5 Drama Korea tentang Hacker, Kisah Seru di Balik Aksi Peretasan Data

Seiring kemajuan teknologi dan informasi, kejahatan siber seperti hacking atau peretasan semakin marak terjadi. Bahkan, baru-baru ini publik dihebohkan dengan kemunculan seorang hacker yang mengkalim telah mengantongi data jutaan pengguna internet Indonesia dan membeberkan berbagai data institusi pemerintah.

Advertisement

Eksistensi hacker yang meresahkan ini juga diangkat dalam drama Korea, loh. Drama Korea yang biasanya identik dengan romantisme, dikemas dengan cerita aksi peretasan data. Drama Korea tentang hacker ini akan memberikan gambaran soal aksi hacker yang memiliki berbagai tujuan. Buat kamu yang penasaran, berikut Hipwee punya daftar drama Korea tentang hacker yang seru untuk ditonton.

1. Phantom Ghost, cerita tentang detektif kejahatan di dunia maya yang menyelidiki seorang hacker

drama korea hacker

| Foto dari Imdb

Drama Korea yang dirilis pada tahun 2012 silam ini cukup seru untuk kamu ikuti. Phantom Ghost bercerita tentang detektif khusus kejahatan dunia maya bernama Kim Woo-hyun yang mendapatkan tugas menyelidiki seorang hacker bernama Hades. Woo-hyun menyelidiki Hades karena aksi peretasan sebuah sistem penting. Namun, dalam proses penyelidikan itu, Woo-hyun mendapati fakta lain tentang kejahatan yang dilakukan Hades.

Fakta mengejutkan lainnya juga terungkap ketika Woo-hyun mengetahui bahwa Hades ternyata teman satu angkatannya di akademi polisi. Hal ini membuat Woo-hyun kesulitan menjalankan tugasnya, karena Hades justru meminta perlindungan. Drama ini cukup menarik dan seru, apalagi karena Woo-hyun dan Hades diperankan oleh aktor yang sama, yakni So Ji-sub.

Advertisement

2. Healer, kisah sebuah kelompok yang memiliki misi memecahkan kasus penyiaran ilegal

drama korea hacker

| Foto dari Imdb

Buat kamu yang menyukai drama tentang penyelidikan kasus mendalam, drama ini bisa jadi pilihan tontonan yang seru. Healer bercerita tentang 3 orang yang bergabung dalam sebuah kelompok yang punya misi memecahkan kasus penyiaran ilegal satu dekade silam. Kelompok ini terdisi dari hacker bernama Ji Chang-wook yang memiliki inisial Healer, seorang reporter media online, dan seorang jurnalis media penyiaran.

Healer diminta sang jurnalis untuk melindungi perempuan bernama Kim Mun-ho yang merupakan reporter media online yang ternyata berhubungan dengan kasus penyiaran ilegal. Ketiganya menjalin hubungan dekat karena misi penyelidikan itu. Apalagi ketika mereka menemukan fakta bahwa orang tua mereka menjadi korban dalam kasus itu.

3. Mad Dog, kisah seorang detektif yang menyelidiki kasus kecelakaan pesawat yang merenggut istri dan anaknya

drama korea hacker

| Foto dari Imdb

Advertisement

Drama hacker yang dirilis pada 2017 silam ini berceritan tentang detektif bernama Choi Kang-woo atau yang dijuluki dengan Mad Dog. Ia merupakan pemimpin sebuah tim investigasi asuransi untuk mencegah penipuan dalam proses pencairan asuransi. Suatu hari ia bertemu dengan Kim Min-joon yang merupakan adik dari pilot pesawat yang mengalami kecelakaan dan merenggut nyawa sang istri dan anaknya.

Min-joon mengatakan bahwa kecelakaan itu ada unsur kesengajaan. Hal ini memuat Mad Dog dan timnya berusaha mengumpulkan bukti peristiwa itu. Tim Mad Dog terdiri dari para hacker andal untuk melakukan peretasan demi mengumpulkan bukti-bukti kuat tentang kecelakaan itu.

4. Circle, kisah tentang alien luar angkasa yang menjadi hacker

drama korea hacker

| Foto dari Imdb

Jika kamu menyukai drama bergenre fantasi, drama ini bisa menjadi salah satu pilihan tontonan yang seru.  Drama ini memiliki cerita fantasi dan distopia yang mengisahkan teknologi dan makhluk luar angkasa. Drama ini menceritakan alien luar angkasa bernama Byul yang menyamar menjadi seorang hacker andal dan terkenal.

Suatu hari ia bertemu dengan sebuah keluarga, sayangnya Byul justru menjadi bahan percobaan oleh kepala keluarga itu. Byul menjadi oblyek penelitian untuk memecahkan misteri circle yang menjadi tanda tanya bagi masyarakat dunia.

5. Police University, kisah hacker jenius yang melakukan peretasan data demi membiayai pengobatan kanker sang ayah

Drama hacker yang dirilis pada 2021 silam ini mengisahkan seorang hacker bernama Kang Seon-ho. Ia memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan bisa meretas sistem komputer. Seon-ho melakukan peretasan itu demi membiayai pengobatan kanker ayahnya. Sayangnya aksi kejahatan Seon-ho terlajak dan harus berurusan dengan polisi. Namun, akhirnya ia deibebaskan berkat bantuan seorang detektif yang menangani kasusnya.

Daram Korea tentang hacker di atas cukup menarik untuk dijadikan tontonan yang seru. Apalagi jika kamu penasaran dengan dibalik aksi hacker dan tujuan kejahatannya. Kamu bisa menonton drama-drama ini di platform online streaming.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE