Rekomendasi 8 Drama Korea Bertema Retro Terbaik. Cocok buatmu yang Butuh Meremajakan Mata~

Drama Korea bertema retro

Drama Korea biasanya menceritakan kehidupan modern di Korea Selatan dengan berbagai kecanggihan teknologinya. Selain kehidupan modern, drama Korea juga sering menceritakan kehidupan di kerajaan. Buat kamu yang mulai bosan dengan tema drama Korea yang biasa, coba tonton drama Korea bertema retro. Selain latar cerita yang jelas berbeda dengan drama-drama pada umumnya, tema retro sering kali menimbulkan kesan tersendiri saat menontonnya.

Advertisement

Istilah ‘retro’ biasanya digunakan untuk menyebut hal-hal yang berbau tahun 70-an. Jadi kamu akan disuguhi berbagai hal di era tersebut dalam sebuah drama. Nggak hanya latarnya saja yang retro, cerita atau konfliknya pun sangat dekat dengan kehidupan era tersebut. Drama Korea bertema retro bisa menjadi pilihan tontonan akhir pekan yang cukup seru, lo! Berikut Hipwee Hiburan kasih rekomendasi drama Korea bertema retro yang wajib kamu tonton!

1. Drama Korea “Reply 1988”, menceritakan kehidupan masyarakat di tengah pemukiman padat di kota Seoul pada tahun 1988

Reply 1988 | Credit via today.line.me

Seperti judulnya, drama ini mengambil latar pada tahun 1988 dengan tempat, wardrobe dan suasana yang benar-benar menggambarkan kehidupan di zaman tersebut. Drama legendaris ini bercerita tentang sekelompok sahabat yang tinggal di Sangmundong, sebuah gang kecil di kota Seoul. Drama ini mengangkat kisah tentang cinta pertama para tokohnya dan permasalahan keluarga yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

2. Drama Korea “Reply 1994” mengangkat konflik yang umum terjadi pada mahasiswa di perantauan. Relate banget sama milenial!

Reply 1994 | Credit by TVN via www.kompas.com

Drama berlatar tahun 1994 ini menceritakan kehidupan anak-anak desa di Korea Selatan yang merantau ke Seoul untuk kuliah. Kehidupan era generasi 90-an yang diangkat menjadi setting yang cukup menarik untuk disaksikan. Kisah yang diangkat pun sangat dekan dengan kehidupan nyata, seperti kisah cinta mahasiswa di kompleks kos-kosan dan konflik ala pemuda di perantauan.

Advertisement

3. Drama Korea “Reply 1997” ini relate banget dengan suasana pas acara reuni yang akhirnya bakal flash back ke masa-masa sekolah

Reply 1997 | Credit via asianwiki.com

Drama yang berlatar di tahun 1997 ini awalnya menceritakan 6 sahabat yang bertemu dalam acara reuni di tahun 2012. Dalam pertemuan tersebut mereka kembali mengenang masa-masa SMA di Busan pada tahun 1997. Drama ini menyuguhkan alur yang maju mundur dan membuat rasa penasaran penonton semakin seru untuk menebak akhir kisah persahabatan para tokohnya.

4. Drama Korea “Girls Generation 1979” akan mengajakmu bernostalgia dengan konflik-konflik khas remaja SMA. Meski berlatar tahun 1979, tapi masih relate dengan konflik remaja zaman sekarang

Grils Generation 1979 | Credit via asianwiki.com

Drama Korea ini merupakan adaptasi dari novel karya Kim Young Hee. “Girls Generation 1979” menceritakan tentang kisah cinta dan persahabatan remaja pada tahun tersebut. Latar era 70-an yang tergambar dalam drama ini sangat unik ditambah konflik-konflik yang memang kerap terjadi pada remaja di masa sekarang.

5. Drama Korea “Love Rain” menyuguhkan alur yang cukup unik berlatar tahun 70-an dan mengajakmu menyusuri kenangan para tokohnya hingga sampai pada abad ke-21

Love Rain | Creidt by TVN via asianwiki.com

Drama ini nggak seluruhnya mengambil latar tahun 70-an. Alurnya yang maju membuat “Love Rain” memilik latar cerita yang berjalan dari tahun 70-an hingga memasuki abad ke-21. Ceritanya berawal dari sepasang kekasih yang bertemu saat kuliah, tapi kisah mereka harus kandas di tengah jalan. Nah, suatu hari di abad ke-21 anak mereka bertemu dan saling jatuh cinta. Penonton akan dibuat penasaran dengan akhir kisah cinta para orang tua dan anak-anak mereka.

Advertisement

6. Drama Korea “Go Back Couple” akan mengajarkan kita tentang betapa berharganya masa lalu dalam sebuah kehidupan di masa depan

Go Back Couple | Credit via www.layar.id

Drama Korea ini menceritakan kehidupan rumah tangga sepasah suami istri yang berumur 20 tahun. Mereka memiliki karakter masing-masing yang cukup unik. Seiring berjalannya waktu, mereka merasa nggak bahagia dengan kehidupan rumah tangga tersebut. Suatu hari, keajaiban datang dan membuat mereka kembali ke umur 20 tahun. Keduanya menjalani hari-hari masa muda tanpa mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan bisa mengubah takdir di masa depan.

7. Drama Korea “Nine: 9 Time Travels” ini bertema retro semi fantasi yang menceritakan kembalinya tokoh utama ke masa lalu untuk sebuah misi besar

Nine: 9 Time Travels | Credit by TVN via asianwiki.com

Hampir mirip dengan “Go Back Couple” yang tokoh utamanya mengulang masa lalu. Hanya saja, drama ini mengisahkan seorang news anchor yang mendapat kesempatan untuk melakukan perjalanan waktu 20 tahun ke belakang. Perjalanan tersebut mengemban sebuah misi besar yang berbatas dan apa pun yang ia lakukan di masa lalu bisa memengaruhi kehidupan orang lain di masa yang normal.

8. Drama Korea “Youth of May” bagi yang suka cerita berlatar dunia medis, drama ini akan menyuguhkan latar cerita yang unik di tahun 80-an

Youth of May | Credit by tvN via koreanallday.com

Drama Korea dengan tema retro ini baru saja tayang pada 3 Mei 2021 lalu. “Youth of May” mengisahkan sepasang kekasih yang hidup di era 1980-an. Tokohnya adalah Hwang Hee Tae, seorang mahasiswa kedokteran dan Kim Myong Hee seorang suster yang sudah bekerja selama 3 tahun.

Drama Korea bertema retro sering kali memberikan kesan tersendiri yang cukup unik. Selain kehidupan yang berbeda dengan zaman sekarang, drama bernuansa retro juga mengajak penonton milenial yang sempat mengalami era 90-an untuk kembali bernostalgia. Menurut kamu, drama retro mana yang paling menarik untuk di tonton?

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE