Fakta Film CODA, Peraih Best Picture Oscar 2022

Ajang penghargaan paling bergengsi di dunia yakni Oscar 2022 baru saja digelar pada Senin (28/3). Acara tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada artis, film, dan serial yang tayang selama tanggal 1 Maret sampai 31 Desember 2021.

Advertisement

Salah satu film yang mendapatkan penghargaan dari Oscar 2022 adalah CODA. Film ini bahkan mendapatkan tiga nominasi Oscars sekaligus. CODA akhirnya memenangkan piala Film Terbaik (Best Picture) Oscars 2022. Film ini mengisahkan tentang seorang anak gadis yang bernama Ruby Rosy yang diperankan oleh Emilia Jones.

Seperti apa fakta-fakta film CODA? Berikut Hipwee uraikan penjelasannya.

Hasil remake dari film Perancis

Film CODA.

Film CODA. Credit: imdb

Film CODA merupakan hasil remake dari film Prancis yang ditayangkan pada tahun 2014 berjudul La Famille Belier. CODA sendiri adalah singkatan dari Child Of Deaf Adults atau anggota keluarga bernama Rosy yang tidak mengalami disabilitas di tengah keluarganya yang tuli. Ia menjadi satu-satunya anggota keluarga yang memiliki pendengaran yang normal.

Advertisement

Bercerita tentang keseimbangan hidup dan toleransi antar keluarga

Film CODA.

Film CODA. Credit: imdb.com

Karena menjadi satu-satunya anggota keluarga yang bisa mendengar, Rosy perlu menyeimbangkan hidupnya antara mengurus bisnis keluarganya dengan jalan hidupnya sendiri yang merupakan seorang remaja yang beranjak dewasa.

Kejutan besar untuk film terbaik

Film CODA.

Film CODA. Credit: imdb.com

Kemenangan film CODA di ajang Oscar 2022 merupakan sebuah kejutan besar bagi para kru film. Karena film yang selama ini digadang-gadang membawa piala utama adalah film Dune, The Power of Dog, Drive My Car, dan Licorice Pizza.

Kepopuleran Emilia Jones sebagai bintang serial Netflix

Film CODA.

Film CODA. Credit: imdb.com

Pemeran Ruby yakni Emilia Jones berhasil memenangkan piala aktris terbaik dalam BAFTA Awards karena perannya di film CODA. Sebelumnya, ia pernah populer dengan peran Kinsey Locke dalam serial Netflix Locke & Key (2020), Doctor Who (2013), Utopia (2013-2014), Brimstone (2016), Ghostland (2018), dan Horrible Histories (2019).

Advertisement

Aktor pendukung yang menjadi aktor tuli pertama yang meraih Oscar

Film CODA.

Film CODA. Credit: imdb.com

Troy Kotsur, pemeran pendukung dalam film CODA berhasil mencetak sejarah sebagai aktor pria tuli pertama yang meraih penghargaan Oscars. Sebelumnya, ada Marlee Matlin yang pernah memenangkan Oscars pada tahun 1988. Marlee juga berperan di film CODA sebagai ibu Ruby.

Menuai banyak pujian dari komunitas tuli

Film CODA

Film CODA. Credit: imdb.com

Komunitas tuli merespon positif film ini karena penggambaran film yang positif dan mengenalkan kaum disabilitas sebagai kaum yang mandiri. Sangat kontras dengan film lain yang menggambarkan bahwa kaum disabilitas adalah sosok yang lemah dan butuh banyak bantuan dari orang normal.

Itu dia beberapa fakta tentang film CODA. Buat kamu yang sudah menonton film ini, apa hal menarik yang bisa kamu temukan? Share di kolom komentar, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE