6 Drama Korea Tentang Hukum, Menegangkan dan Bikin Paham Proses di Meja Peradilan

Siapa bilang, drama Korea selalu menyuguhkan cerita romansa? Industri hiburan Korea seolah nggak kehabisan tontonan drama yang memikat penggemarnya. Berbagai tema atau topik cerita yang diangkat sukses membuat drama Korea menjadi hiburan yang ditunggu-tunggu.

Advertisement

Salah satu drama Korea yang menarik ditonton adalah drama bertema hukum. Drama ini nggak hanya menyajikan cerita romansa dari tokoh-tokohya, tapi juga berbagai kasus kejahatan hingga proses peradilan. Kamu juga bisa lebih memahami peran pengacara, hakim dan bagaimana suatu hukum dalam proses peradilan.

Nggak hanya menegangkan, drama korea tentang hukum juga bisa menambah ilmu, loh. Berikut ini Hipwee punya daftar rekomendasi drama Korea tentang hukum yang wajib kamu tonton!

1. Confession, seorang pemuda yang bekerja sebagai pengacara demi memecahkan kasus yang menyeret sang ayah

Drama Korea tnetng hukum

| Foto dari Imdb

Drama yang dirilis pada 2019 di Viu ini menceritakan seorang pemuda bernama Do-hyu (Lee Jun-ho) yang menderita penyakit jantung sejak kecil. Beruntung ia memiliki kesempatan untuk menjalani transplantasi jantung. Namun, kisah hidupnya meski sudah berjalan normal harus dihadapkan dengan kenyataan pahit.

Advertisement

Sang ayah dituduh melakukan pembunuhan. Do-hyun yang yakin sang ayah tak mungkin melakukan kejahatan tersebut, akhirnya berusaha menjadi pengacara andal untuk menyelidiki kasus yang menyeret sang ayah tersebut. Menonton drama ini selain menegangkan juga mengharukan, karena diceritakan pula hubungan ayah dan anak yang cukup dekat.

2. Vincenzo, menceritakan seorang pengacara sekaligus mafia yang mencari keadilan atas penjahat yang tak bisa dilawan hukum

Drama Korea tnetng hukum

| Foto dari Imdb

Drama ini pernah menjadi drama favorit di tahun 2021 karena ceritanya yang seru, menarik dan menegangkan. Drama ini menceritakan pengacara bernama Vincenzo yang juga merupakan mafia yang datang dari Italia ke Korea. Kedatangannya ke tanah kelahiran bertujuan untuk mencari keadilan atas para penjahat yang nggak bisa dilawan hukum.

Di drama ini aku akan menyaksikan ketegangan saat hukum melawan para penjahat dan bagaimana suatu instansi hukum dan perangkatnya dalam memberantas kejahatan. Aksi Vincenzo sebagai pengacara juga cukup memukau di drama ini.

Advertisement

3. Law School, cerita mahasiswa hukum yang membuktikan bahwa profesor mereka yang dituduh pembunuh nggak bersalah

Drama Korea tnetng hukum

| Foto dari Imdb

Drama ini menceritakan seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sekolah hukum ternama, ia adalah Jong-hoon (Kim Myung-min). Ia nggak disukai oleh rekan kerja dan mahasiswa karena sikapnya yang dingin. Drama yang dirilis pada 2021 ii juga menceritakan dua mahasiswa yang menyimpan banyak rahasia.

Suatu ketika Joon-hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya di sekolah itu. Kedua mahasiswa yang terhubung dengan kehidupan Joon-hoon itu kemudian berusaha membuktikan bahwa sang profesor nggak bersalah. Menonton drama ini akan membuatmu tegang dengan misteri pembunuhan dan memahami sebuah pembuktian kasus di meja peradilan.

4. Juvenile Justice, kisah hakim elit yang membenci kejahatan remaja tapi harus menghadapi kasus-kasus pelik seputar remaja

Drama Korea tnetng hukum

| Foto dari Imdb

Drama ini menceritakan seorang hakim elit benama Sim Eun-seok (Kim Hye-soo). Drama original Netflix yang tayang pada 2022 ini fokus pada Eun-seok yang memiliki kepribadian dingin dan sangat membenci remaja, karena ia pernah menjadi korban kejahatan remaja saat masih muda.

Sayangnya, Eun-seok justru diangkat menjadi hakim peradilan remaja yang mau nggak mau harus menghadapi berbagai kasus remaja. Dari kasus-kasus pelik seputar remaja, akhirnya Eun-seok menemukan arti menjadi dewasa. Menonton drama ini akan membuatmu ikut tenggelam dalam kasus-kasus yang sangat relate dengan kehidupan.

5. Doctor Lawyer, drama tentang ahli bedah yang menjadi pengacara karena pernah menghadapi tuduhan malpraktik

Drama Korea tnetng hukum

| Foto dari Imdb

Drama ini dirilis pada 2020 di Disney+ Hotstar, menceritakan ahli bedah jenius bernama Han yi-han (So Ji-sub). Ia memutuskan beralih profesi menjadi pengacara malpraktik medis setelah ia kehilangan karier karena dituduh melakukan malpraktik. Berbagai kasus yang dihadapi Yi-han mempertemukannya dengan Geum Seok-young (Im Soo-hyang), seorang jaksa di divisi kejahata medis.

Menonton drama ini memang cukup menegangkan, tapi kamu akan diajak menelisik berbagai kasus kejahatan di dunia medis dan bagaimana penegakan hukum diberlakukan.

6. Extraordinary Attorney Woo, kisah pengacara berbakat dan cerdas yang menderita sprektum autisme

Drama Korea tnetng hukum

| Foto dari Imdb

Drama populer di Netflix ini cukup viral di tahun 2022, karena cerita dan isu yang diangkat. Drama tentang hukum ini menceritakan Woo Young-woo (Park Eun-bin) yang merupakan menyandang sprektum autisme. Meski memiliki keterbatasan, tapi ia juga memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Bahkan ia menjadi lulusan sekolah hukum terbaik dan menjadi pengacara autisme pertama di Seoul.

Meski menjadi pengacara terkenal, tapi berbagai tantangan harus Young-woo hadapi, mulai dari persaingan kerja, pandangan sosial terhadap pekerja profesional yang menyandang autisme dan interaksi sosial yang sulit. Drama ini akan menyajikan kasus-kasus yang ringan tapi syarat akan pembelajaran, tentang romansa, keluarga, persahabatan hingga isu disabilitas.

Nah, itulah rekomendasi drama Korea tentang hukum yang wajibkamu tonton. Nggak hanya punya sisi romansa khas drama Korea, tapi kasus-kasuh yang dihadapi juga memiliki makna pelajaran yang cukup dalam. Mana nih drama yang paling ingin kamu tonton?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE