Euforia drama Korea yang ditayangkan oleh stasiun televisi KBS dengan menampilkan beberapa nama terkemuka seperti Song Joong Ki, Jin Goo, Song Hye Kyo, dan Kim Ji-Won ini telah tersebar ke seluruh dunia sejak pemutaran perdananya. Di setiap pekannya, drama ini dinilai kian menarik hingga akhir episode. Pertengahan pekan lalu, ending yang dinanti dengan sejuta ketegangan itu akhirnya terungkap. Kini, episodenya boleh udah habis. Tapi, ternyata gaungnya masih terasa santer. Bahkan, faktanya Descendant of The Sun terlanjur menorehkan sejumlah capaian dan dampak yang membekas hingga terekam dalam sejarah. Apa aja tuh? Simak deh.

Beberapa lokasi syuting diambil di sebuah pulau di Yunani, yang membuatnya menjadi lokasi wisata beken yang baru.

Descendants of the Sun atau Pirates of Caribbean hayo? via www.allkpop.com

Selain diambil gambarnya di Korea, set drama ini juga mengambil lokasi syuting di salah satu pulau bernama Zakynthos di kepulauan Ionian, Yunani. Pulau itu disulap menjadi latar negara Uruk. Hal sama pun terjadi di Taebaek, Korea. Kini, semua orang berbondong-bondong menuju kedua tempat ini untuk dijadikan tempat liburan dan rekreasi. Bedanya, satu di Korea, satunya lagi di Yunani, kurang keren apa coba?

Penulis naskah Descendants of the Sun mampu mendapatkan  342 juta rupiah hanya dengan satu episode.

Bahagia karena kaya raya via www.blaberblogger.com

Kim Eun Sook adalah penulis naskah dari drama ini. Sebelumnya dia juga sudah terkenal dengan garapannya di drama Secret Garden  maupun film seperti Ice Rain dan A Millionaire’s First Love. Ketika menulis naskah dari drama ini, Kim Eun Sook meraih sukses gila-gilaan. Pasalnya, ia mendapatkan 30 juta won atau setara dengan 342 juta rupiah per episodenya! Bayangkan saja jika jumlah ini dikali dengan 16 kali episode ini tayang, hmmm

Penjualan per-episode drama ini di Jepang mampu mencapai 1,3 milyar rupiah!

Advertisement

Nonton orang nonton via www.youtube.com

Sebelum Descendants of the Sun, rekor penjualan drama Korea di tahun 2013 hanya mampu mencapai kurang dari $100,000 per episode-nya. Namun dengan popularitas drama yang sangat melejit ini, industri drama Korea diguncang habis-habisan. Ada kemungkinan jika penghasilan dari drama ini segera mencapai titik $200,000 atau jika dirupiahkan bisa mencapai 2,6 milyar! Gokil.

Dengan menjadi drama pertama KBS yang syutingnya selesai lebih dahulu sebelum ditayangkan, Descendants of the Sun memberikan sensasi ending yang tidak lazim.

So sweet nya via blog.naver.com

Semua drama dari salah satu stasiun TV KBS akan difilmkan selama dramanya juga ditayangkan. Sehingga naskah akan bisa diubah dengan improvisasi berdasarkan reaksi dari pemirsa dan juga peringkat rating programnya. Namun, ini adalah drama pertama yang menyelesaikan produksinya sebelum ditayangkan. Kim Eun Sook, orang di balik semua cerita dari Descendants of the Sun membuat akhir dari drama ini tidak dapat diubah lagi seperti drama-drama lain, sehingga kita hanya bisa pasrah dengan ending yang sudah ditulis sedari awal.

Penjualan ekstrak ginseng merah di Korea melejit setelah terdapat adegan di mana Joong Ki meminumnya.

Mimik ginseng via www.hellokpop.com

Kita juga tidak tahu apakah ini sebuah strategi dagang yang berhasil atau hanya kebetulan semata. Belum diketahui pasti juga apakah ada sponsor di balik adegan ini. Tapi nggak aneh sih kalau lantas banyak orang yang tiba-tiba ngidam ekstrak ginseng merah gara-gara Joong Ki. Apa mungkin juga setelah menonton drama ini orang-orang juga akan tertarik untuk bergabung di angkatan darat? Hmm, coba lihat saja nanti.

Drama ini tersedia dengan 33 terjemahan bahasa yang berbeda.

Siapa saja kini bisa nonton via www.youtube.com

Menanggapi popularitasnya, tentu akan semakin banyak penonton yang mengikuti drama ini sedari awal hingga akhir nanti. Tak terkecuali penonton dari luar Korea yang kebanyakan memang tidak bisa berbahasa Korea. Untungnya, kini drama ini telah tersedia dengan subtitle dalam 33 bahasa yang berbeda lho. Kita patut berterima kasih kepada orang-orang yang menerjemahkan drama ini, Gamsahamnida!

Descendants of the Sun telah diekspor ke 32 negara berbeda. Beneran go international nih.

Ya ampun via forums.soompi.com

Daya tarik drama ini menciptakan kehebohan yang mendunia. Bahkan mungkin hallyu wave atau gelombang ekspor kebudayaan populer di industri kreatif Korea Selatan tidak hanya berlaku di musik saja kini dan nantinya. Tetapi juga drama korea yang perlahan-lahan menyusup dan membaur ke dalam ranah budaya negara-negara lain.  Hati-hati nih, Descendants of the Sun memegang peranan besar di situ.

Itulah beberapa fakta di balik kesuksesan, prestasi, dan efek lanjutan dari euforia drama Descendants of the Sun yang bisa dibilang menjadi drama termashyur Korea Selatan saat ini. Buat kamu yang tertarik dengan penulisan kisah-kisah drama televisi, boleh nih belajar dari Descendant of The Sun. Siapa tahu nanti kamu jadi penyelamat buruknya citra pertelevisian Indonesia hari ini.