Melihat lini masa media sosial Twitter di pagi ini, kamu mungkin akan mulai terkesiap dan bingung. Merasa penasaran, kamu kemudian menelusuri apa yang sebenarnya terjadi, membaca thread atau utas soal perempuan yang merasa dirugikan, dan akhirnya, seorang idola atau figur publik yang memberikan klarifikasi. Semuanya menjadi semakin jelas, kita pun menyaksikan kembali bagaimana hubungan fans dengan idolanya bisa begitu baik namun di sisi lain layaknya buah simalakama yang beracun.

Seorang seleb dan influencer media sosial yang tengah naik daun, tiba-tiba mendapat sorotan setelah salah satu perempuan pengguna Twitter menuliskan utas berjudul “Ngefans, meet up, have sex, trus ditinggalin”. Utas tersebut kemudian ramai setelah warganet mengetahui siapa seleb yang dimaksud pembuat utas. Cerita lengkapnya simak di uraian Hipwee Hiburan berikut, ya! Nama fans dan idola sengaja disamarkan untuk nggak melibatkan perkara ini lebih jauh.

Skandal fans dengan idola terjadi lagi. Kali ini melibatkan seleb dari media sosial yang sedang naik daun

Hubungan fans dan idola. (foto hanya ilustrasi) via www.gettyimages.com

Advertisement

Bisa jadi, wajar bagi seorang fans menyapa idolanya melalui pesan langsung di Twitter atau media sosial mana pun. Namun kali ini fans justru menawarkan untuk berhubungan badan kepada sang idola. Singkat cerita, mereka kemudian bertemu dan melakukannya. Namun, sang idola nggak pengen kejadian tersebut diketahui publik dan meminta fans untuk menghapus semua pesan darinya. Karena nggak setuju, fans kemudian ditinggalkan. Merasa sakit hati, fans pun menulis utas yang berisi seluruh kronologi kejadian pertemuannya dengan sang idola.

Nggak lama, sang idola yang dimaksud langsung memberikan klarifikasi dengan mengunggah tangkapan layar dari pesan langsung sang fans di mana dia memang menyetujui untuk berhubungan badan semalam (one night stand)—sebuah bukti yang luput disisipkan oleh penggemar.

Mungkin kita nggak perlu lagi terkejut. Terkadang, gaya hidup seorang seleb memang nggak selamanya seperti yang diharapkan fans

Kita nggak tau apa yang ada di balik layar. via www.shutterstock.com

Ada yang kecewa, ada pula yang nggak menyangka. Seorang seleb yang selama ini dielu-elukan dan dianggap sebagai panutan, ternyata melakukan hal-hal yang jauh dari sangkaan terhadap dirinya. Sebenarnya sebagai orang luar yang hanya menyaksikannya dari kejauhan, tentu kita nggak berhak mengatur akan seperti apa hidupnya. Bahkan sebagai fans, menilai dari satu sisi saja nggak cukup. Mungkin akan jadi cukup naif bila kita berharap lebih dengan sang idola dan dengan lugunya mau memberika ‘apa pun’ yang kita miliki.

Fenomena skandal fans dan idola bukan pertama kali terjadi lo. Jauh melihat ke belakang kasus Ariel Noah bahkan bisa jadi pelajaran

Sosok Ariel yang tetap berkarya meski memiliki banyak skandal. via www.republika.co.id

Advertisement

Bukannya bermaksud membuka luka lama, namun sebagai pelajaran, kasus skandal fans dengan idola yang ada di Indonesia mungkin bukan sekali ini terjadi. Salah satu yang paling ramai adalah Ariel Noah dengan Sarah Amelia. Sarah yang merupakan fans dari Ariel yang kala itu masih jadi vokalis Peterpan, mengaku tengah mengandung anak Ariel. Nggak selamanya perilaku idola terkesan ‘memanfaatkan’ fans, namun kadang kala kita perlu membatasi diri dengan orang lain, termasuk dengan idola yang hanya kita kenal lewat layar kaca saja.

Tentu sebaiknya kita belajar dari kasus ini. Nggak perlu segitunya saat ngefans dengan idola, dan jangan pula manfaatkan keadaan ketika kita sudah jadi idola nantinya

Ngefans boleh, tapi kalau jadi obsesif? No!

Mungkin karena hal ini menimpa seorang figur publik dan sosok terkenal, maka skandal ini jadi ramai dibicarakan. Skandal nggak akan seramai ini jika dialami oleh orang biasa yang nggak dikenal. Sebagai fans, harusnya memang menyukai idola sewajarnya dan memahami risiko dan batasan dari diri sendiri. Menyimak kasus ini membuat kita memetik banyak sekali pelajaran di dalamnya. Mulai dari bagaimana beban pencitraan jika jadi idola, hingga tegas membatasi diri sebagai fans.

Menyaksikan kasus ini sebaiknya kita nggak turut merundung mereka, baik seleb maupun fansnya. Karena dengan merundung, permasalahan justru nggak selesai-selesai. Toh, yang bersangkutan sudah menyatakan klarifikasi dan permasalahan ini sebaiknya dikembalikan kepada mereka berdua. Semoga kasus ini cepat selesai dan kita sebagai orang biasa yang nge-fans dengan sosok figur publik, mulai bisa memberikan batasan pada diri sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya