Poster Drama Korea Baru Little Women Dituding Plagiat, Tim Produksi Angkat Bicara

Stasiun televisi Korea Selatan, tvN baru saja menayangkan episode perdana drama terbarunya yang bertajuk Little Women pada 3 September 2022. Dua hari setelah penayangannya, drama ini sukses menyita perhatian penonton yang dibuat penasaran dengan kelanjutan kisah dari ketiga kakak beradik yang diperankan oleh Kim Go-eun, Nam Ji-hyun, dan Park Ji-hu.

Advertisement

Namun, bersamaan dengan euforia itu, Little Women juga menuai kontroversi. Pasalnya, poster drama tersebut dituding menjiplak poster dari salah satu brand kosmetik asal Jepang.

Poster Little Women dinilai punya konsep yang sama dengan poster brand komestik Jepang Shiseido

Poster teaser drama Little Women

Poster teaser drama Little Women | Credit: Instagram @tvn_drama

Warganet menyadari kemiripan poster Little Women dengan brand kosmetik Jepang itu tak berselang lama setelah tvN mengunggahnya ke media sosial. Jika dilihat sekilas, kedua poster itu memiliki konsep dasar yang sama, yaitu beberapa perempuan yang berjalan dan masing-masing diikuti oleh bayangannya sendiri. Kemiripan itulah yang jadi pemicu tudingan plagiat terhadap tvN.

Dalam poster Little Women, terlihat tiga karakter perempuan yang menggambarkan tiga pemeran utama drama tersebut. Mereka diposisikan di ujung kanan poster dan berjalan sambil membawa bawaannya masing-masing.

Advertisement

Berbeda dengan poster Little Women, poster Shiseido menampilkan empat karakter perempuan yang juga berjalan ke arah yang sama. Terlihat pula bayangan mengikuti mereka, tapi dengan bentuk yang lebih lurus dan kecil.

Tim produksi Little Women sebut desain poster tersebut sudah dipertimbangkan dengan matang

Tiga kakak beradik dalam Little Women

Tiga kakak beradik dalam Little Women | Credit: Instagram @tvn_drama

Pihak produksi drama Little Women akhirnya buka suara menanggapi tudingan plagiat. Dilansir dari Soompi, produser Little Women menjelaskan makna dari poster yang mereka desain. Dalam proses pembuatannya, sang produser mengaku telah berhati-hati dalam memilih desain setelah mempertimbangkan beberapa karya.

Advertisement

“Ini adalah poster teaser kami dengan konsep tiga saudara kandung dan bayangan mereka yang berjalan menuju tempat yang terang. Ini merupakan hasil buatan perusahaan yang bertanggung jawab setelah meninjau beberapa karya,” jelas produser Little Women (5/9).

Meskipun begitu, ia juga berjanji akan lebih teliti dalam proses desain dan memilah karya.

“Di masa depan, kami akan memberikan perhatian yang lebih teliti melalui peninjauan mendalam,” tambahnya.

Drama Little Women tayang di tvN untuk mengisi slot drama setiap hari Sabtu dan Minggu menggantikan Alchemy of Souls. Drama ini mengisahkan tentang kehidupan tiga kakak beradik perempuan yang hidup dalam jerat kemiskinan, tapi tetap harus bertahan hidup.

Masing-masing dari mereka punya perspektif sendiri mengenai uang. Si sulung Oh In-joo (Kim Go-eun) berprofesi sebagai akuntan. Ia menyadari uang adalah hal yang penting untuk menopang hidup keluarganya. Anak tengah Oh In-kyung (Nam Ji-hyun) adalah seorang reporter yang miskin. Namun, ia tidak menganggap uang sebagai hal yang mengatur hidupnya. Sementara si bungsu Oh In-hye (Park Ji-hu) sedang mengenyam pendidikan di SMA seni bergengsi berkat bakat alaminya. Ia bertekad untuk mengurangi beban kedua kakaknya.

Jalan cerita drama ini semakin menarik setelah ketiga kakak beradik itu terlibat dalam kasus hilangnya uang sebesar 70 miliar won. Kasus tersebut membuat mereka harus berhadapan dengan keluarga terkaya dan paling berpengaruh di Korea Selatan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE