Sudah lebih dari sepekan ke belakang, jagat dunia maya dihebohkan dengan apa yang dinamakan dengan Valak. Buat yang belum tahu, kamu beruntung deh. Doi adalah sosok hantu yang muncul dalam film The Conjuring 2. Valak sukses naik daun dan merebut hati orang-orang berkat tampilannya yang elegan, otentik, dan unik. Beberapa orang menyebutnya hantu yang mengenakan jilbab, padahal sejatinya ia mengenakan kostum seperti biarawati. Tapi, biar bisa dibilang keren, namanya hantu juga tetap seram ya?

Nah, tapi mungkin cuma di Indonesia aja ada hantu yang nggak ganggu siapa-siapa malah diomongin dan di-bully.  Udah nggak kehitung lagi yang menjadikan Valak sebagai lelucon via gambar-gambar meme, ya termasuk hipwee juga sih. Entah mempelesetkan namanya jadi salak, talak, palak, dkk. sampai mengomentari dandanannya sedemikian rupa.

Advertisement

Usut punya usut, di antara lelucon-lelucon itu, munculah fakta-fakta yang agak mencengangkan tentang Valak dan film The Conjuring 2. Sebelum terlambat, mending baca dulu deh.

1. Valak itu bukan karakter rekaan khayalan sembarangan lho. Dia aslinya adalah iblis yang pernah tersebut di 3 kitab kuno. Hayo looh..

Dalam kitab Dictionnaire Infernal yang ditulis oleh Collin de Plancy pada tahun 1863, Valak tergambarkan sebagai iblis berwujud seorang anak kecil. Ia bukanlah iblis biarawati dengan makeup yang seram seperti apa yang diperankan di film The Conjuring 2, melainkan iblis anak kecil yang mengendarai naga berkepala dua.

Valak tergambar dalam tiga kitab kuno sekaligus, yaitu Dictionnaire Infernal (1863), Pseudomonarchia Daemonum (1583), dan Goetia (1904).

Advertisement

Valak punya beberapa sebutan. Yaitu Ualac, Valac, Valax, Valu, Valic, atau Volac.

2. Kita semua tahu, film The Conjuring selalu diangkat dari berbagai kasus supranatural yang nyata dari Inggris. Based on true story.

ed warren dan lorraine

Kalau kamu nonton Conjuring, baik yang pertama maupun The Conjuring 2, tentu tahu bahwa pemeran utama dalam film tersebut bernama Ed dan Lorraine Warren. Nah, pasutri ini memang sudah terkenal dari dulu di dunia supranatural. Serupa Sherlock holmes, mereka menangani kasus di dunia perhantuan. Selama karir panjang mereka, tercatat sudah lebih dari 4.000 kasus hantu yang mereka selidiki, termasuk yang terkenal adalah Amityville Haunting di mana mereka diakui sebagai penelitian psikis pertama yang terbilang sukses. Oleh sebab itu, banyak kasusnya diangkat ke film.

Ed sudah meninggal di tahun 2006 karena penyakit stroke, sedangkan Lorraine masih hidup, saat premiere The Conjuring 2 pun Lorraine tampak hadir.

Oh ini toh ibu Lorraine

Oh ini toh ibu Lorraine via media.gettyimages.com

Jadi, kalau kamu nonton The Conjuring 1 dan The Conjuring 2, ingatlah, bahwa itu bukan film khayalan. Itu peristiwa nyata yang diadaptasi dari kasus-kasus Ed dan Lorraine. Artinya, apa yang ada di film ini bisa juga terjadi di mana saja. #latarsuarapetirdananginkencangberhembus

3. Tak sedikit orang yang dikabarkan kesurupan saat menonton filmnya. Bahkan ada yang tercatat meninggal dunia. *hening*

Awas di belakang kamu!

Awas di belakang kamu!

Ada banyak kejadian mengundang bulu kuduk serta menghebohkan yang ramai diberitakan di media sosial baru-baru ini terkait film  The Conjuring 2 . Beberapa penonton bioskop sempat disebutkan mengalami kesurupan mendadak. Ini masih belum ada buktinya sih, sementara banyak yang mengklaim itu hanya berita hoax semata.

Namun, ternyata ada fenomena yang terbukti dan terverifikasi juga. Seorang pria berumur 65 tahun asal India dikabarkan meninggal akibat serangan jantung. Pria itu diduga kuat meninggal  setelah menonton The Conjuring 2 pada Kamis malam, 16 Juni 2016. Awalnya ia mengeluh merasakan sakit di dada, untuk lantas pingsan ketika menyaksikan film tersebut di Bioskop Sri Balasubramaniar, Tiruvannamalai, India selatan.

Dilaporkan oleh Emirates247 pada Kamis (16/6/2016), pria asal Andhra Pradesh itu kemudian dilarikan ke Old Government Hospital. Namun, yang aneh bin ajaib adalah keyika jasad pria tersebut tiba-tiba hilang setelah pegawai rumah sakit meminta seseorang memindahkannya ke Tiruvannamalai Government Medical College Hospital di pinggiran kota, untuk dilakukan pemeriksaan post mortem. Saat ini polisi sedang melakukan penyelidikan kepada beberapa sopir dan warga yang tinggal di pondok-pondok di kota untuk mencari tahu identitas pria tersebut.

Hmm.. jadi bagaimana? Yakin masih mau ngetawain dan bikin pelesetan buat Valak?

Lihat meme lainnya di @memecomicindo yuk!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya