8 Fakta Menarik Film Titanic Sebelum Nonton Ulang di Bioskop!

Baru-baru ini, publik ramai membicarakan film legendari Titanic. Film yang dirilis pertama kali pada 1997 ini akan segera ditayangkan ulang di bioskop dengan tekonologi yang lebih canggih. 25 tahun dari perilisian pertama tentu mambuat publik penasaran dengan film yang disutradarai oleh James Cameron itu.

Advertisement

Nah, buat kamu yang penasaran dengan film Titanic ini, sekarang sudah bisa ditonton ulang dengan teknologi yang lebih canggih, ya. Namun, sebelum itu, yuk simak dulu fakta menarik film Titanic, berikut!

1. Sinopsis Titanic yang menceritakan sebuah perjalanan kapal pesiar dengan ribuan penumpang, tapi akhirnya karam

Film ini menceritakan sebuah kapal mewah bernama Titanic yang membawa sekitar 2.200 orang dan berlayar menuju kota New York, Amerika Serikat. Dengan latar tahun 1912, membuat vibes film ini kental dengan nuansa vintage dan klasik.

Di dalam kapal tersebut, terdapat seorang gadis cantik bernama Rose Dewitt Bukater (Kate Winslet) yang berlayar bersama ibunya yang bernama Ruth Dewitt Bukater (Frances Fisher) dan tunangannya Caledon Nathan atau Cal (Billy Zane). Namun sebenarnya Rose tidak menginginkan pertunangan tersebut. Ia lebih memilih melakukan percobaan mengakhiri hidup dengan cara melompat dari kapal.

Advertisement

Namun belum sempat Rose melompat, seorang pria miskin bernama Jack (Leonardo DiCaprio) menolongnya sehingga Rose membatalkan niatnya tersebut. Dari pertemuan itulah Jack merasa jatuh cinta dengan Rose. Saat itulah Rose dan Jack menjalin kasih secara sembunyi-sembunyi dari Ruth dan Cal.

Dalam perjalanannya menuju New York, kapal Titanic menabrak bongkahan es yang cukup besar di tengah samudera yang luas. Hal ini membuat bagian lambung kapal yang terbuat dari kayu bocor dan air laut mulai masuk ke dalam kapal.

2. Titanic menjadi film termahal pada masanya dengan biaya produksi mencapai Rp2,9 triliun

Film Titanic

Titanic menjadi film termahal di dunia | Foto dari IMDb

Advertisement

Sebuah film yang laris tentu memerlukan biaya produksi yang tinggi dalam pembuatannya. Pada masanya yakni tahun 1997, Titanic menjadi film termahal dengan memakan biaya produksi sebesar US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun. Sebuah angka yang besar untuk ukuran tahun 1997. Menurut sebuah laman di Independent, Titanic menjadi film pertama dalam sejarah yang menelan biaya begitu besar.

“Itu membuat Titanic menjadi film pertama dalam sejarah yang menelan biaya lebih dari 200 juta dolar AS (tidak disesuaikan dengan inflasi),” katanya.

Popularitas tinggi yang dicapai Titanic dirasa sangat setimpal dengan biaya produksi yang dikeluarkan. Di awal perilisannya saja, Titanic mampu mengeruk keuntungan sebesar US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 26 triliun. Benar-benar sukses, ya!

3. Film Titanic akan tayang kembali dengan teknologi remaster mulai 8 Februari 2022 di bioskop Indonesia

Film Titanic

Titanic akan tayang pada hari Valentine 2023 | Foto dari IMDb

Film legendaris ini dikabarkan akan kembali tayang pada minggu perayaan Valentine yang tinggal beberapa hari lagi. Sebelum ditayangkan, sang sutradara James Cameron merombak beberapa bagian dari film tersebut agar pas dengan zaman sekarang serta visualnya lebih menarik.

Dikutip dari detik.com, perombakan ini menelan biaya sebesar US$18 juta atau sekitar Rp 270 miliar. Kabarnya, Titanic akan tayang dengan kualitas 3D 4K HDR dan frame rate yang tinggi. Wah, jadi penasaran bagaimana Titanic ditampilkan menyesuaikan dengan zaman sekarang.

Pemutaran film versi remastered ini juga sebagai peringatan 25 tahun anniversary film Titanic. Walaupun sebenarnya, bulan Februari bukanlah hari anniversary film Titanic yang sebenarnya. Selain itu, bulan Februari merupakan bulan perayaan cinta jadi dinilai tepat untuk menayangkan film Titanic.

Film-film yang bergenre romance memang paling pas jika ditayangkan pada momen yang tepat seperti Valentine yang tinggal beberapa hari lagi saja. Apakah SoHip di sini juga penasaran dengan rupa kapal Titanic dalam versi modern?

4. Lagu My Heart Wil Go On milik Celine Dion yang begitu melekat dengan film Titanic

Film Titanic

Celine Dion, penyanyi lagu My Heart Will Go On | Foto dari IMDb

SoHip pasti tahu apa soundtrack lagu khas film Titanic. Yup! Benar banget! Judul lagu tersebut yaitu My Heart Will Go On yang dinyanyikan oleh penyanyi legendaris Celine Dion. Alunan melodinya yang merdu dan mendayu, sangat pas menggambarkan suasana di kapal Titanic.

Dikutip dari Detik.com, sebenarnya sang sutradara yakni James Cameron tidak pernah ingin ada lagu dalam film Titanic tersebut. Karena sejak awal, lagu ini bukanlah lagu yang ditujukan untuk film Titanic. Tapi, lagu ini kayaknya udah nempel banget ya sama film Titanic!

5. Tokoh pasangan lansia yang sangat ikonik

Film Titanic

Pasangan lansia yang berpelukan saat kapal tenggelam | Foto dari IMDb

Beberapa karakter di film Titanic diambil dari sosok asli dari kehidupan nyata yang menjadi bagian dari sejarah kapal Titanic tahun 1912. Mereka adalah pasangan lansia Ida Straus (Elsa Raven) dan Isidor Straus (Lew Palter). Dalam film Titanic, pasangan suami istri tersebut turut ikut tenggelam di dalam kapal dengan kondisi saling berpelukan.

Adegan ini dinilai sangat epic karena di saat sebagian besar penumpang berlarian dan berusaha untuk menyelamatkan diri, pasangan lansia ini justru terus bertahan di atas tempat tidur seolah-olah ingin agar mereka bisa mati bersama.

6. Sketsa ikonik yang dilukis oleh Jack ternyata buatan sang sutradara

Film Titanic

Rose saat dilukis oleh Jack | Foto dari IMDb

Buat SoHip yang udah nonton film Titanic pasti ingat dengan adegan ketika Jack melukis Rose yang saat itu hanya menggunakan kalung diamond berwarna biru yang langka. Adegan ini memang cukup erotis dan menegangkan. Namun Jack tetap bersikap profesional meskipun Rose tidak mengenakan sehelai benang pun di tubuhnya.

Tetapi pada kenyataannya, lukisan Rose itu sebenarnya dibuat oleh sang sutradara yaitu James Cameron termasuk juga sketsa wajah Rose. Saat scene pensil sketsa yang tengah menari-nari di atas kertas membentuk wajah Rose, itu sebenarnya adalah tangan James Cameron.

7. Improvisasi adegan Rose meludahi Cal yang cukup ikonik

Film Titanic

Kate Winslet dan Billy Zane | Foto dari IMDb

Improvisasi dalam sebuah adegan film sangat biasa terjadi apalagi jika pemeran tersebut sudah lama malang melintang di dunia akting. Banyak adegan film yang merupakan sebuah improvisasi dari si pemeran tokoh salah satunya di film Titanic ini.

Seperti saat terjadi adegan Cal menarik tangan Rose agar tidak pergi, dengan perasaan geram Rose justru meludahi wajah Cal. Akibat perbuatan Rose tersebut, wajah Cal pun dipenuhi oleh ludah Rose dan Rose pun bergegas pergi begitu mendapatkan kesempatan.

Menurut james Cameron, adegan tersebut sebenarnya tidak ada dalam script. Rupanya Rose mengimprovisasi aksi tersebut karena pada adegan sebelumnya ada bagian di mana Jack mengajari Rose meludah. Dan sang sutradara pun memuji akting improvisasi Kate Winslet tersebut.

8. Kate Winslet sempat diisukan terkena pneumonia

Film Titanic

Kate Winslet sempat diisukan pneumonia | Foto dari IMDb

Ketika film hampir sampai di bagian akhir, ada adegan di mana Jack dan Rose terapung di permukaan air laut dan berusaha untuk menggapai benda apapun di atas laut untuk menyelamatkan diri. Saat itulah mereka menemukan sebilah papan yang cukup kuat dan Rose pun naik ke atasnya.

Selama adegan kapal tenggelam, Kate Winslet adalah salah satu tokoh yang tidak mengenakan pakaian dalam khusus untuk adegan basah-basahan atau wetsuit. Meskipun ketinggian air saat syuting hanya sekitar 1 meter, namun karena suhu air yang dingin, beberapa pemain sempat terkena pneumonia termasuk Kate Winslet.

Itu dia beberapa fakta dari film legendaris Titanic tahun 1997. Tidak terasa bahwa film ini sudah ditayangkan 25 tahun silam. Setiap adegannya membuat kita bisa membayangkan kengerian pada saat kejadian kapal Titanic tenggelam dan kepanikan penumpangnya.

Buat kamu yang penasaran dengan film ini, sudah bisa di tonton loh di bioskop kesayanganmu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Introvert

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE