik dan merupakan salah satu persahabatan terbaik di Disney. Kutipan-kutipan dari percakapan ini akan membuktikan bahwa mereka memiliki persahabatan terbaik:

1.“Tidak ada ikan di seluruh lautan ini yang akan membantuku.”. Dory: “Well, aku akan membantumu”

Dory and Marlin

Dory akan membantu Marlin | credit Pixar via www.hotstar.com

Salah satu bagian terbaik tentang persahabatan mereka adalah saling berlawanan. Marlin yang pasif-agresif dan pesimif dan Dory yang sangat optimis. Perbedaan inilah yang membuat mereka saling membutuhkan.

Advertisement

Ketika Marlin dan Dory sedang dalam perjalanan menuju Sydney, mereka tersesat  dan membutuhkan bantuan. Dengan sifat pesimis yang dimiliki oleh Marlin ia merasa tidak ada yang akan membantunya, tetapi Dory mengingatkan bahwa ia akan membantu Marlin sampai ke tempat tujuan.

2. Dory: “Hei, Tuan Ikan murung! Saat kesulitan, apa yang harus dilakukan? Teruslah berenang!”

Poster film Finding Dory

Just Keep Swiming | credit Pixar via ibtimes.co.uk

Hal yang membuat persahabatan mereka jadi yang terbaik adalah bahwa mereka saling belajar banyak dari satu sama lainnya. Motivasi yang diberikan oleh Dory “Teruslah berenang” adalah yang perlu didengar oleh Marlin yang pesimis. Moto kehidupan yang dimiliki oleh Dory pun membantu mereka keluar dari jeratan jaring nelayan.

3. Marlin: “Kami berhasil! Tidak jadi makanan ikan..”

Dory and Marlin

Kebersamaan membaut mereka terhubung | credit Pixar via www.hotstar.com

Meski sebagian film Disney-Pixar memiliki lagu di seluruh filmnya, berbeda dengan Finding Nemo. Satu-satunya lagu ketika Dory dan Marlin selamat dari ikan pembunuh di kedalaman laut. Ketika predator terjebak dalam sebuah kacamata, Marlin tampak senang, dan akhirnya mereka bernyanyi bersama. Kebersamaan ini lah membuat hubungan mereka terjalin.

Advertisement

4. Marlin: “Percaya padamu?, Dory: “Iya, Percaya. Itulah yang dilakukan oleh Teman”

Finding Nemo

Dory mengingatkan saling mempercayai adalah hal yang selalu dilakukan oleh teman | credit Pixar via www.hotstar.com

Ini merupakan kutipan yang menginspirasi para penonton film Finding Nemo. Dory selalu memeberitahu bahwa ketika dia dan Marlin harus berenang melewati sebuah parit.

Dory memberi tahu Marlin namun ia tidak mempercayainya. Dory mengingatkan bahwa saling mempercayai adalah apa yang dilakukan oleh teman-teman. Marlin yang pesimis mengabaikan permintaan Dory dan mereka pun berenag ke atas parit, dan akhirnya mereka terjebak dalam perangkap ubur-ubur.

5. Dory: “Saya suka bermain, pilih aku!”, Marlin: “Inilah permainannya. Siapa pun yang bisa melompati paling cepat dari ubur-ubur dia yang menang!”

Albert Brooks and Ellen DeGeneres in Finding Nemo (2003)

Komunikasi dan kerja sama tim menjadikan mereka duo terbaik | credit Pixar

Saat Dory dan Marlin menemukan diri mereka dikelilingi oleh ubur-ubur, hanya Marlin yang bisa mengeluarkan mereka dengan aman dengan melakukan sebuah permainan. Dory yang memiliki sifat yang lucu dan segalanya menyenangkan.

Marlin pun berpikir bagaimana caranya keluar dengan selamat dengan sebuah permainan. Mereka bisa keluar walau tersengat oleh ubur-ubur namun saling mengandalkan satu sama lain. Komunikasi dan kerja sama tim menjadikan mereka duo terbaik.

6. Dory: “Hey tenanglah..”

Dory and Marlin

Persabatan yang sangat manis ditampilkan oleh Dory dan Marlin | credit Pixar via www.hotstar.com

Setelah keluar dari Arus Laut Timur Australia, Dory dan Marlin melanjutkan perjalannya menuju Sydney. Namun, setelah keluar dari arus tersebut dan tidak tau kenama arah jalan, Marlin pun panik. Dory dengan sigap langsung menengkannya dan mengatakan semua akan baik-baik saja. Inilah yang dibutuhkan seorang sahabat yaitu saling menenangkan.

7. Marlin: “Aku berjanji untuk melindungi putraku”, Dory: “Hmm. Itu hal yang lucu untuk dijanjikan”

Dory and Marlin

Dory mengajari Marlin sesuatu tentang kehidupan, membuat persahabatan mereka begitu istimewa | credit Pixar via www.hotstar.com

Ketika terjebak di mulut paus, Marlin memberi tahu Dory bahwa ia berjanji kepada Nemo untuk melindunginya dari hal buruk. Dory terkikik, karena memikirkan hal itu tidak akan terjadi. Melihat Dory mengajari Marlin sesuatu tentang kehidupan, membuat persahabatan mereka begitu istimewa.

8. Dory: “Tolong jangan pergi. Tidak ada yang bersamaku bergitu lama”

Dory yang membutuhkan Marlin | credit Pixar via www.hotstar.com

Salah satu momen yang sangat menyedihkan adalah ketika Marlin menganggap Nemo telah mati sehingga ia pun pulang dengan sedih dan tertekan. Dory memohon padanya untuk tidak pergi karena ia satu-satunya yang tinggal bersamanya begitu lama. Momen itu membuktikan betapa pentingnya sebuah persahabatan bagi mereka berdua.

9. Dory: “Ketika aku melihatmu, aku bisa merasakan. Dan aku melihamu, aku merasa aman”

Dory in Finding Nemo

Dory merasa aman didekat Marlin | credit Pixar via www.hotstar.com

Karena memiliki ingatan jangka pendek Dory, tidak bisa mengingat dirinya sendiri ataupun keluarganya. Baru setelah Marlin datang, Dory pun mulai mengingat banyak. Hal yang Dory butuhkan hanyalah sedikit dukungan dan pengingat yang tulus. Ikatan mereka pun dapat dirasakan dan menjadikan mereka salah satu persahabatan terbaik di Disney.

10. Marlin: “jika ini bukan karenamu, aku tidak akan berhasil”

Dori dan Marlin (Finding Nemo)

Dory dan Marlin yang saling membutuhkan | credit Pixar via www.imdb.com

Setelah misi selesai, Marlin memberi tahu Dory bahwa ia tidak bisa melakukanya tanpa bantuan Dory. Marlin merupakan ikan yang baik hanya membutuhkan banyak dukungan dan pujian. Ia pun mengakui bahwa ia tidak bisa melakukan tanpa Dory.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari sebuah persahabatan anatar Marlin dan Dory. Perbedaan bukanlah sebuah halangan dalam sebuah persahabata, justru itu membuat saling melengkapi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE