Selama ini memang hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan, tata rias, ataupun kosmetik selalu diasosiasikan dengan perempuan. Seolah memang konsep kecantikan pasti mewakili perempuan. Tapi jangan-jangan itu hanya permainan istilah di mana kalau cowok ‘kan disebut tampan atau ganteng. Nah, apalagi seiring berkembangnya industri kecantikan dan teknologi, dunia tata rias kini udah nggak cuma dilakukan sama cewek lagi. Buktinya, banyak cowok yang mulai menggeluti bidang berdandan ini. Dan nggak sedikit dari mereka yang berhasil. Contohnya dua cowok “cantik” ini nih. Mereka bahkan menggeser posisi yang selama ini diduduki cewek lho!

Pria pertama yang beruntung adalah James Charles yang terpilih sebagai cover boy untuk majalah CoverGirl

James Charles via hips.hearstapps.com

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada Oktober 2016, dunia dikejutkan dengan terpilihnya James Charles sebagai model sampul sebuah majalah perempuan ternama Amerika, CoverGirl. Meski baru berusia 17 tahun, tapi kemampuannya di bidang tata rias udah nggak perlu diragukan lagi. Melalui akun Instagramnya @jamescharles dan akun Youtubenya James Charles, remaja satu ini membuktikan kalau kemampuannya bersolek  benar-benar mumpuni. Berkat kepiawaiannya menggunakan alat make-up, James pun akhirnya dikontrak oleh majalah CoverGirl sebagai model sampul mereka. Dan James merupakan cowok pertama yang menjadi model sampul majalah perempuan! James pun berhak menyandang gelar “The First Cover Boy of CoverGirl“.

Lihat saja foto-fotonya, mungkin kamu nggak bakal mengira ada cowok yang sepiawai itu menggunakan make-up. Mulai dari bagian alis, mata, pipi, hingga bibir. Benar-benar mengagumkan! James pun mengaku bangga dengan hobi atau kesukaannya di dunia tata rias ini. Dia bahkan juga mendapat kesempatan bekerja sama dengan Katy Perry dalam kampanye produk make-up-nya. Dipilihnya James sebagai model sampul cowok untuk majalah cewek pertama kali ini bagi sebagian orang benar-benar menginspirasi. CoverGirl seolah mematahkan stigma bahwa cowok nggak bisa dandan secantik cewek.

Beberapa saat lalu, Maybelline juga memperkenalkan Manny sebagai ambasador pria pertama sepanjang sejarah brand ini

Manny Gutierrez via www.trueactivist.com

Advertisement

Mengikuti jejak CoverGirl, baru-baru ini, salah satu brand produk kecantikan ternama dunia, Maybelline, juga mengumumkan sebuah keputusan yang mengejutkan. Mereka memperkenalkan model ambasador mereka yang lain dari pada biasanya. Jika selama ini cewek yang jadi model untuk produk mereka, sekarang Maybelline menggaet salah satu make-up artist (MUA) sekaligus beauty blogger, Manny Gutierrez. Manny diusung sebagai model untuk memperkenalkan produk terbaru mereka berupa Big Shot Mascara by Colossal.

Keputusan Maybelline ini tentu cukup mengejutkan. Pasalnya, selama ini produk kosmetik diperkenalkan melalui model perempuan. Namun sepertinya Maybelline ingin menunjukkan bahwa saat ini kosmetik, kecantikan, dan make-up nggak cuma mewakili cewek, tapi juga bisa dipakai cowok.

Saat ini memang nggak sedikit cowok yang menekuni profesi sebagai vlogger ataupun beauty blogger

Salah satu MUA cowok yang terkenal via i.ytimg.com

Memang, beberapa tahun belakangan, industri kecantikan emang lagi bersinar, terutama dunia tata rias atau make-up. Berbagai brand yang sudah ada sejak lama semakin sukses, begitupun dengan brand baru. Bahkan nggak sedikit yang mulai berinvestasi melalui produk-produk kecantikan. Artis saja berlomba-lomba mengeluarkan produk kecantikan dengan label nama mereka. Dan hampir semuanya sukses.

Perihal kecantikan, kosmetik, make-up atau tata rias nggak cuma digandrungi oleh cewek-cewek. Di zaman sekarang, para cowok pun mulai tertarik untuk menggandrungi dunia tersebut. Soal cantik atau tata rias pun kini nggak cuma mewakili cewek doang, tapi cowok juga. Dan banyak dari mereka (para cowok-cowok ini) yang serius untuk menekuni bidang tata rias ini.

Berbagai MUA, beauty vlogger, Youtuber, yang notabene dinaungi cowok menunjukkan kemampuan mereka dalam berdandan. Seperti Manny, Patrickstarr, James Charles, dan masih banyak lagi. Dan hasilnya? Nggak perlu diragukan lagi. Bahkan mereka bisa dibilang lebih lihai memoles wajah dari gadis-gadis pada umumnya. Menurutmu, apakah mereka bisa disebut cantik? Apakah pengertian cantik sekarang udah bergeser dan nggak mewakili cewek lagi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya