6 Film tentang Aksi Hacker di Balik Kasus Kebocoran Data. Seru dan Menegangkan!

Di era serba digital saat ini, kejahatan di dunia maya sangat marak terjadi. Salah satunya adalah hacking atau peretasan untuk membobol data penting pengguna atau institusi tertentu. Maraknya kebocoran data akhir-akhir ini mungkin membuat banyak orang penasaran dengan aksi pembobolan data seperti ini.

Advertisement

Berbagai aksi hacker dalam misi pembobolan data bisa kamu saksikan lewat berbagai film tentang hacker, loh. Ada hacker yang memang membobol data untuk tujuan kejahatan, seperti pencurian data pribadi untuk membobol bank, ada hacker yang membobol data untuk melemahkan musuh, ada juga hacker yang bertugas menguji kekuatan suatu sistem teknologi.

Berbagai aksi hacker ini sangat seru untuk disaksikan, karena karakternya yang jenius mampu memecahkan berbagai sistem keamanan. Berikut ini, Hipwee punya rekomendasi film tentang hacker dan aksinya membobol data, yang seru untuk disaksikan!

1. Snowden, kisah nyata ahli komputer intelejen yang membocorkan data institusinya pada media demi mengungkap sebuah kejahatan

film hacker

| Foto dari Imdb

Film yang dirilis pada 2016 silam ini merupakan kisah nyata seorang prajutit Edward Snowden (Joseph Gordon-Levitt) yang beralih profesi menjadi ahli komputer intelejen CIA dan NASA. Alih-alih menjaga nama baik institusinya, Snowden justru membocorkan data dua badan intelejen itu pada media ternama Amerika Serikat. Aksi penghiatan yang dilakukan Snowden bukan tanpa alasan.

Advertisement

Ia mengetahui adanya kejahatan yang dilakukan CIA dan NASA yang melanggar hak asasi manusia. Selain itu Snowden juga mengungkap bawa CIA dan NASA memata-matai kegiatan internet masyarakat, Menonton film ini membuatmu merasa tegang sekaligus seru ketika mengikuti Snowden dalam aksi pembobolan data itu.

2. I.T., kisah sebuah keluarga yang menjadi korban pertasan sehingga kehidupan mereka dipantau oleh ahli teknologi

film hacker

| Foto dari Imdb

Film ini memberikan gambaran salah satu kasus peretasan yang membuat korbannya hidup dalam pantauan hacker. I.T. menceritakan seorang pria bernama Mike dan keluarganya yang hidup harmonis. Mike merupakan pimpinan bisnis pesawat yang sukses. Sayangnya ia tersandung masalah dengan seorang pegawai konsultan IT.

Pegawai IT itu akhirnya menggunakan kecerdasannya di bidang teknologi untuk mengintai kehidupan Mike dan keluarga setelah berhasil membobol sistem informasi yang Mike gunakan. Kamu akan menyaksikan bagaimana sebuah kebocoran data dapat sangat merugikan karena bisa disalahgunakan untuk pengancaman, pemerasan, hingga pencurian.

Advertisement

3. Blackhat, aksi pembongkaran sindikat hacker yang dilakukan oleh tahanan pembobol data nasabah bank

film hacker

| Foto dari Imdb

Film hacker ini menceritakan seorang hacker profesional Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth) yang menjadi tahanan pemerintah karena aksinya membobol data nasabah bank. Berkat kecerdasannya itu, Hathaway justru direkrut sebagai tim yang mengusut kasus sindikat hacker yang telah membobol sistem tenaga nuklir di Cina dan bekerja sama dengan FBI.

Misi pembongkaran kasus tersebut semakin rumit ketika sindikat hacker itu ternyata memiliki jaringan yang sangat luas di berbagai negara. Menonton film ini akan membuatmu merasa ikut dalam petualangan Hathaway di berbagai kota besar dunia sseperti Los Angeles, Beijing, hingga Jakarta untuk melakukan penelusuran sindikat hacker itu.

4. Who Am I, kisah perjalanan seorang hacker profesional yang mengungkap aksi kejahatannya

film hacker

| Foto dari Imdb

Film hacker ini bergenre aksi thriller yang mengungkap perjalnan hacker profesional Benjamin (Tom Schilling) yang menyerahkan diri ke polisi setelah melakukan kejahatan siber dan meminta perlindungan polisi karena merasa diburu musuh. Film ini cukup unik dengan alur mundur yang menceritakan pengakuan kejahatan Benjamin sejak ia remaja hingga melakukan berbagai aksi hacking besar-besaran.

Dikisahkan Benjamin pernah meretas sebuah berbagai perusahaan ternama yang tergabung dalam sebuah kelompok hacker paling diburu di Eropa. Selain banyak aksi hacking yang membuatmu penasaran karena penuh teka-teki, film ini juga membahas tentang gangguan psikologis tokohnya, sehingga semakin seru untuk dintonton.

5. Eagle Eye, kisah warga sipil yang menjadi buronan FBI karena telepon misterius yang diduga karena imbas kebocoran data

film hacker

| Foto dari Imdb

Film ini cukup unik dan menegangkan yang menceritakan dampak kebocoran data. Dua orang dengan latar belakang berbeda yakni seorang pemuda Jerry Shaw (Shia LaBeouf) dan single mother Rachel Holloman (Michelle Monaghan) dipersatukan dalam petualangan menegangkan usai mendapat telepon misterius.

Diceritakan awal mula Jerry yang merupakan pengangguran tiba-tiba mendapat kiriman uang di rekeningnya dengan jumlah fantastis. Kemudian ia juga mendapat kiriman banyak senjata di rumahnya. Kecurigaan Jerry justru pada sang kakak yang sangat ambisi dengan algoritma dan kuantum elektronik. Namun, Jerri tak bisa berbuat banyak karena sang kakak sudah meninggal karena kecelakaan.

Suatu ketika ia dan Rachel mendapat telepon bahwa mereka dinyatakan sebagai buronan FBI. Kehidupan mereka dibawah pengawasan alat canggih bernama Eagle Eye. Kamu akan diajak berpetualang oleh Jerry dan Rachel dalam buronan itu, berbagai kejadian unik dan menegangkan juga membuat film ini seru untuk ditonton.

6. The Fifth Estate, aksi hacker profesional yang mendirikan media untuk membocorkan kejahatan pemerintah yang korup

| Foto dari Imdb

Meski hacker identik dengan kejahatan, tapi di film ini sebuah perusahaan media justru menjadikan aksi hacking untuk mengungkap kejahatan. Film ini bercerita tentang pendiri media Whistle Blower yang juga merupakan hacker profesional paling diburu di Amerika Serikat. Namun, ia kini memilik Whistle sebagai media untuk membocorkan kebohongan pemerintah yang korup.

Menonton film ini akan membuatmu kagum dengan kecerdasan para tim hacker yang bergabung dengan Whistle. Mereka bisa meretas sistem informasi pemerintah sehingga mengungkap berbagai fakta kejahatan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film hacker yang seru, menegangkan, dan penuh teka-teki. Selain bisa melihat aksi dibalik sebuah kasus kebocoran data, kamu juga bisa tahu berbagai akibat nyata yang bisa dirasakan para korbannya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE