Fakta Sejarah Komik: Gambar yang Bercerita kepada Pembacanya

Sobat Hipwee pasti nggak asing dengan komik dong? KomikĀ  merupakan sebuah kumpulan gambar yang digunakan untuk menyampaikan cerita, pesan, dan informasi.

Advertisement

Di zaman ini, jika kamu ingin membaca komik udah nggak perlu lagi ke toko buku terlebih dahulu. Sekarang sudah ada smartphone yang bisa menyediakan serial komik favorit sobat Hipwee dengan mudah.

Namun, ternyata sejarah perjalanan komik nggak semudah yang dibayangkan. Berikut beberapa fakta sejarah dari komik:

ADVERTISEMENT

1. Sudah ada sejak abad 19 dengan bentuk komik strip

Sebenarnya nggak ada yang tahu kapan persis komik lahir. Namun, komik dipercaya sudah ada sejak awal tahun 1800-an di Eropa dan Amerika. Judul komik yang dikenal di abad itu adalah Boss Tweed yang merupakan komik strip dan dikarang oleh Thomas Nast, komik ini berisi kurang dari tujuh panel.

Advertisement

ADVERTISEMENT

2. Digunakan untuk mengkritik pemerintahan dan kondisi sosial dengan bentuk satire

Komik Satire | via Wikimedia Commons

Pada tahun 1870-an komik karya Thimas Nast dianggap berhasil menjatuhkan pemerintahan yang korup saat itu. Pasalnya, komik Nast berisi kritikan yang sangat berat dan dibuat dalam gaya yang lucu namun sekaligus mengenaskan.

ADVERTISEMENT

3. Dulu banyak ditampilkan di koran

Dahulu, komik dipublikasikan sebagai bagian dari koran. Hal ini dikarenakan pada waktu itu, orang-orang belum terbiasa membaca komik. Namun, seiring berkembangnya zaman, komik strip mulai dikumpulkan dan dicetak menjadi sebuah buku.

Advertisement

Sayangnya, banyak komik yang nggak sempat dikumpulkan menjadi buku, sehingga banyak yang menghilang. Hanya ada beberapa judul yang dibukukuna hingga bisa bertahan sampai sekarang. Seperti, Tintin, Popeye, dan Tarzan.

ADVERTISEMENT

4. Komik dibagi menjadi enam masa

Perjalanan komik dibagi jadi 6 masa, yaitu: masa platinum (1897), masa emas (1938), masa perak (1956-1970), masa kegelapan (1985-1996), dan masa modernĀ  (1996-sampai sekarang).

ADVERTISEMENT

5. Setiap masa memiliki karakteristik gambar dan tulisan masing-masing

komik di koran | Cliff Sterrett via Library of Congress

Setiap masa pasti memiliki karakteristik. Contohnya, di musim keemasan banyak menampilkan tokoh pahlawan super, seperti Ironman dan Captain America.

Sedangkan di masa kegelapan, banyak karakter anti pahlawan yang memiliki pikiran pesimis dan lebih realistis menghadapi dunia. Masa ini juga menunjukkan dunia komik memasuki kekelaman karena penjualan buku yang menurun.

Nah, itulah beberapa fakta sejarah dari komik. Buat sobat Hipwee yang tahu fakta lainnya, jangan lupa tulis di komentar ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE