10 Drama yang Selalu Dirasakan Mahasiswa Semester Akhir. Lulus Linglung, Nggak Lulus Makin Bingung

Drama mahasiswa semester akhir

Menjadi seorang mahasiswa, tentu aja bukan merupakan hal yang mudah. Kehidupan tentu berbeda jauh dengan masa SMA. Tugas yang numpuk dari hari ini ke hari selanjutnya, dosen-dosen yang ngeselin dan terkesan asal-asalan, hingga stres karena teman-teman dekat udah mulai pada sibuk sendiri-sendiri. Apalagi kalau kamu udah menginjak semester akhir.

Ibaratnya, mulai dari semester 8 ke atas, hidupmu sebagai mahasiswa udah benar-benar berbeda. Ada banyak tuntutan yang harus diselesaikan satu demi satu. Belum lagi lika-liku dramanya yang sering kali bikin kepala berasa mau pecah. Mulai dari urusan akademik hingga masalah hati. Hal-hal kayak gini nih, yang bikin mahasiswa semester tua selalu bimbang dengan kehidupannya masing-masing.

1. Menginjak usia semester 8 di kampus, biasanya orang tua udah melatih biar kita nggak ketergantungan sama uang yang mereka kasih. Ini bakal ngagetin banget, tapi mau nggak mau harus belajar mandiri

Mau nggak mau harus latihan cari duit sendiri. via www.newsunited.com

2. Suasana pertemanan udah nggak bisa kayak dulu lagi, yang awalnya ke mana-mana bareng, bakal susah dicari. Masing-masing kawanmu bakal memiliki kesibukannya masing-masing. Sedih sih 🙁

Berpisah pada jalan masing-masing. via www.proflowers.com

3. Dikejar-kejar tuntutan, apalagi kalau kamu punya pacar dan pacarmu udah lulus duluan. Ini bakal jadi ujian berat banget sih, kalian kuat-kuatin mental, ya!

Kalau nggak hati-hati, konflik ini bakal merembet ke mana-mana. via aquariusmansecrets.com

4. Entah gimana logikanya, tapi coba perhatikan deh, semester akhir itu biasanya banyak banget hal-hal yang butuh duit banyak. Padahal udah nggak dikasih sama orang tua. Apa nggak pusing tuh?

Pusing sama kebutuhan yang nggak ada habisnya. via thesunpapers.com

5. Keinginan untuk lulus tinggi banget, tapi kadang bingung karena belum dapet kerjaan yang pas. Giliran ditunda dan kerjanya cuma mager-mageran juga tambah pusing. Bimbangnya setengah mati

Berada di puncak kebimbangan. via www.uk-assignments.com

6. Pusing ngurusin birokrasi kampus, cari surat segala macem, belum lagi kalau ada mata kuliah ngulang yang barengnya sama adik-adik angkatan. Auto minder!

Kayak orang hilang di kelas. via nearmetrade.com

7. Ditipu sama dosen, janjian siang hari, ketemunya udah mepet magrib. Nggak paham lagi sama dosen yang begitu, hobi kok mempersulit urusan orang lain, ya :’)

Salah satu alasan kenapa mahasiswa lulusnya lama adalah susahnya nyari dosen. via today.tamu.edu

8. Nggak cuma masalah ketemuan, ngumpulin tanda tangan aja ribetnya minta ampun. Mulai dari dosbing, Tata Usaha, kaprodi, dekan, semuanya bikin pusing. Hih!

Mau lulus aja susah banget, ya! 🙁 via ed.stanford.edu

9. Pas lagi penelitian di bagian akhir, tiba-tiba subjeknya pergi dan dosen ngasih ultimatum buat ngulangin lagi dari awal. Mending kalau dikasih waktu agak panjang, biasanya sih cuma beberapa hari aja~ :’)

Kalau udah begitu, gimana mau presentasi sama dosen coba? via www.chapman.edu

10. Duit habis cuma buat nge-print laporan, revisian, hasil penelitian, skripsi. Sampai-sampai diajakin temen buat ketemuan aja nggak ada uang dan nggak ada waktu

Siapa bilang ngeprint itu nggak butuh duit banyak? via brocku.ca

Memang begitulah lika-liku dan serba-serbi kehidupan mahasiswa tahap akhir. Kamu jangan nunggu sampai semestermu berubah jadi 2 angka, kalau bisa diselesaikan dengan lebih cepat, kenapa nggak, kan? Toh, nanti bakal ngasih kamu waktu lebih panjang lagi buat mempersiapkan langkah selanjutnya. Jangan pernah menyerah, ya, sedikit lagi sampai kok!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Senois.

CLOSE